Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

KULINER

Tak Terasa Ramadhan Sebentar Lagi, Nih Ada Resep dan Cara Membuat Ayam Suwir Bumbu Daun Jeruk yang lezat

Jumat | 19 April 2019 | 19:07

1 ekor ayam sedang
1 sendok teh
5 tangkai kemangi
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
2 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2 cm lengkuas, memarkan
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:

3 butir kemiri, sangrai
2 cm jahe
2 buah cabai merah besar
3 siung bawang putih
8 butir bawang merah
2 cm kencur

Persiapan Membersihkan Ayam:

Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membaut sajian kali ini cukup mudah dan sederhana. Yakni dengan membersihkan ayamnya terlebih dahulu.

Cara ini menjadi hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik agar demikian, sajian ayam bisa lebih mudah dimasak ketika anda mengetahui cara membersihkannya dengan baik.

Buka bungkus ayam dan masukkan kedalam wadah. lalu kemudian bawa sajian ini ke tempat cucian untuk dibersihkan secara merata. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan ayam ini dapat anda lakukan dengan mengucurkan ayam dibawah air bersih yang mengalir.

Bersihkan dimulai dari bagian kulitnya secara merata. Bila anda mendapati masih terdapat bulu-bulu pada bagian kulit ayam. Maka bersihkan dengan cara mencabutinya sampai bersih dan merata. Kemudian gosok dan remas bagian daging ayam sampai ke sela.

Cara ini penting dilakukan agar kotoran yang tersembunyi pada ayam dapat dibersihkan secara merata. Nah, bila sudah selesai membersihkan ayam secara merata maka angkat sajian ini dari cucian dan masukkan kembali kedalam wadah. Untuk kemudian tiriskan air cuciannya secara merata.

Dalam wadah silahkan kucuri ayam dengan menggunakan jeruk nipis dan berikan dengan sedikit taburan garam. Lalu kemudian aduk-aduk semua sajian ini secara merata.
Setelah dilumuri dengan bumbu diatas maka diamkan ayam sementara agar bahan ini meresap kedalam ayam.

Diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ayam Suwir Bumbu Daun Jeruk yang Enak dan Mantap:
Untuk membuat sajian kali ini, silahkan potong ayam menjadi 4 bagian secara merata. Anda dapat menggunakan pisau dan lakukan diatas tatakan untuk memotong ayam dengan merata. Lalu siapkan sebuah panci dan berikan dengan air kedalamnya. Lalu rebus ayam sampai matang dan dagingnya menjadi lebih pucat dan teksturnya menjadi lebih padat merata.

Selanjutnya adalah dengan mengangkat ayam dari rebusan dan matikan kompor. Lalu tiriskan ayam dalam sebuah wadah dan tunggu sajian ini sampai agak dingin secara merata.

Kemudian setelah itu, Siapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Tunggu sampai wajan agak panas baru tuangkan minyak kedalamnya. Tunggu sampai minyak panas merata dan masukkan bumbu halus kedalam wajan. Lalu tumis sajian ini sampai matang dan merata. Masukkan pula lengkuas kedalamnya bersama dengan daun jeruk.

Aduk-aduk secara merata semua sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. Lalu kemudian masukkan ayam yang sudah anda suwir-suwir secara merata dan aduk secara merata sajian ini sampai merata.

Masukkan santan kedalam tumisan bumbu lalu masak sajian ini sambil diasuk sampai setengah matang dan bumbu meresap kedalamnya dengan merata. Masukkan daun kemangi pada saat sajian ini hampir matang. Lalu masak sebentar dan biarkan aroma daun kemangi menyeluruh dan meresap kedalam daging.

Nah, setelah matang maka kemudian sajian ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat bersama dengan nasi pulen menjelang waktu sahur nanti. Sajian ini mudah dibuat dan yang tentunya ayam adalah sajian yang sehat untuk disantap. (***)

sumber: selerasa.com

Editor :