MEDIS

Jangan Anggap Remeh! Ini Serba-serbi Cacar Air yang Mesti Kamu Ketahui dan Cara Pengobatan yang Tepat

Sabtu | 15 Juni 2019 | 11:13

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Banyak serba serbi cacar air yang mesti kamu ketahui. Varisela atau yang biasa kita sebut cacar air merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster.

Penyakit ini dapat disebarkan melalui udara. Pada umumnya cacar air sering menyerang anak-anak di bawah 10 tahun. Tetapi penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa. Cacar air dewasa lebih mungkin terjadi pada wanita hamil, karena sistem kekebalan tubuhnya lebih rendah.

Gejala Cacar Air yang Mesti Diketahui

Gejala cacar air biasa muncul dua hingga tiga minggu setelah terpapar virus. Tanda pertama muncul rasa tidak enak badan seperti gejala pegal-pegal, demam, merasa sangat lelah, kehilangan selera makan, dan sakit kepala.

Dalam satu atau dua hari akan muncul ruam memalui tiga tahap perubahan. Pertama, ruam menjadi bentol-bentol kecil yang gatal. Kedua, bentol-bentol kemudian berubah menjadi bintil berisi cairan yang sangat gatal. Ketiga, setelah satu hingga dua hari, bintil mengering dan menjadi koreng yang akan mengelupas dengan sendirinya.

Cara Mengobati Cacar Air

Serba-serbi cacar air yang mesti kamu ketahui selanjutnya itu mengenai cara mengobati cacar air.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pengobatan cacar air:

1.Mengonsumsi Obat

Penderita cacar air dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dapat kamu beli di apotik. Jenis obat yang mengandung paracetamol dapat kamu gunakan untuk pereda demam dan nyeri sebagai gejala awal cacar air. Paracetamol dianggap aman bagi kebanyakan orang termasuk wanita hamil dan bayi di atas dua bulan. Ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker.

2.Jangan Menggaruk Bintil Merah yang Muncul

Meski bintil cacar air terasa sangat gatal, usahakan untuk tidak menggaruknya untuk menghindari infeksi dan penularan. Untuk menghindari garukan atau gesekan yang tidak disengaja potonglah kuku, gunakan sarung tangan serta kaus kaki menjelang tidur.

3.Mandilah dengan Air Hangat

Tidak ada larangan tidak boleh mandi bagi penderita cacar air. Mandilah sebaiknya dengan menggunakan air yang hangat. Keringkan badan dengan menepuk-nepuk handuk jangan menggosoknya. Untuk mengurangi rasa gatal gunakan lotion atau bedak kalamin.

4.Jaga Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Tetap menjaga agar terhidrasi dengan menjaga makanan dan minuman. Hal ini berguna untuk menjaga sistem imun agar tidak semakin melemah yang dapat melawan virus cacar air tersebut. Pada pengidap cacar air sebaiknya menghindari pantangan untuk tidak mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, makanan yang asam, makanan yang pedas, dan asin.

Pencegahan Cacar Air

Cacar air dapat dicegah dengan vaksinasi atau imunisasi dengan vaksin varicella atau vaksin cacar air. Vaksin ini merupakan vaksin yang diberikan untuk mencegah virus varicella zoster yang menjadi penyebab munculnya penyakit cacar air. Pemberian vaksin biasanya dilakukan kepada bayi di atas 12 bulan dan usia terbaik sebelum memasuki sekolah dasar.

Tindakan yang Dilakukan untuk Mencegah Penularan Cacar Air

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan cacar air. Di antaranya:

1.Bagi penderita cacar air sebaiknya menghindari untuk masuk sekolah atau bekerja
2.Menjaga jarak dengan orang sekitar
3.Jagalah kebersihan pakaian dan benda-benda yang kamu gunakan.
4.Menunda perjalanan menggunakan pesawat terbang. Penderita cacar air biasanya tidak diberi izin oleh pihak bandara demi mencegah penularannya.

Itulah beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk tidak terjadinya penularan dengan orang sekitar. Hal-hal di atas dapat kamu hindari selama bintil cacar mengering dan tidak merasakan gatal lagi.

Demikianlah serba-serbi cacar air yang mesti kamu ketahui. Penderita cacar air dapat menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan untuk tidak terjadinya penularan dengan orang sekitar. (***)

sumber: detik.com

Editor :