Rabu | 16 Oktober 2019 |
×

Pencarian

KESEHATAN

Bagi Penggemar Susu, Jangan Biarkan Susu Kemasan Terbuka Lama, Ini Akibatnya

Kamis | 14 Desember 2017 | 8:39

MEDIAKEPRI.CO.ID – Susu ultra-high temperature (UHT) adalah pilihan praktis bagi kaum ibu yang enggan repot menyiapkan susu di gelas atau botol bagi buah hatinya. Dengan susu kemasan praktis maka bisa dibawa kemana-mana tanpa susah payah serta langsung dikonsumsi.

Walau demikian, ada hal yang perlu diperhatikan terkait dengan susu UHT tersebut yakni berapa lama susu boleh dikonsumsi setelah kemasannya dibuka, serta bagaimana cara menyimpannya.

Sebaiknya, susu cair langsung minum harus segera dihabiskan setelah dibuka kemasannya.

Demikian menurut pakar gizi Emilia E. Achmadi Ms., RDN. Jika tidak maka simpanlah di lemari pendingin atau tutup lagi rapat-rapat agar tidak terkontaminasi udara luar.

“Jika ingin mendapatkan kualitas terbaik saat meminum susu kemasan maka langsung dihabiskan saat itu juga,” jelas Emilia. “Namun ketika meminum susu dalam kemasan satu liter terkadang suka tidak habis, jadi setelah dituangkan langsung ditutup dengan rapat agar udara tidak masuk ke dalam,” tambahnya, pada acara Susu Bergizi Kesukaan Anak, di Jakarta, seperti dilansir laman Viva.

Udara dapat membawa bakteri ke dalam susu, sehingga mencemarinya atau menkontaminasi susu. Hal itu dapat menyebabkan susu jadi mudah rusak dan jika diminum akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Namun dengan dimasukkan ke lemari pendingin, susu cair kemasan bisa bertahan sampai 3-4 hari walau sudah dibuka. (***)

sumber; sidomi.com

Editor :