Senin | 16 Desember 2019 |
×

Pencarian

TIPS SEHAT

Hindari Resiko Stoke dan Manfaat Lainnya dengan Makan Cokelat di Pagi Hari

Kamis | 11 April 2019 | 7:24

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Cokelat adalah makanan paling populer di kalangan anak kecil. Siapa sangka, ternyata cokelat memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia lho, seperti mampu bantu turunkan berat badan hingga berikan tampilan kulit yang sehat.

Mengonsumsi cokelat dengan takaran yang cukup sembari memperhatikan waktu konsumsinya diyakini bisa memberi manfaat kesehatan yang lebih lagi. Dikutip dari Total Health Magazine, kandungan dari cokelat seperti antioksidan dan flavonoid bisa berikan perlindungan tubuh yang sehat saat mengonsumsinya di pagi hari.

Pada pagi hari, tubuh memerlukan keseimbangan produksi darah yang lebih dan cokelat tawarkan ragam manfaatnya. Ini alasan kenapa ada baiknya mengonsumsi cokelat di pagi hari.

Meningkatkan aliran darah

Cocoa memiliki sifat anti penyumbatan yang berfungsi sebagai pengencer darah yang bekerja menyerupai aspirin. Dr Fitzgerald dari Amerika mengatakan bahwa kandungan dari cokelat mampu meningkatkan aliran darah hingga sirkulasi darah. Lancarnya aliran darah maka akan membuat tubuh terasa lebih bugar.

Meningkatkan IQ dan metabolisme

Aliran darah yang menuju ke otak berikan kekuatan otak manusia lebih baik sehingga mampu melakukan hal-hal sekaligus atau multitasking. Flavanoid yang ada dalam cokelat berperan untuk mendukung sel dan metabolisme pada otak lewat antioksidan yang mendukung penyebabnya inflamasi (peradangan terhadap reaksi tubuh) hingga kerusakan tubuh lainnya.

Dengan mengonsumsinya di pagi hari, metabolisme tubuh akan jadi lebih lancar sepanjang hari. Jadi, tidak ada lagi rasa kembung yang akan mengganggu aktivitas kamu seharian.

Hindari risiko stroke

Lima tahun lalu sebuah studi di Swedia menemukan, wanita yang makan lebih dari 45 gram cokelat selama seminggu, menunjukkan 20 persen risiko stroke lebih rendah dibandingkan wanita yang konsumsi cokelat kurang dari 9 gram per harinya.

Tapi tetap terkontrol ya, jangan memakan cokelat dengan berlebihan dan sesuai takaran. Jika berlebihan, akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Tingkatkan suasana hati

Rasa manis dari cokelat diyakini dapat menyenangkan orang yang mengonsumsinya hingga mengurangi rasa stres yang dialami. Mengonsumsi cokelat di pagi hari akan meringankan beban pikiran dan mengusir stres sehingga kamu lebih semangat jalani hari.

Tingkatkan kesehatan jantung

Konsumsi cokelat dengan takaran berimbang bisa menurunkan tekanan darah tinggi juga risiko penurunan kolesterol yang baik untuk kesehatan jantung kita. Terutama cokelat hitam yang miliki sifat inflamasi dalam memerangi penyakit jantung.

Mengenyangkan

Menurut Dr David Katz, pendiri Yale University’s Prevention Research Center, orang mengonsumsi cokelat sebagai makanan pada umumnya dan bukan dijadikan makanan ringan atau cemilan maka akan membantu tubuh berada pada kondisi kenyang.

Hal ini diperkuat oleh satu studi yang dilakukan University of Copenhagen bahwa cokelat bisa mengurangi keinginan seseorang untuk konsumsi makanan manis, asin, atau berlemak.

Dengan mengonsumsinya di pagi hari, cokelat memperkecil keinginan kamu untuk mengemil makanan manis atau tidak sehat pada siang atau sore hari. (***)

sumber: detik.com

Editor :