TIPS SEHAT

Sekilas Terlihat Sama Bentuknya, Mana yang Lebih Sehat Antara Selada dan Kubis?

Minggu | 09 Juni 2019 | 17:53

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Lettuce atau selada dan kubis atau kol merupakan sayur yang sekilas terlihat sama bentuknya namun memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Kedua sayur ini juga memiliki jenis pengolahan masakan, profil, tekstur, dan rasa yang juga berbeda.

Kedua jenis sayuran ini memiliki varian yang cukup banyak dan yang sering dianggap sama padahal berbeda adalah kubis hijau dan selada iceberg. Sayuran ini memiliki jumlah kalori, protein, karbohidrat, lemak, serat, dan vitamin yang berbeda.

Khilaf Hamburkan Uang Selama Lebaran? Nih Tips dari Pakar Ahli Keuangan untuk Mensiasati Sampai Gajian

Terkait jumlah serat, kubis memiliki kandungan yang lebih banyak. Walau sama-sama kaya serat, kubis memiliki kandungan serat dua gram lebih banyak dibanding dengan selada iceberg. Kubis juga diketahui mengandung nutrisi seperti vitamin A, C, K, dan B6 yang lebih banyak dibanding dengan selada.

Sebuah penelitian yang dilakukan menemukan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada kubis hijau dan kubis Cina cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini juga terdapat pada selada iceberg hanya saja dalam kandungan yang lebih rendah.

Ketika menyangkut kandungan nutrisi secara keseluruhan, baik kubis dan selada mengandung hal yang sama hanya saja dalam takaran berbeda. Dilihat dari segi nutrisi, kubis diketahui lebih unggul dibanding selada.

Hari Ini, Yogya dan Pesisir Selatan Jateng Diguncang Gempa

Dilihat dari segi kuliner, terdapat perbedaan dari dua makanan ini yaitu bahwa kubis lebih renyah dengan rasa merica. Pada selada iceberg, sayuran ini lebih berair dan hambar.

Tekstur kubus yang lebih keras merupakan alasan mengapa sayuran ini cenderung dimasak. Pada sisi lain, walau selada iceberg bisa dimasak, banyak orang lebih memilih untuk memakannya secara mentah. Selada mentah ini biasanya dipadukan dengan cuka, mayones, dan mustard.

Walau kubis memiliki nilai nutrisi lebih tinggi, namun selada memiliki lebih banyak jenis dengan berbagai rasa. Hal ini yang membuat selada ini bisa jadi pilihan yang lebih baik bagi beberapa orang untuk dikonsumsi.

Bagi kebutuhanmu sehari-hari, kamu bisa mengonsumsi keduanya tergantung seleramu. Pastikan saja gunakan cara memasak yang tepat untuk memperoleh khasiat yang lengkap dari sayuran ini. (***)

sumber: merdeka.com

Editor :