Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

PANORAMA

Mau Wisata ke Dahor Heritage, Rumah Pekerja Kilang Zaman Belanda, Tak Usah ke Balikpapan, Disini Ada Juga Kok

Sabtu | 20 April 2019 | 7:49

MEDIAKEPRI.COID, Balikpapan – Salah satu destinasi wisata yang menarik di Balikpapan, Kalimantan Timur, adalah sebuah rumah panggung bernama Dahor. Rumah Dahor merupakan rumah pekerja kilang minyak zaman Bataafsche Petroleum Matschappij atau BPM pada tahun 1920. Rumah Dahor menjadi bangunan peninggalan zaman Belanda yang masih terawat.

Pertamina menggandeng komunitas Dahor Heritage untuk melestarikan dan menjadikan Rumah Cagar Budaya Dahor sebagai destinasi wisata di Kota Balikpapan. Rumah Dahor menjadi lokasi cagar budaya di Balikpapan pada 1997. Cagar budaya ini menjadi pengingat jejak penemuan sumur minyak pertama Mathilda Balikpapan pada 1897.

Awalnya, terdapat 27 rumah panggung dahor yang dijadikan lokasi cagar budaya di Balikpapan. Namun tiga tahun silam, sebagian rumah terdampak program perluasan kilang minyak Pertamina Balikpapan.

Kini, ada sembilan rumah Dahor di Kompleks Rumah Dahor, Kota Balikpapan yang dimanfaatkan sebagai perpustakaan, taman baca, museum mini sejarah Balikpapan, hingga sejarah ekplorasi migas dari zaman Belanda hingga sekarang.

Sembilan rumah Dahor tersebut dibenahi agar masyarakat tertarik untuk datang dan melihat aset peninggalan zaman Belanda ini. Jika tak ingin repot-repot ke Balikpapan, kamu bisa melihat contoh rumah Dahor di Taman Mini Indonesia Indah atau TMII dalam pameran Expo Nusantara 2019.

Kami ingin pengunjung merasakan atmosfer rumah Dahor di Balikpapan. Ada booth visualisasi replikasi rumah Dahor,” kata Pjs Region Manager Communication & CSR Pertamina Kalimantan, Cecep Supriyatna, Jumat 19 April 2019.

Expo Nusantara bertema rumah budaya bagsa di TMII ini berlangsung di Gedung Sasana Kriya mulai Jumat sampai Minggu, 19 – 21 April 2019. Tidak hanya pameran museum, Expo Nusantara juga terdiri atas pameran dan instansi pemerintah, kuliner nusantara, dan produk-produk unggulan. (****)

sumber: tempo.co

Editor :