Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

KULINER

Cocok untuk Buka Puasa, Nih Resep dan Cara Membuat Garang Asem Iga Sapi yang Enak, Segar dan Sedap

Sabtu | 11 Mei 2019 | 17:30

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Garang asem iga sapi adalah salah satu sajian makanan dari daging yang memiliki cita rasa yang lezat dan begitu nikmat.

Sajian ini cocok disantap dengan bertemankan sepiring nasi hangat, ditambah dengan bahan pelengkap seperti kerupuk dan sambal cabai rawit yang pedas menyegarkan.

Perpaduan Rasa Manis, Asam dan Gurihnya Ayam Goreng Bacem Menggugah Selera, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Selain Menghemat Waktu, Stok Bacem Ayam Ini Juga Praktis, Ini Cara Mengolah dan Menyimpannya

Nah, bagi anda yang penasaran ingin mencicipi lezatnya hidangan garang asem iga, kali ini kami akan berbagi resep dan cara membuatnya. Seperti apa caranya? Yuk, kita simak berikut ini.

Bahan Utama yang Diperlukan Untuk Garang Asem Iga Sapi:

1.1/2 kg iga sapi
2.1.500 ml Air untuk merebus
3.2 sendok makan minyak untuk menumis
4.100 gram Tomat hijau (potong dadu)
5.4 sendok makan Air asam kental
6.1 1/2 sendok teh Terasi

Bumbu Garang Asem Iga Sapi yang Dihaluskan:

1 sendok makan Kecap manis
2 lembar Daun salam
1/2 sendok teh Merica bubuk
3 buah Cabai hijau besar (potong kecil)
10 buah Cabai rawit merah (potong-potong kecil)
3 siung Bawang merah
2 siung Bawang putih
3 butir Kemiri
1 ruas Lengkuas (iris-iris tipis)
1 1/2 sendok teh Terasi Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Garang Asem Iga Sapi yang Enak, Segar dan Sedap Cara Mengolah Iga Sapi Sebelum Dimasak:

Hal pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu sebelum memasak garang asem dan membumbui iga sapi.

Terlebih dahulu silahkan potong-potong iga sesuai dengan ukuran yang diinginkan, baik dengan ukuran besar maupun ukuran kecil.

Setelah daging dan tulang iga dipotong-potong, sekarang cuci bersih iga sapi pada air yang mengalir dan pastikan jika kotoran yang ada pada iga bisa dibersihkan sesecara keseluruhan.

Selesai dicuci, tempatkan potongan iga dalam panci yang telah diberikan air. Lalu rebus daging iga hingga empuk dan matang.

Setelah empuk, angkat lalu tiriskan iga sapi, tempatkan pada mangkuk atau wadah yang besar atau sesuai ukuran daging.

Cara Memasak Garang Asem Iga Sapi:

Untuk membumbui daging iga terlebih dahulu kita buat bumbu halusnya, haluskan kemiri, lengkuas, bawang merah, bawang putih dan garam serta terasi. hingga bumbu benar-benaer halus secara merata.

Untuk menghaluskan bumbu ini anda cukup menggunakan ulekan dan cobek karena komposisi bahan cukup sedikit dan lebih mudah diulek.

Setelah bahan-bahan diatas dihaluskan, sekarang siapkan wajan dan tumis bumbu-bumbu tersebut dengan sedikit minyak hingga tericum bau harum yang sedap dari bahan-bahan yang ditumis.

Selesai menumis, matikan kompor dan angkat tumisan kemudian tuangkan tumisan ini kedalam rebusan kaldu daging dan masukkan kembali daging kedalamnya sambil diaduk-aduk secara merata hingga bumbu dan daging tercampur merata dan sempurna.

Rebus daging dan masukkan air asam, merica, kecap manis, cabai hijau, daun salam, cabai rawit dan tomat dan masak hingga mendidih merata.

Tambahkan penyedap rasa dan cicipi bumbu hingga pas. Apabila bumbu kurang, jangan ragu menambahkan bumbu lainnya kedalam rebusan hingga benar-benar pas.

Masak rebusan hingga matang dan daging menjadi lebih empuk. Setelah matang, angkat rebusan dan ambil piring saji kemudian sajikan hidangan garang asem iga sapi ini ditengah keluarga anda dengan penuh cinta. (***)

sumber: selerasa.com

Editor :