Rabu | 20 November 2019 |
×

Pencarian

KULINER

Bakso Beranak Daging Sapi, Nih Resep dan Cara Membuatnya

Jumat | 12 April 2019 | 8:44

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Belakangan ini bakso beranak memang tengah hitz dan populer di masyarakat Indonesia. Khususnya untuk daerah Malang dan sekitarnya. Karena di sana banyak sekali warung bakso yang menyajikan bakso beranak dari ukuran kecil sampai bakso beranak ukuran jumbo yang besarnya hampir 5x mangkok saji.

Nah, bagi Anda penggemar bakso beranak dan sering beli di warung bakso langganan. Coba bikin bakso beranak sendiri di rumah yuk! Hasil resep bakso beranak daging sapi homemade ini rasanya tak kalah dengan olahan bakso beranak ala cafe loh. Rasanya enak mantap!

Bahan-bahan Bakso Beranak :

Daging sapi 500 gram, cincang
Tepung tapioka 75 gram
Es batu 150 gram
Bawang putih 4 siung
Bawang putih 3 siung, rajang dan goreng
Bawang merah 5 siung, rajang dan goreng
Telur ayam 1 butir (telur ukuran besar)
Baking powder 1 sendok teh
Merica bubuk 1 sendok teh
Garam 2 sendok teh

Bahan Pelengkap Bakso:

Mie kuning
Bihun
Sayuran
Tahu

Cara Membuat Resep Bakso Beranak:

Pertama-tema haluskan daging sapi bersama es batu menggunakan penggiling daging, food processor atau blender (jika menggunakan blender maka dilakukan sedikit demi sedikit).

Selanjutnya masukkan tepung tapioka, garam, merica, bawang putih, bawang putih goreng, bawang merah goreng, putih telur, dan baking powder. Giling sampai benar-benar halus.

Rebus air sampai mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan bisa matikan kompornya.

Langkah berikutnya buat bakso kecil untuk isian bakso beranak dulu. Isian boleh ditambah telur puyuh, sosis, sayuran sesuai selera. Bentuk bulat kecil adonan menggunakan dua sendok untuk dijadikan isi dari bakso beranak (banyaknya sesuai yang dibutuhkan) lalu masukkan dalam rebusan air. Nyalakan api dan rebus bakso sampai mengapung. Angkat, tiriskan.

Bakso Besar : Ambil mangkuk ukuran kecil lalu oles minyak tipis tipis. Lalu letakkan adonan dalam mangkuk (banyaknya adonan sesuai ukuran bakso yang diinginkan) dan ratakan pada mangkuk. Isi dengan bakso kecil yang telah matang dan tutup adonan. Rapikan tapi jangan ditekan telalu keras supaya bakso tidak jadi satu dengan isinya. Kemudian masukkan bakso dalam rebusan air dan rebus bakso sampai mengapung.

Yeah, bakso beranak siap di hidangkan selagi hangat lengkap dengan bahan pelengkap seperti mie kuning, bihun dan sayuran. Ternyata mudah dan praktis bukan?

Untuk kuah baksonya saya pakai kuah bakso sederhana tanpa tulang. Jadi tinggal pakai air bekas rebusan bakso yang di bumbui bawah putih, lada (merica), kemiri, garam, kaldu, irisan muncang sledri dan bawang goreng saja. Atur kuah gurihnya sesuai selera, jadi deh! Sajikan dengan saus dan sambal untuk penambah nikmatnya. (***)

sumber: doyanresep.com

Editor :