Jumat | 18 Oktober 2019 |
×

Pencarian

EKONOMI

Daging dan Beras Stabil… Tapi Harga Cabai Melambung Tinggi

Selasa | 05 Desember 2017 | 18:02

MEDIAKEPRI.CO.ID, Banjarmasin – Harga komoditas cabai kembali berfluktuasi dan cenderung merangkak naik beberapa minggu belakangan.
Seperti di beberapa pasar tradisional di Banjarmasin, harga cabai merah besar tembus Rp 30 ribu lebih perkilogram dan cabai rawit mencapai harga Rp 70 ribu perkilogram.

Dijelaskan Iwan pedagang cabai dan sayuran di Pasar Teluk Dalam Muara Banjarmasin, kenaikan harga cabai paling signifikan terjadi sejak tiga hari belakangan.

Kenaikan paling signifikan terjadi pada cabai rawit dengan selisih mencapai hingga Rp 30 ribu perkilogram.

Pada harga normal Iwan menjual cabai merah besar Rp 20 ribu dan cabai rawit Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu perkilogram.

Menurutnya hal ini terjadi karena pasokan cabai yang didatangkan dari Pulau Jawa terlambat tiba di Banjarmasin.

“Ambil di Pasar Subuh, di sana barangnya tidak banyak, katanya kapal dari Jawa terlambat masuk,” kata Iwan.

Pun demikian dengan Sari pedagang cabai dan sayuran lainnya di Pasar Kertak Hanyar, ia pun terpaksa menaikkan harga jual cabai merah besar dan cabai rawitnya.

Namun walaupun menjual cabai merah besar Rp 30 ribu dan cabai rawit Rp 70 ribu perkilogram, Selasa 5 Desember 2017 Sari mengaku tidak mengalami penurunan penjualan.

Dari data yang dikumpulkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, terlihat kenaikan harga komoditas cabai sudah perlahan merangkak naik sejak Bulan Oktober 2017.

Terlihat pergerakan harga cabai merah besar di Pasar Sentra Antasari pada minggu ketiga Bulan Oktober Rp 20 ribu perkilogram, minggu pertama Bulan November 2017 naik menjadi Rp 25.200 perkilogram dan minggu keempat November 2017 sempat menyentuh harga Rp 32.350 perkilogram.

Sedangkan harga cabai rawit merah pada minggu ketiga Bulan Oktober Rp 20 ribu perkilogram dan minggu pertama November 2017 menjadi Rp 28.500.

Harga ini tentu melonjak jauh dibanding harga cabai rawit Selasa 5 november 2017 yang mencapai Rp 70 ribu perkilogram.

Diluar komoditas cabai, mayoritas bahan pokok lainnya di beberapa pasar ini tidak mengalami perubahan harga signifikan dan masih tergolong stabil.

Seperti beras tetap berada di kisaran Rp 10.300 hingga Rp 16.500 perkilogram, daging sapi masih di kisaran harga Rp 130 ribu hingga Rp 135 ribu perkilogram, pun demikian dengan harga minyak goreng curah di kisaran Rp 10.000 perkilogram. (***)

sumber: bantennews.co.id

Editor :