Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

BENCANA

Terlihat Ekor Pusaran Angin di Atas Langit Itu Porak Porandakan Rumah Warga, Kerusakan Masih Didata

Jumat | 11 Januari 2019 | 21:24

MEDIAKEPRI.CO.ID, Soreang – Sejumlah rumah warga dan fasilitas umum lainnya di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, rusak diterjang sapuan angin puting beliung. Selain memporak-porandakan rumah warga, sapuan angin pun menumbangkan beberapa pohon yang terlintasi tiupan angin.

Menurut seorang warga di Kompleks Perumahan Rancaekek Permai 2, Jalan Talun Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Anin (47) mengatakan, sebelum angin puting beliung itu menerjang kawasan permukiman, terlihat ekor pusaran angin di atas langit. Pusaran tersebut akhirnya mendekati permukiman penduduk dan memporak-porandakan bangunan yang dilewatinya. Peristiwa itu, dikatakan Anin, terjadi pada Jumat, 11 Januari 2019, sekitar pukul 15.00 WIB.

Teriakan “Guk-guk” Picu Kericuhan di Lapas Surakarta

“Sebelumnya ada hujan dulu, enggak terlalu deras juga. Terus terlihat ada pusaran angin. Lama kelamaan pusaran angin itu membesar hingga menyapu atap-atap rumah. Semua warga yang ada di rumahnya, lari keluar rumah. Mereka panik, saya juga yang jauh melihatnya (angin puting beliung) panik,” ungkap Anin.

Hal senada diungkapkan warga lainnya di Kompleks Perumahan Rancaekek Permai II, Yeti Yumyeti (40). Dia mengungkapkan, akibat terpaan angin puting beliung itu sejumlah atap rumah warga tersapu hembusan angin. Ia menungkapkan angin puting beliung terjadi sekitar 15 menit.

Keluarga Tak Menyangka, Ini Pelaku yang dengan Sadis Membunuh Pasutri di Pondok Kebun

“Saat kejadian, kami takut ada di rumah. Listrik padam. Atap rumah banyak yang beterbangan bahkan ada dinding rumah yang roboh akibat kuatnya hembusan angin,” ungkapnya saat dihubungi via sambungan telepon.

Masih dikatakan Yeti, setelah angin puting beliung itu hilang, warga kemudian melihat kondisi sekitar rumah mereka yang sudah rusak. Bahkan, lanjut dia, ada beberapa warga yang terluka di bagian kepalanya akibat tertimpa serpihan genteng dan benda lainnya.

Warga terluka itu pun langsung dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

Tarif Tiket Pesawat tak Lagi Murah, Ini Kata Pengamat Penerbangan

Saat dikonfirmasi, Camat Rancaekek, Baban Banjar mengungkapkan pihaknya masih melakukan pendataan. Namun diperkirakan peristiwa tersebut terjadi di wilayah Desa Bojongloa, Desa Jelegong, dan Rancaekek Kencana.

Korban luka-luka, lanjut Baban, langsung dilarikan ke puskesmas dan tidak ada korban meninggal akibat kejadian ini.

“Kami masih melakukan pendataan. Yang ada di lapangan petugas dari TNI, PMI, BPBD, Basarnas, dan Brimob Polda Jabar,” ungkap Baban.

Sementara itu, Humas Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor, menjelaskan lokasi terparah akibat angin puting beliung di antaranya di wilayah Dangdeur, kawasan perumahan Kencana, dan Rancaekek Permai. Selain itu, wilayah lainnya yang terdampak bencana alam ini yakni di wilayah Sapan.

Belum ada data resmi jumlah kerusakan akibat peristiwa tersebut.(***)

sumber:pikiranrakyat.com

Editor :