Senin | 16 September 2019 |
×

Pencarian

OTOMOTIF

Tanpa Menunggu Lama, Toyota Pamer Paket Modifikasi Supra TRD

Selasa | 12 Februari 2019 | 21:02

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Tanpa menunggu lama, Toyota Supra A90 sudah mendapat polesan dari Toyota Racing Department (TRD). Tapi konsumen belum dapat memasangkannya di mobil mereka. Karena masih berupa konsep dan baru resmi dikenalkan lewat situs resmi TRD Jepang. Namanya panjang, Toyota GR Supra Performance Line Concept TRD. Coupe ini menjadi perpaduan unik dua tuning in-house ternama Toyota, Gazoo Racing dan TRD.

Gerak TRD terbilang cepat, mengingat belum sebulan Supra resmi dirilis. Tampak sudah gemas sekali memberi sentuhannya untuk mobil sport Toyota yang diidam-idamkan sejak lama. Hasilnya, tentu mampu membuat pemilik Supra tergiur. Tapi ini baru awalan, sebelum melepas resmi aksesori TRD ke pasaran.

Sayangnya, pihak TRD tidak menyebut soal pendongkrak daya. Hanya sebatas peningkat tampilan agar semakin gahar.

Mungkin saja, kelak ada paket penambah tenaga. Atau jika tidak sabar , tunggu saja hasil ciptaan para aftermarket. Untuk sementara, TRD merasa cukup dengan mesin bawaaan Supra yang aslinya punya BMW. Toh, paket bodi dan aksesori terbuat dari serat karbon yang ringan.

Lebih tepatnya menunjang dari sisi aerodinamika agar semakin licin membelah angin.

Dari depan, tersemat spoiler karbon dengan sirip besar di samping, yang menambah daya tekan (downforce) saat kecepatan tinggi. Side skirt juga sama, ada sirip cukup besar di ujungnya. Bagian ini dibuat tebal, agar menurunkan titik pusat gravitasi. Di pintu terpasang hiasan karbon, yang tak hanya sekadar untuk penampilan semata. Didesain untuk meminimalisir turbulensi dan memperlancar aliran udara ke belakang.

Area belakang cukup krusial dalam agar udara tidak terjebak. Karena itu, sirip ditambahkan lagi tepat di belakang roda, untuk menambah stabilitas selain diffuser yang standarnya sudah ada. Tak lupa, spoiler serat karbon tertempel di bokong bergaya duck tail. Agar tercipta keseimbangan semakin baik.

Perangkat TRD juga sengaja dirancang agar tampilan Supra lebih lebar dan menjejak aspal. Sebagai penunjang postur proporsional, TRD menciptakan pelek alloy ringan ukuran 19-inci bergaya mesh spoke. Soal suspensi dan peningkat pengereman, juga tidak dibahas dalam konsep ini. Namun TRD memberi petunjuk bakal melanjutkan proyek ke depannya.

Setidaknya, kondisi standar Supra masih membuat penasaran. Belum banyak ulasan mendalam yang bisa didapat. Kolaborasi dengan BMW sedikit mengaburkan kemampuan Toyota sekarang, dalam meracik sebuah sportscar.

Mesin 6-silinder 3,0-liter untuk pasar Amerika Serikat, sama seperti yang terbenam di BMW Z4. Tenaganya 335 hp dan torsi 495 Nm yang tersalur ke roda belakang via transmisi otomatis 8-speed milik Bimmer juga. Pasar Jepang berbeda. Pakai mesin lebih kecil, 4-silinder 2,0-liter turbo berdaya 190 – 255 hp dan torsi 320 – 400 Nm. (***)

sumber: oto.com

Editor :