Selasa | 17 September 2019 |
×

Pencarian

INTERNASIONAL

Usai Dilantik, Gubernur Meksiko Tewas Setelah Helikopternya yang Ditumpanginya Terjatuh

Rabu | 26 Desember 2018 | 11:39

MEDIAKEPRI.CO.ID, Mexico – Gubernur negara bagian Meksiko, Puebla, Martha Erika Alonso dan suaminya senator Puebla, Rafael Moreno, tewas dalam kecelakaan helikopter dekat kota Puebla di pusat Meksiko.

Kecelakaan itu terjadi setelah Alonso dilantik seusai pemilu yang berlangsung ketat. Alonso merupakan tokoh oposisi senior yang kemudian menjadi gubernur di negara bagian itu. Dia dan suaminya meninggal dunia saat helikopter Agusta milik pasangan itu jatuh pada Senin, 24 Desember 2018 siang beberapa saat setelah terbang.

Menteri Keamanan Meksiko Alfonso Durazo menyatakan helikopter itu bertujuan ke Mexico City dan kecelakaan setelah mengalami kerusakan di kota Santa Maria Coronango, sekitar tiga mil dari Bandara Puebla.

“Pada saat ini tidak ada bukti yang dapat membuat kami menyimpulkan bahwa penyebabnya tidak terkait bagaimana helikopter itu berfungsi,” kata Durazo dilansir Reuters.

Selain dua tokoh itu, ada Kapten Roberto Cope dan pejabat Marco Antonio Tavera serta diduga ada penumpang kelima. Durazo tidak menjelaskan lebih rinci siapa saja nama korban dalam helikopter itu. Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menyatakan di Twitter bahwa pemerintahannya akan menyelidiki kecelakaan itu.

Durazo menyatakan, otoritas bekerja sama dengan manufaktur helikopter dan mesin helikopter yang akan membantu penyelidikan. “Kami akan bertindak dengan transparansi total,” kata Durazo.

Tayangan televisi menunjukkan bangkai helikopter berasap dan terbakar. Sejumlah orang mengerumuni lokasi kecelakaan. Alonso berasal dari Partai Aksi Nasional (PAN) yang baru dilantik bulan ini setelah menang pemilu gubernur pada Juli lalu.

Lopez Obrador dari Gerakan Regenerasi Nasional (MORENA) sayap kiri, menuduhnya melakukan kecurangan pemilu. Moreno merupakan Gubernur Puebla pada 2011 dan 2017 serta memimpin PAN di Senat. Pengadilan pemilu mengesahkan hasil pemilu Puebla pada bulan ini.

Para politisi oposisi menyerukan investigasi independen atas kecelakaan itu karena ada kecurigaan terkait hasil pemilu. Vicente Fox yang merupakan mantan presiden Meksiko dan pengkritik Lopez Obrador menyatakan terganggu oleh kecelakaan yang terjadi setelah sengketa pemilu gubernur itu.

“Setiap keraguan harus dijelaskan,” kata Fox. MORENA dan aliansinya menguasai kursi mayoritas di kongres negara bagian. Saat ini menteri dalam negeri Puebla, Jesus Rodriguez akan menjadi gubernur sementara sebelum pemilu digelar lagi dalam lima bulan. (***)

sumber: sindonews.com

Editor :