Senin | 14 Oktober 2019 |
×

Pencarian

RAGAM

Empat Tahun Jadi Komandan Paspampres, Maruli: Pak Jokowi Tidak Banyak Berubah

Jumat | 30 November 2018 | 22:05

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Kasdam Diponegoro Brigjen TNI Maruli Simajuntak mendapat promosi jabatan menjadi Komandan Paspampres menggantikan Mayjen TNI Suhartono yang menjadi Dankormar.

Jabatan baru itu membuat pangkat di pundak Maruli naik menjadi dua bintang atau Mayor Jenderal (Mayjen).

Saat dikonfirmasi, Maruli mengaku baru mengetahui penunjukan dirinya menjadi Komandan Paspampres, Kamis, 29 November 2018 malam.

BACA JUGA

Pro dan Kontra Paket Ternak Cacing untuk Diolah Jadi Makanan

Video Pendek Karya Siswa Kepri Ini Raih Juara 2 di BNPT

PNS Lewat Jalur Prestasi Berstatus Pelatnas, Gaji Dobel pun Didapatkan

“Ini saya masih di Semarang. Baru tahu yang setelah surat keputusan Panglima TNI nyebar, lalu banyak teman-teman ucapkan selamat,” ucap Maruli saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 30 November 2018.

Maruli sendiri, terbilang sosok yang tidak asing di kesatuan Paspampres.

Ini Cara Unik Polisi Menangkap Pengemudi yang Gunakan Ponsel saat Berkendara

Astagfirullah! Awasi Anak Anda, Bayi Malang Ini Tewas Mengenaskan Diduga Dicabuli Bocah 10 Tahun yang Mengaku Mabuk Lem

Subhanallah, Bayi Ini Masih Hidup Setelah Dilempar Dari lantai 3, Diduga Ini yang Melemparnya

Sebelumnya dia sempat menjabat sebagai Komandan Grup A Paspampres pada 2014-2016. Dan, di tahun 2017, Maruli naik jabatan menjadi Wakil Komandan Paspampres, setelah akhirnya diangkat menjadi Kasdam IV/Diponegoro mulai 22 Oktober 2018.

Pengalaman 4 tahun di pimpinan Paspampres, bisa dianggap sebagai modal penting bagi Maruli. Menantu Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan itu menilai sejauh ini tidak ada yang berbeda dari sosok Jokowi, khususnya dalam menjalankan aktivitasnya di lapangan.

“Saya pikir Beliau tidak banyak berubah, jadi kita menyesuaikan standarisasi pengamanannya, tentu sesuai dengan kemauan Beliau. Standarisasi harus mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Keamanan beliau sebagai presiden tetap kita utamakan,” ucap dia.

Terkait dengan aktivitas Jokowi yang semakin padat karena juga berstatus sebagai calon presiden, Maruli mengaku tidak ada strategi pengamanan khusus. Dia mengaku tetap menjalankan pengamanan sesuai prosedur.

“Yang ditemuin presiden kan masyarakat sendiri, emang mau diapain? Walau tetap memberi kesempatan, pengamanan tetap menjadi hal maksimal,” kata Maruli Simajuntak.

Lama di Kopassus

Promosi jabatan Maruli sesuai Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1240/XI/2018 ditandatangani Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kamis 29 November 2018. Sementara Kasdam Kodam Diponegoro yang ditinggalkan Maruli diisi oleh Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Dunia paspampres tak asing bagi lulusan Akmil 1992 ini. Sebelum bertugas di Korem, Maruli Simanjuntak merupakan komandan Grup A Paspampres (2014-2016).

Maruli juga berpengalaman dalam Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra. Maruli juga pernah menjabat Danrem 074/Warastratama (2016-2017) sebelum menjabat Wadan Paspampres. (***)

sumber: liputan6.com

Editor :