Selasa | 17 September 2019 |
×

Pencarian

UMUM

Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Liburan ke Luar Negeri

Sabtu | 27 April 2019 | 10:17

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Liburan memang cara yang menyenangkan untuk melepas penat dari padatnya pekerjaan. Namun, jangan sampai liburan Anda rusak karena kesalahan keuangan yang seharusnya tak perlu terjadi. Dilansir dari New Idea, Jumat, 26 April 2019 , ada setidaknya 4 kesalahan keuangan yang kerap dilakukan saat liburan.

Berikut ini penjelasannya.

1.Tidak memperhatikan syarat dan ketentuan maskapai penerbangan murah

Selamat untuk Anda yang telah menemukan tiket pesawat dengan harga promo yang menarik. Akan tetapi, sebelum Anda membayar, ada baiknya Anda membaca dengan seksama terkait syarat dan ketentuannya.

Ini khususnya terkait kebijakan bagasi maskapai penerbangan murah. Sebab, tarif bagasi kerap mengejutkan Anda yang belum terbiasa menggunakan maskapai jenis ini.

Pastikan Anda mengetahui tarif bagasi per kilogramnya. Anda pun harus mempertimbangkan berat bawaan Anda.

2.Menukar uang di bandara

Menukar mata uang asing di bandara memang praktis. Akan tetapi, bila Anda ingin berhemat, lebih baik menukar uang di tempat penukaran valas di luar bandara.

Sebab, penukaran valas di bandara menawarkan nilai yang lebih mahal dan ada biaya lainnya. Selain itu, ada baiknya tidak menukarkan uang di tempat-tempat wisata.

Ada baiknya Anda pertimbangkan memiliki kartu khusus untuk bepergian. Anda bisa juga membawa kartu kredit atau ATM debit yang bisa digunakan di negara setempat untuk memudahkan pembayaran.

3.Kelebihan bawaan

Kelebihan bawaan saat mempersiapkan diri sebelum liburan kerap terjadi. Kadang Anda membawa sepasang sepatu yang sebenarnya tak Anda butuhkan atau jumlah pakaian yang melebihi kebutuhan Anda.

Kelebihan bawaan bukan berarti Anda harus membawa tas atau koper yang besar untuk bisa menampung segalanya. Pikirkan pula bahwa Anda bisa saja belanja saat liburan nanti.

Oleh karena itu, saat mengemas bawaan, pertimbangkan segala aspek ini dengan baik. Jangan sungkan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu.

4.Melupakan asuransi perjalanan

Ketika Anda akan bepergian ke luar negeri, pastikan Anda membeli asuransi perjalanan. Sebelum membeli, jangan lupa membaca apa saja yang diproteksi oleh asuransi tersebut dan apakah sesuai kebutuhan Anda.

Asuransi perjalanan menjadi penting ketika Anda mengalami risiko saat berlibur ke luar negeri. Di Amerika Serikat, misalnya, Anda harus merogoh kocek ribuan dollar AS ketika Anda cedera.

Untuk membeli asuransi perjalanan, Anda bisa meminta saran dari agen perjalanan terkait produk yang terbaik bagi Anda. (***)

sumber: kompas.com

Editor :