TIPS SEHAT

Jeruk Nipis Bantu Sukseskan Program Diet, Ini Efek Baik dan Buruknya

Senin | 07 Januari 2019 | 8:11

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Jeruk nipis yang asam segar ternyata memiliki segudang manfaat, termasuk menurunkan berat badan. Mau langsing dengan konsumsi jeruk nipis?

Memang tidak ada makanan yang bisa menurunkan berat badan dengan instan, semua harus dikombinasikan dengan pola hidup sehat. Namun jeruk nipis membantu memudahkan proses pelunturan lemak.

Cobaan Mengerikan yang Dialaminya, Dijadikan Pekerja Seks Komersial dan Melihat Rekannya Dibunuh, Ini Kisah Sarah Forsyth

Selain membantu menurunkan berat badan, ada juga beberapa khasiat jeruk nipis. Dilansir dari Live Strong, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari si asam kecut ini.

  1. Dijadikan makanan penurun berat badan

Banyak sumber referensi yang mengatakan jika jeruk nipis yang dikonsumsi secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan. Air jeruk nipis dianggap bisa melancarkan metabolisme dalam tubuh dan menurunkan berat badan.

BMKG Temukan 10 Titik Panas Terdeteksi Satelit Muncul pada Sejumlah Wilayah di Aceh

Namun pakar diet Jaime Ackerman Foster dari Net Wellness mengatakan jeruk nipis tidak membantu menurunkan berat badan kalau tidak diiringi dengan aktivitas fisik. Percuma saja menikmati air jeruk nipis tanpa dibarengi pola makan yang sehat dan olahraga.

  1. Sumber vitamin C

Mirip seperti jenis jeruk lainnya, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang berlimpah. Segelas air jeruk nipis peras menyumbang 22 persen kebutuhan vitamin C harian bagi orang dewasa.

Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh, membantu memecah lemak saat berolahraga. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nutrition and Metabolism tahun 2006 mengatakan semakin banyak vitamin C yang masuk ke dalam tubuh maka semakin mudah proses pembakaran lemak.

Telah Ditemukan Perempuan dengan Puluhan Luka Tusuk, Diduga Karena Ini

Poin lebihnya dari vitamin C adalah nutrisi ini mampu menjaga daya tahan tubuh serta memiliki dampak baik untuk kesehatan kulit.

  1. Membuat air lebih segar

Kebutuhann air harian harus terpenuhi dengan baik agar organ tubuh bisa berfungsi optimal. Menambahkan irisan jeruk nipis pada air mineral membuat rasa air lebih segar sehingga orang cenderung akan lebih banyak minum.

Selain baik untuk tubuh, minum banyak air juga membantu melunturkan lemak yang tertimbun dalam tubuh. Minum air jeruk nipis juga terbukti lebih efektif dalam menurunkan berat badan dibandingkan minum suplemen diet.

  1. Menurunkan gula darah

Penderita diabetes bisa menjadikan jeruk nipis sebagai alternatif makanan sehat. Secara alami jeruk nipis memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga mampu mengontrol gula darah dalam tubuh.

Jeruk nipis juga memiliki antioksidan yang berperan mengurangi rasa sakit, membantu penyembuhan dan menghindari tubuh dari paparan virus penyakit.

  1. Kurang baik untuk gigi

Meskipun rasa asam jeruk nipis ini terasa segar tapi ternyata memiliki efek kurang baik untuk gigi. Rasa asam membuat lapisan enamel gigi perlahan terkikis. Jika dibiarkan maka akan berdampak kerusakan gigi.

Sebagai solusi, cobalah minum air jeruk nipis menggunakan sedotan atau minum air putih yang banyak usai minum air jeruk nipis. Dan jangan lupa untuk menyikat gigi dua kali sehari. (***)

sumber: detik.com

Editor :