Selasa | 17 September 2019 |
×

Pencarian

UMUM

Cara Sederhana untuk Tingkatkan Tabungan Anda dengan Pertimbangkan 13 Hal yang Tak Berguna Ini

Minggu | 23 Juni 2019 | 20:26

MEDIAKEPRI.CO.ID Jakarta – Cara sederhana untuk meningkatkan tabungan Anda dan membangun lebih banyak kekayaan adalah dengan mengirit pengeluaran.

Bila Anda mencoba, Anda akan dapat menemukan titik di mana Anda harus mengirit pengeluaran.

Dikutip dari CNBC, Ahad, 23 Juni 2019, mulailah dengan mempertimbangkan beberapa hal ini:

1.Biaya ATM

Menarik uang di luar jaringan ATM yang Anda gunakan akan memakan biaya tambahan. Tidak ada alasan untuk membayar biaya ini secara terus-menerus.

Solusi sederhananya yang bisa Anda lakukan adalah jika logo bank Anda tidak ada di ATM, jangan gunakan itu. Cukup cari lokasi online dan lakukan upaya ekstra untuk sampai ke salah satu ATM bank Anda. Jika tidak ada opsi ATM yang nyaman di kota Anda, pertimbangkan untuk membuka rekening giro dengan bank yang lebih mudah diakses.

2.Biaya Keterlambatan

Sama seperti biaya ATM, biaya keterlambatan adalah penghisap uang yang tak berguna.

Jadi, jangan pernah melewatkan tagihan lagi dengan mengatur pembayaran otomatis online untuk biaya tetap seperti kabel, internet, dan asuransi.

Untuk pengeluaran yang tidak bisa dibayar online, seperti sewa, atur pengingat kalender dan bayar pada waktu yang sama setiap bulan sehingga menjadi rutin.

3.Langganan yang kurang digunakan

“Tidak ada yang membuat perusahaan lebih bahagia daripada membuat pelanggannya mendaftar untuk berlangganan,” tulis kolumnis teknologi Yahoo David Pogue dalam bukunya 2016, “Pogue’s Basics: Money”

“Jutaan orang mendaftar untuk uji coba gratis selama masa yang ditawarkan agen, seperti 30 hari atau beberapa bulan. Setelah lewat masa uji coba gratis, kemudian mereka lupa. Atau mereka mendaftar untuk layanan tertentu tetapi sudah lama tidak menggunakannya,” tambah Pogue. Jadi, lihat transaksi kartu kredit terakhir Anda dan cari tahu persis apa yang Anda bayar, apakah itu berlangganan majalah, perangkat lunak, atau layanan online.

Selanjutnya, tanyakan pada diri sendiri mana yang kira-kira bisa Anda hentikan atau batalkan di tempat untuk menghemat beberapa ratus ribu setahun.

4.Membeli makan siang setiap hari

Semakin banyak makanan yang bisa Anda siapkan di rumah, semakin baik anggaran makan Anda.

Membuat bekal makan siang juga jauh lebih baik untuk pola konsumsi Anda.

Tidak apa-apa jika sesekali Anda ingin makan di luar, tapi jangan terlalu sering. Pulang ke rumah atau membawa bekal adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengurangi pengeluaran.

5.Air botolan

Saat Anda terbiasa membawa bekal makan siang, mulailah mengisi botol air juga.

Pogue mengatakan, hanya dengan membawa air minum di botol dari rumah, Anda bisa mengirit sekian rupiah. Bila dikalikan dalam sebulan, uang tersebut pun mencapai angka yang signifikan.

”Kebanyakan orang yang membeli air dalam botol melakukannya untuk kenyamanan. Jika kamu membawa botol air, kamu tidak mengeluarkan apa-apa,” kata Pogue.

6.Kartu Anggota Gym

Memiliki kartu anggota gym nampaknya terlihat membuat pengeluaran Anda jauh lebih sedikit dibanding tak memiliki kartu anggota. Tapi, kartu anggota gym yang jarang atau tak digunakan justru membuat pengeluaran bulanan Anda bertambah.

