Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

REGULASI

Dibuka Hari Ini, Tapi Siswa Kesulitan Akses Laman SNMPTN

Senin | 04 Februari 2019 | 14:17

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dibuka hari ini, Senin, 4 Februari-14 Februari 2019. Namun di hari pertama, siswa menemukan kesulitan mengakses laman https://web.snmptn.ac.id untuk mendaftar, karena adanya gangguan pada sistem server.

Guru SMA Negeri 1 Cikalong Wetan, Bandung Rahmat Hidayat mengungkapkan kebingungan dalam pendaftaran SNMPTN di hari pertama kali ini. Yakni tidak adanya batasan kuota bagi siswa untuk mendaftar SNMPTN.

“Harusnya untuk sekolah kami karena terakreditasi A, hanya 40 persen siswa saja yang bisa mendaftar. Tapi ternyata ini dicoba kok bisa masuk semua,” kata Rahmat.

Seperti diketahui, jumlah siswa yang berhak mendaftar SNMPTN telah ditentukan berdasarkan pemeringkatan nilai oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Besarnya kuota tiap sekolah ditetapkan berdasarkan status akreditasi masing-masing sekolah, yakni sekolah akreditasi A (40% nilai terbaik siswa di sekolah), akreditasi B (25% siswa), dan akreditasi C (5% siswa).

Selain itu, kata Rahmat, sistem di server SNMPTN juga tidak konsisten saat siswa melakukan log in. “Pertama buka bisa, 2-3 menit kemudian tidak bisa, buka lagi bisa, tidak konsisten, ini membingungkan para siswa,” tegas Ketua bidang kurikulum Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI) ini.

Hingga saat ini, sekolah menunggu arahan resmi dari pihak LTMPT agar secepatnya penjelasan dari pihak LTMPT tersebut dapat disosialisasikan kepada siswa. “Kami masih menunggu kabar, jadi kami belum bisa beri arahan kepada siswa,” ujar Rahmat.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengumumkan siswa yang masuk pemeringkatan dan eligible (berhak) mendaftar SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) hari ini, Senin, 4 Februari 2019 mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Jumlah siswa yang berhak mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 613.860 siswa.

Ketua LTMPT, Ravik Karsidi mengatakan, jumlah sekolah yang siswanya memenuhi syarat bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah. “Bagi siswa yang eligible dapat segera mendaftar mulai 4 Februari pukul 14.00 WIB sampai tanggal 14 Februari 2019,” seru Ravik, di Jakarta, Minggu malam, 3 Februari 2019.

Proses pendaftaran SNMPTN diperuntukkan bagi siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan password log in ke laman SNMPTN 2019 https://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran. (***)

sumber: metrotvnews.com

Editor :