UMUM

Khilaf Hamburkan Uang Selama Lebaran? Nih Tips dari Pakar Ahli Keuangan untuk Mensiasati Sampai Gajian

Minggu | 09 Juni 2019 | 17:26

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Tak jarang orang khilaf menghamburkan uang selama lebaran untuk berwisata, jalan-jalan ke mal hingga mudik. Tanpa sadar mungkin sisa uang tinggal Rp 1 juta.

Kalau sudah begitu, cukup nggak buat bertahan sampai gajian?

Perencana Keuangan Financial Consulting Eko Endarto mengatakan sisa uang Rp 1 juta bisa untuk bertahan hingga gajian, asal tak ada pengeluaran wajib yang harus segera ditunaikan, tinggal bagaimana menyiasatinya.

Hari Ini, Yogya dan Pesisir Selatan Jateng Diguncang Gempa

“Katakanlah biasanya (kerja) naik mobil bisa naik motor misalnya, sudah pasti lebih murah. Biasanya makan siang beli sekarang bawa makan dari rumah misalnya,” kata dia.

Lain cerita jika banyak kewajiban yang harus dipenuhi setelah lebaran, tentu saja sisa Rp 1 juta tidak akan cukup sampai gajian tiba. Kewajiban yang dimaksud meliputi bayar utang, sekolah anak hingga listrik.

Tragis, Jelang Hari Raya, Tiga Warga Ini Tewas di Dalam Sumur Tua

“Makanya tadi, kalau misalnya pengeluarannya adalah kewajiban yang belum dijalanin pasti susah, karena bayar sekolah itu kan sudah ditentukan dia harus berapa bayar sekolahnya, listrik ditentukan harus berapa,” jelasnya.

Namun, untuk hal-hal yang bersifat keinginan bisa ditunda dulu demi mengirit pengeluaran hingga gajian, misalnya kebutuhan membeli pakaian itu bisa ditunda ke bulan-bulan berikutnya.

“Sebenarnya semua pengeluaran yang bersifat keinginan bisa ditunda, intinya pengeluaran yang bisa ditunda dan bisa diganti, misalnya beli baju itu kan bisa ditunda nggak harus beli sekarang,” tambahnya. (***)

sumber: detik.com

Editor :