Jumat | 18 Oktober 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Meskipun Sudah Pensiun di Kepolisian, Jendral Budi Gunawan Tetap Kepala BIN

Jumat | 05 Januari 2018 | 20:17

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Jenderal Pol Budi Gunawan resmi pensiun dari Institusi Polri. Budi Gunawan kini tak lagi aktif sebagai perwira Polri. Meski begitu, jabatan kepala BIN tetap akan dijabat oleh Budi Gunawan.

Keputusan pensiun Budi Gunawan ini tertuang dalam surat telegram yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan nomor ST/15/I/2018, tanggal 5 Januari 2018. Dalam surat telegram yang diterbitkan pada 5 Januari 2018 itu, Jenderal Budi Gunawan dimutasikan menjadi perwira tinggi (Pati) Baintelkam Polri dalam rangka pensiun.

“Pak BG (Budi Gunawan) pensiun dari Polri, tetapi tetap jadi kepala BIN karena BIN tidak berdasar dari Polri. Sebagai Polisi beliau pensiun karena usia sudah 58 tahun, sesuai regulasi,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal dalam keterangannya, Jumat, 5 Januari 2018.

Nama Budi Gunawan atau yang akrab dipanggil BG memang memang tenar dikalangan publik. Budi Gunawan merupakan salah satu lulusan terbaik Akademi Kepolisian angkatan 1983.

Budi lahir di Surakarta, 11 Desember 1959. Saat ini dia merupakan salah satu perwira intelektual terbaik yang dimiliki oleh korps baju cokelat. Dia tercatat selalu menempati peringkat pertama di setiap pendidikan Polri, seperti Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (Sespim), dan Sekolah Perwira Tinggi (Sespati) Polri.

Presiden Jokowi pada 10 Januari 2015 mengajukan nama Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri. Namun nasib berkata lain. Status tersangka yang sempat disandangnya harus rela melepas bursa kursi TB 1 yang jatuh ke Jenderal Badrodin Haiti, meski akhirnya status tersangkanya gugur di Praperadilan.

Komjen Pol Budi Gunawan kemudian dilantik sebagai Wakil Kepala Polri (Wakapolri) pada 24 April 2015..

16 bulan menjabat Wakapolri. Presiden Jokowi pada Jumat, 2 September 2016 lalu mengajukan nama Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kepala BIN ke Dewan Perwakilan Rakyat. (***)

sumber: inilah.com

Editor :