Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

REGULASI

Ini Loh Cara Tepat Memilih Perguruan Tinggi yang Sesuai dan Tepat Agar Sukses di Kemudian Hari

Sabtu | 02 Juni 2018 | 1:30

MEDIAKEPRI.CO.ID – Ujian Nasional merupakan awal dari langkah yang besar, yaitu persaingan untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi idaman.

Berbagai persiapan tentu dilakukan oleh calon mahasiswa untuk masuk ke kampus yang diinginkan demi mencapai cita-cita dan pekerjaan yang telah didamba sejak lama.

Ada yang mengikuti bimbingan belajar sampai keluar kota, ada juga yang belajar sendiri di rumah dengan bermodalkan modul-modul yang mendukung.

Menentukan kampus dan jurusan menjadi salah satu keputusan terpenting, apalagi melihat jumlah kampus di Indonesia yang mencapai lebih dari 4.300 institusi pendidikan tinggi.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam memilihnya, karena keputusan ini akan berpengaruh pada masa depanmu kelak.

Seringkali, minimnya informasi dan ketidaktahuan akan minat atau bakat bisa menyebabkan masalah dan penyesalan di kemudian hari.

Contohnya seperti perguruan tinggi yang tidak sesuai harapan, tidak tertarik dengan bidang kuliah, hingga akhirnya tidak bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Oleh karena itu, pemilihan kampus dan jurusan yang tepat harus dipertimbangkan sejak dini dan dipersiapkan secara matang.

Berikut ini ada beberapa cara untuk menentukan kampus dan jurusan yang tepat agar sukses di kemudian hari:

1. Potensi diri

Buat kamu yang masih bingung untuk menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, segeralah konsultasi kepada pihak konseling di sekolahmu juga orangtua agar kamu semakin terarah. Perlu diingat, jurusan yang temanmu pilih belum tentu sesuai dengan diri kita. Jadi, tentukanlah minat dan bakatmu sesuai kata hati.

2. Lokasi kampus dan biaya

Lokasi perguruan tinggi yang diinginkan dapat memengaruhi banyak sedikitnya biaya yang dikeluarkan, untuk itu kamu harus benar-benar mempersiapkannya dengan matang, juga dengan dukungan orangtua agar kuliahmu lancar.

3. Profil kampus dan jurusan impian

Riset kecil-kecilan mengenai kampus tujuan itu penting. Kunjungi situs web kampus tujuan dan pahami jurusan yang diinginkan. Jika kamu memiliki relasi kakak tingkat di kampus impianmu, kamu juga dapat menanyakan informasi mengenai kampus tersebut sebagai bekal dalam menentukan kampus impian.

4. Akreditasi Internasional

Kualitas perguruan tinggi perlu kamu lihat dari akreditasi yang dimiliki. Akreditasi ini mencakup di tingkat program studi maupun institusi dari BAN-PT. Tentunya, lebih bagus jika kampus impianmu juga telah memiliki Akreditasi Internasional, sehingga kamu dapat semakin unggul bersaing di masa depan.

5. Prospek karier

Hal berikutnya harus dipertimbangkan adalah apakah setelah lulus nanti ada kepastian karier dan pekerjaan yang didapatkan. Pilih perguruan tinggi yang memang sudah terbukti menghasilkan lulusan siap pakai dan memiliki jaringan kerjasama dengan industri sehingga memudahkan lulusan mencari pekerjaan.

Lebih baik lagi, bila perguruan tinggi tersebut memiliki wadah pengembangan karier untuk membantu menyalurkan lulusannya bekerja di industri yang sesuai, sehingga tidak mempersulit kita ketika nanti sudah tiba saatnya untuk lulus, karena pemilihan tempat kuliah dan jurusan yang tepat sangat mempengaruhi kesuksesanmu di masa depan.

Kesimpulannya, selain dari diri sendiri, peran kampus tujuan menjadi hal yang ikut menentukan pilihanmu ke depannya.

Nah, kalau kamu ingin tahu rekomendasi jurusan terbaik di kampus idaman, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta selalu memberikan informasi tentang fakultas dan jurusan yang tersedia di kampus tersebut.

Kamu juga bisa melihat banyak lulusan yang sukses di dunia kerja setelah lulus dari kampus yang termasuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia ini.

Selain ter-Akreditasi Institusi A, UII Yogyakarta juga telah ter-Akreditasi Internasional pada program studi Arsitektur, Akuntansi, Teknik Lingkungan, dan Teknik Sipil. (***)

sumber: tribunnews.com

Editor :