Kamis | 19 September 2019 |
×

Pencarian

PANORAMA

Awas! BMKG Prediksi Ada Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Jawa Sampai NTT

Kamis | 19 Juli 2018 | 20:25

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Traveler harap waspada jika mau liburan ke wilayah pantai selatan Pulau Jawa sampai ke NTT. Menurut BMKG, sedang ada gelombang tinggi!

Baru-baru ini, heboh di sosial media video traveler yang kemping di pantai di kawasan Gunungkidul, DI Yogyakarta terhempas ombak yang kencang. Sampai-sampai tendanya rusak, untungnya tidak ada korban jiwa.

Menurut Kepala Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Prabowo, wilayah di bagian selatan Indonesia dari Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Pulau Jawa sampai NTT sedang dilanda gelombang tinggi. Gelombangnya bisa mencapai 3-5 meter.

“Kalau kita lihat prediksi gelombang di pantai selatan Jawa memang ada potensi gelombang tinggi. Tidak hanya di selatan Jawa saja, hampir memanjang dari Aceh, Sumatera Barat sampai ke NTT,” katanya kepada detikTravel, Kamis, 19 jULI 2018.

“Beberapa laporan dari BMKG di tiap daerah, sudah terjadi kecelakaan,” ujar Mulyono.

Mulyono menjelaskan, BMKG di tiap daerah sudah memberikan peringatan kepada masyarakat. Lantas, dari mana gelombang tinggi itu terjadi?

“Adanya hembusan angin yang tidak terlalu kuat tapi konsisten arah dan kecepatannya sehingga menimbulkan gelombang yang tingi. Nelayan dengan perahu kecil, kami imbau untuk tidak berlayar dulu,” paparnya.

“Gelombang tinggi yang menempa sampai pesisir pantai ini kita prediksikan sampai 4 hari ke depan,” tutup Mulyono. (***)

sumber: detik.com

Editor :