Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

BENCANA

Dampak Banjir Bandang, Puluhan Rumah Rusak dan 4 Jembatan Ambruk

Selasa | 11 Desember 2018 | 18:30

MEDIAKEPRI.CO.ID, Probolinggo – 63 Rumah di dua desa Probolinggo rusak dampak banjir bandang yang menerjang Senin, 10 Desember 2018 malam. Dua desa yang diterjang banjir dan longsor itu yakni Desa Andang Biru dan Desa Tiris Kecamatan Tiris.

Inul Daratista Terpilih Diantara Belasan Wanita yang Diberi Penghargaan Wanita Inspirasi Tahun 2018

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Kabupaten Probolinggo, Teguh Kawiandoko membenarkan puluhan rumah rusak akibat terjangan banjir bandang.

Demi Keselamatan, Penerbangan Ratusan Penumpang Lion Air Ditunda

“Rincian rumah yang rusak itu, 29 rumah di Dusun Lawang Kedaton dan 24 rumah di Dusun Kedaton Desa Andung Biru. Sedangkan 10 rumahnya lainnya berlokasi di Desa Tiris,” kata Teguh, Selasa 11, Desember 2018.

Kecemburuan Iriana saat Tau Jokowi Dipeluk Wanita Lain

Rumah-rumah yang rusak parah, jelas dia, rata-rata yang lokasinya berdekatan dengan aliran Sungai Kedaton. Sedangkan 4 jembatan ambruk karena diterjang air bah.

“4 Jembatan ambruk. 1 Jembatan dari cor dan 3 jembatan kayu,” tegasnya.

Poppy Sovia: Selamatkan Diri dan Selamatkan Orang Lain di Jalan Raya

Menurut Teguh, pihaknya telah berkoordinasi dengan PUPR untuk mendatangkan alat berat agar akses jalan menuju lokasi bencana, bisa cepat dibersihkan dan dilewati kembali.

“Kita sudah kirimkan bantuan ke lokasi mas, termasuk membangun tenda untuk tempat tinggal para korban,” jelas Teguh.

Benarkah Diabetes Bisa Sebabkan TBC Sampai Kebutaan?

Saat ditanya upaya BPBD saat hujan turun kembali, Teguh menyebut pihaknya masih menunggu perintah untuk dilakukan pengungsian korban terdampak banjir dan longsor.

Sementara Camat Tiris Roby menjelaskan terjangan banjir bandang tidak hanya memporak-porandakan rumah warga. 4 Jembatan putus karena terjangan air bah. Rusaknya jembatan tersenut membuat akses menuju sejumlah titik bencana putus. Akses jalur hanya bisa dilalui, dengan jalan kaki dan jarak tempuh 5 Km.

“Sementara aksesnya terputus mas, ini terus kita upayakan pembersihan jalan. Semoga lekas bisa terbuka jalurnya, biar pasokan bantuan bisa masuk dan menjangkau daerah terdampak bencana,” jelasnya.

Banjir bandang menerjang perkampungan penduduk di Kabupaten Probolinggo. Kawasan yang diterjang banjir bandang yakni Dusun Kedaton dan Dusun Banjar Baru Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris.

Bencana tersebut menyebabkan satu orang tewas dan satu orang dinyatakan hilang. Selain itu 7 rumah, 3 toko, 1 musala rusak. (***)

sumber: detik.com

Editor :