Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

KULINER

Kampoeng Bangka : Sedapnya Ikan Pari yang Dipadu Sambal Rusip Khas Bangka

Jumat | 26 April 2019 | 20:19

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Letak geografis pulau Bangka yang dikelilingi laut membuat sajian seafood jadi salah satu makanan andalan. Aneka sajian khas Bangka bisa di cicip di resto ini.

Masyarakat Bangka memang memiliki kuliner dengan citarasa khas yang unik. Berbagai olahan ikan laut jadi salah satu andalannya. Kalau ingin mencoba masakan khas Bangka, cobalah datang ke restoran Kampoeng Bangka yang setiap harinya menawarkan sajian Bangka maknyus.

Resto yang berlokasi di bilangan Melawai, Jakarta Selatan ini ada beragam menu seafood Bangka yang rasanya autentik. Rasa penasaran membuat kami menyambangi restoran ini.

Meskipun menawarkan kuliner daerah tapi resto ini didesain dengan tampilan yang kasual. Suasana santai makin terasa karena resto dilengkapi panggung live music yang bisa menghibur pengunjung.

Tak mau berlama-lama, kami lantas memesan beberapa menu andalan di resto ini. Ada olahan ikan pari asam manis, ikan kerapu saus lemon dan pelengkapnya sambal rusip khas Bangka.

Sebenarnya ada satu menu andalan yang unik di resto ini yakni ekor ikan tenggiri bakar, tapi sayangnya kami tak bisa mencicip ikan ini. Resto belum mendapatkan pasokan ikan tenggiri dari Bangka. Di sini memang ada beberapa ikan dan bahan yang didatangkan langsung dari Bangka untuk menjaga agar masakan tetap autentik.

Namun, beberapa olahan seafood khas Bangka tetap saja menarik selera buat dicicipi. Ada Ikan Pari Asam Manis (Rp 38.500) yang hadir dengan lumuran saus asam manis yang kental.

Bebeda dengan saus asam manis ala China, potongan ikan pari diolah dengan saus asam manis yang pekat rempah. Aroma asam pedas langsung merebak saat ikan pari terhidang. Seporsi menu ini berisi 3 potong ikan pari berukuran sedang.

Tekstur ikan pari terasa lembut berdaging tebal, sekilas mirip tekstur ikan tuna. Bumbu asam manis yang menggenang membuat ikan lebih lezat. Tapi sayangnya kami merasa ikan pari ini beraroma sedikit amis.

Kami juga memesan sambal rusip khas Bangka (Rp 16.500). Sambal ini terbuat dari ikan teri yang difermentasi selama seminggu kemudian disajikan dengan irisan bawang merah, cabai rawit perasan jeruk kunci.

Aroma khas sambal ini berpadu dengan segarnya irisan bawang dan kucuran air jeruk. Sebelum disantap, sambal ini harus diaduk terlebih dahulu hingga rata. Rasa asam dan asin mendominasi sambal ini, semburat pedas baru terasa saat menggigit irisan rawitnya. Segar!

“Ikan terinya yang dipakai dari Bangka, kalau ikan teri sini berbeda. Jadi ikan sudah difermentasi, di sini tinggal tambah irisan bawang dan cabai,” jelas salah satu pelayan restoran.

Pelayan yang asli orang Bangka ini juga menjelaskan kalau di Bangka, sambal rusip ini terbilang primadona. Orang Bangka biasa menyantap berbagai makanan dengan cocolan sambal rusip, termasuk saat makan lalapan.

Selain dua menu tersebut, kami juga mencicip Kerapu Saus Lemon Thai (Rp 143 ribu) yang hadir dengan tampilan menggoda. Fillet ikan kerapu utuh tanpa putus kemudian dimasak dengan cara dikukus.

Pelengkapnya ada saus lemon Thai yang asam kecut dan sedikit pedas. Lembut dan gurihnya kerapu ini terasa mengejutkan lidah saat disantap dengan kuah lemon yang asam.

Ketiga menu ini sangat pas disantap hangat dengan nasi putih. Jadi kalau tergoda makan siang dengan menu khas Bangka bisa datang langsung ke resto ini.

Oiya, di sini juga tersedia menu lainnya mulai lempah kuning ikan tenggiri, pindang, semur daging bangka, lempah akar keladi hingga sup kepala ikan.

Kampoeng Bangka
Jl. Panglima Polim Raya No. 102
Melawai, Jakarta Selatan
Telepon : (021) 7392344

sumber: detik.com

Editor :