Rabu | 23 Oktober 2019 |
×

Pencarian

KESEHATAN

Berikut Ini Manfaat Kesehatan Jika Punya Saudara yang Baik

Kamis | 30 November 2017 | 13:40

MEDIAKEPRI.CO.ID, – Memiliki saudara kandung tak selalu senang, ada plus minus nya, namun tetap saja banyak yang ingin punya saudara meski hanya satu orang. Berantem hingga menangis, bersaing merebut perhatian orang tua, berebut mainan, dan masih banyak hal tak menyenangkan yang dapat terjadi jika Anda punya saudara.

Sisi lainnya, ternyata punya saudara dapat memberi manfaat sehat bagi tubuh dan mental lho. Berikut ini misalnya beberapa manfaat sehat jika memiliki saudara, seperti dilansir laman thehealthsite.com:

Memberi kebahagiaan

Saudara membuat Anda tak merasa sendiri di dunia ini. Walau ada banyak hal menyebalkan yang terjadi di antara saudara, namun itu merupakan bumbu yang harus disyukuri. Dalam sebuah studi di Swedia diungkap bahwa persaudaraan yang sehat dan baik akan menambah kebahagiaan. Kuncinya adalah saling pengertian dan mau berbagi.

Menurunkan risiko terkena penyakit asma dan alergi

Sebuah studi pada tahun 2016 diungkap bahwa bayi yang lahir kedua atau setelah kehamilan awal ibunya, akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat sehingga tidak banyak risiko mengalami sakit asma dan alergi.

Kesehata mental lebih baik

Jika mempunyai saudara perempuan dan hubungan persaudaraan berjalan normal, maka kesehatan mental Anda berdua akan menjadi lebih baik. Saudara perempuan umumnya akan membuat Anda tak merasa sendirian serta penuh perhatian.

Kemampuan sosialisasi

Memiliki saudara akan membuat kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi Anda menjadi lebih baik.

Tujuan hidup lebih jelas

Punya saudara yang baik akan membantu Anda untuk menentukan tujuan hidup yang lebih panjang. Saudara akan membimbing dan mengarahkan, serta memberikan pertimbang demi kebaikan saudaranya.

Lebih berempati

Punya saudara akan membuat Anda lebih berempati, juga pandai menjaga perasaan orang lain. Ini lebih banyak dialami oleh anak pertama, sebab mereka sering dituntut untuk bijaksana dan bersikap mengalah. (***)

Editor :