Jika Anda memang jarang berolahraga, ini saatnya untuk menghentikan kartu anggota tersebut.

Selain itu, jika Anda merasa gatal untuk berolahraga, ada banyak cara untuk melakukannya tanpa gym. Coba ikuti latihan YouTube gratis di rumah, berjalan, bersepeda, atau hiking di luar.

Manfaatkan sebagian besar aplikasi pelatihan, atau bergabung dengan klub lari.

7.Minum Latte di Pagi Hari

Seperti makan di luar, minum secangkir latte di pagi hari tak masalah. Asal jangan keseringan.

Daripada mampir ke Starbucks setiap pagi, pertimbangkan investasi di toko kopi atau cari sesuatu yang lebih murah. Ini akan menyelamatkan Anda dalam jangka panjang.

8.TV Kabel

Rata-rata tagihan TV kabel bisa mencapai 100 dollar AS atau sekitar Rp 1 juta sebulan (kurs rupiah Rp 14.200 per 1 dollar AS).

“Itu adalah jumlah besar untuk membayar layanan yang sering tidak dimanfaatkan orang.
Pertimbangkan untuk berhenti berlangganan TV kabel dan cari layanan lain yang lebih murah, seperti Netflix,” saran Pogue.

9.Kotak Kabel dan Modem

Biasanya, bila Anda berlangganan TV kabel, agen penjual juga menyarankan Anda untuk menyewa kotak kabel beserta modemnya.

Daripada menyewa, lebih baik beli sendiri untuk keperluan Anda. Selain harganya lebih murah, Anda dapat memilikinya sepanjang waktu tanpa ada penagihan lagi.

10.Kuota Data Ekstra

Operator seluler biasanya senang bila Anda menjatahkan kuota ekstra setiap bulannya.

“Jika Anda melakukannya, mereka akan menagih biaya berlebih yang tidak masuk akal ke dalam tagihan Anda,” ucap Pogue.

Alih-alih membeli kuota ekstra, install-lah aplikasi pengukur kuota seperti DataMan atau My Data Manger yang akan memantau data dan memperingatkan Anda jika mendekati batas bulanan.

Terakhir, gunakan Wi-Fi kapan pun sebisa Anda. Saat Anda terhubung ke Wi-Fi, data yang Anda gunakan bisa jauh lebih irit.

11.Belanjaan yang Berlebihan

Jangan belanja berlebihan. Sebab, tiap kali Anda membuang bahan makanan yang berlebihan, uang itu akan sia-sia.

Sebelum Anda belanja, pikirkan makanan yang akan Anda buat minggu ini dan tuliskan dengan tepat bahan apa yang Anda butuhkan untuk menyiapkan makanan itu.

Ketika Anda berbelanja ke toko, patuhi daftar bahan makanan yang Anda buat itu.

12.Produk bermerek

Pertimbangkan merek produk untuk beberapa bahan makanan, perlengkapan mandi, atau persediaan hewan peliharaan.

Menurut Pogue, biasanya merk toko 30 persen lebih murah ketimbang merek nasional.

Selain itu, Pogue menyarankan untuk membeli barang yang bisa digunakan untuk keperluan apapun.

Identifikasi juga apa yang Anda butuhkan dan apa yang belum Anda butuhkan.

13.Pembelian Impulsif

Dari toko kelontong hingga department store, pengecer biasanya memiliki cara penipuan agar Anda menghabiskan uang tanpa berpikir, salah satunya dengan penawaran produk-produk menggoda.

Kendalikan diri Anda dalam situasi tersebut dan jangan membeli secara impulsif.

Alih-alih membeli secara impulsif, sisihkan uang Anda untuk tabungan atau rekening pensiun Anda, di mana uang itu dapat tumbuh secara signifikan seiring waktu. (***)

sumber: kompas.com

Editor :