Selasa | 22 Oktober 2019 |
×

Pencarian

KRIMINALITAS

Puluhan Akun Medsos Penyebar Meme Setya Novanto Dilaporkan ke Polisi

Jumat | 03 November 2017 | 11:43

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Politikus Golkar yang juga Ketua DPR RI, Setya Novanto tidak hanya melaporkan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dyann Kemala Arrizqi, akan tetapi juga puluhan akun media sosial (medsos) lain lantaran mengunggah meme Novanto yang dinilainya sebagai pencemaran nama baik.

Salah satu kuasa hukum Novanto, Yudha Pandu mengatakan, pihaknya melaporkan sekitar 32 akun Facebook, Twitter, dan Instagram. Ia mengaku tidak ada spesifikasi khusus untuk memilih akun-akun tersebut. Semua yang memuat unggahan tidak benar terkait Novanto, dilaporkan kepada polisi.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh kuasa hukum Setya Novanto lainnya, Fredrich Yunadi. Menurut dia, seluruh akun tersebut dipilih oleh tim kuasa hukum Setya Novanto tanpa tebang pilih. Semua yang memiliki tendensi penghinaan dan pencemaran nama baik telah dicatat dan dilaporkan dalam laporan polisi LP/1032/X/2017/Bareskrim pada 10 Oktober lalu.

“Jadi siapapun yang memasang meme, baik di Facebook, Instagram, dan Twitter, semua laporkan. Sekarang sedang diproses oleh pihak kepolisian sejak 10 Oktober lalu. Kemarin sudah tertangkap 1, hari ini 1 lagi,” kata Fredrich kepada Tirto, Kamis (2/11/2017).

Fredrich mengaku, Setya Novanto memerintahkan kepada kuasa hukumnya untuk mencari seluruh akun yang menyebarkan meme tentang dirinya dan keluarganya. Ia menegaskan bahwa kasus ini harus diusut sampai tuntas agar memberi pelajaran kepada masyarakat.

Menurut Fredrich, selama perkembangan pemeriksaan, jumlah 32 akun tersebut meningkat menjadi sekitar 68 atau 69 akun. Fredrich menegaskan bahwa hal ini merupakan penilaian dari penyidik secara pribadi melalui saksi ahli bahasa dan ahli UU ITE. Ia mengatakan bahwa hal ini tidak menyasar kepada pihak tertentu, apalagi kader PSI, Dyann Kemala Arrizzqi.

“Enggak. Kami cari satu per satu, kami cari yang konteksnya memiliki tendensi jadi SARA atau penghinaan,” kata dia. “Dari partai manapun, saya tidak peduli. Mau pejabat tinggi juga kami sikat.”

Tak Beri Bantuan Hukum
Sementara itu, PSI tidak akan memberikan pendampingan hukum kepada kadernya, Dyann Kemala Arrizqi yang ditangkap polisi lantaran dituduh mengunggah meme Setya Novanto di akun instagramnya.

Saat diperiksa polisi, Dyann menjelaskan unggahan soal Setya Novanto di akun Instagram @dazzlingDyann sebatas keisengan belaka. Namun, meme yang dia unggah dianggap sebagai pencemaran nama baik dan fitnah terhadap Ketua DPR Setya Novanto.

Sekretaris Jenderal PSI, Raja Juli Antoni menganggap unggahanDyann merupakan hal yang bersifat pribadi dan tidak ada hubungan secara institusi. Raja Juli tidak mau berkomentar tentang substansi benar-salah dari unggahan Dyann, tapi yang jelas PSI hanya melakukan koordinasi dengan kuasa hukum tanpa memberi pendampingan menyeluruh.

“Karena bukan institusional kan, kecuali keluarnya dari akun resmi PSI. Atau yang bersangkutan lebih tinggi posisinya, misalnya, dia pengurus PSI. Itu ada implikasi ke organisasi ya, tapi ini kan anggota,” kata Raja Juli.

Saat ditanyakan kepedulian PSI terhadap anggotanya, Raja Juli meyakini semua anggotanya akan paham akan hal tersebut. Ia mencontohkan bahwa sejak awal PSI harus bisa membedakan mana urusan partai dan urusan pribadi.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Umum PSI, Grace Natalie. Menurut dia, unggahan tersebut merupakan urusan personal dan tentunya tidak ada hubungan dengan partai. Grace bahkan mengaku jarang melakukan kontak dengan Dyann karena statusnya hanya sebagai anggota biasa.

Grace juga menampik kalau PSI menjadi dalang dari unggahan-unggahan yang dilakukan Dyann. “Tidak benar bila PSI di belakangnya. Postingan Dyann merupakan postingan personal,” kata Grace.

Berikut 32 akun Instagram, Twitter, dan Facebook yang dilaporkan Setya Novanto ke Ditsiber Bareskrim Polri, pada 10 Oktober lalu.

15 Akun Twitter, yaitu:
1. https://twitter.com/YKW1AM
2. https://twitter.com/antox_bondre
3. https://twitter.com/bimasatr061
4. https://twitter.com/iqbalembal
5. https://twitter.com/bagas_satrioo
6. https://twitter.com/tabah110258
7. https://twitter.com/IrwanSuryadi
8. https://twitter.com/Fauzan_vcc
9. https://twitter.com/hidahidaan
10. https://twitter.com/pemudatakhijrah
11. https://twitter.com/DikdikHakim
12. https://twitter.com/Moch_Rofiun
13. https://twitter.com/gavarakun
14. https://twitter.com/JalanSoreSore
15. https://twitter.com/Timnas_Day

9 akun akun Instagram yang dilaporkan:

1. https://instagram.com/nonogerard/
2. https://instagram.com/ajie_gergaji
3. https://instagram.com/indonesiavoice_/
4. https://instagram.com/dazzlingdyann
5. https://instagram.com/ridwan.muhammad91/
6. https://instagram.com/awreceh.id/
7. https://instagram.com/pemaulana
8. https://instagram.com/kotakkotakalay/
9. https://instagram.com/ala_nganu

8 akun Facebook yang dilaporkan:

1. https://facebook.com/MemePolitikIndo
2. https://facebook.com/netti.hutabarat
3. https://facebook.com/ponang.syahputra
4. https://facebook.com/andre.hadiyavsadath
5. https://facebook.com/loriz.annas
6. https://facebook.com/tonizanama.ariyanto
7. https://facebook.com/azis.putra.tanya.kenapa
8. https://facebook.com/tonizanama.ariyanto

 

(sumber: tirto)

Editor :