Senin | 16 Desember 2019 |
×

Pencarian

KESEHATAN

Biar Nggak Gampang Drop Saat Cuaca Ekstrem, Ini Tips Sehat dari Dokter

Rabu | 27 Desember 2017 | 11:34

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Beberapa wilayah di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta, termasuk Jakarta saat ini tengah menghadapi cuaca yang ekstrem. Tidak jarang curah hujan yang tinggi dibarengi dengan angin kencang menuntut tubuh untuk selalu beradaptasi dengan perubahan cuaca tersebut.

Bagi mereka yang punya daya tahan tubuh yang kuat bisa saja bertahan. Namun bagi mereka yang daya tahan tubuhnya menurun, tentu ancaman penyakit pun datang. Apalagi harus tetap beraktivitas meski cuaca begitu buruk.

dr Kevin William Hutomo menganjurkan untuk selalu perhatikan daya tahan tubuh selama cuaca ekstrem. Pertahankan pola makan teratur dan konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak vitamin seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

“Kemudian bila perlu konsumsi obat-obatan yang merangsang produksi sistem imun (imune booster) agar daya tahan tubuh tetap terjaga di tengah aktivitas fisik yang berat dan kondisi cuaca yang cukup ekstrem seperti saat ini,” tegas dr Kevin.

Selain itu, lanjut dr Kevin, diperlukan juga istirahat yang cukup. Ini akan membantu proses regenerasi sel yang rusak di seluruh organ tubuh. Hormon tersebut dikenal dengan growth hormone yang bekerja hanya saat keadaan beristirahat.

dr Kevin mengimbau untuk perhatikan pula kapasitas tubuh. Bila sudah merasa tidak enak badan, ada baiknya segera beristirahat dan mengizinkan daya tahan tubuh bekerja. Namun, bila tetap harus bekerja, atur pola makan dan jangan sampai terlambat makan.

Kemudian, bila berpergian menggunakan kendaraan bermotor siapkan jas hujan, sweater sehingga sudah siap bila terjadi hujan secara mendadak.

“Terakhir, konsumsi vitamin dan suplemen tambahan bila memiliki waktu istirahat yang kurang, jangan lupa untuk meminum air putih agar ginjal tetap sehat,” pesan dr Kevin. (***)

sumber: detikhealth.com

Editor :