Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

KULINER

Unik! Nih Bumbu Sate Kuah Pontianak Tanpa Kecap Atau Bumbu Kacang Ala Rumahan

Kamis | 04 Juli 2019 | 16:25

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Sama seperti soto, Indonesia juga memiliki beragam jenis sate. Salah satunya Sate Kuah Pontianak. Berbeda dari sate lain, sate yang satu ini terbilang unik.

Bahan utamanya tetap sama, mengandalkan ayam. Bedanya, sate ini disantap bersama dengan kuah. Tidak menggunakan kecap atau bumbu kacang seperti pada umumnya.

Anda yang belum memiliki ide untuk menyiapkan hidangan hari ini bisa membuat Sate Kuah Pontianak untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Dikutip dari Tastemade, berikut resep membuatnya.

Bahan-bahan:

Sisa tulang ayam
1 ltr air
5 siung bawang putih halus
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
¼ btr pala
½ sdt lada
1 btg serai keprek
1 ruas lengkuas
3 lbr daun salam
Garam
Gula pasir

Bahan sate:

6 paha ayam
5 siung bawang putih
1 ruas kunyit
¼ sdt jintan bubuk
½ sdt lada putih bubuk
Garam

Bumbu oles bakar:

3 sdm kecap manis
1 sdm bumbu kacang

Cara membuat:

Bahan kuah, potong dadu daging paha ayam, sisihkan. Gunakan bagian tulangnya. Blender halus bawang putih, jahe, kunyit, pala, dan lada dengan sedikit air. Sisihkan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan tulang ayam dan tambahkan air. Beri gula dan garam. Masak hingga kuah sedikit menyusut. Sisihkan. Sate, blender bawang putih dan kunyit dengan sedikit air hingga halus.

Campurkan daging paha ayam yang sudah dipotong-potong dan bumbu halus bersama jintan, lada putih, dan garam, aduk rata. Simpan di lemari es minimal 1 jam. Campurkan kecap manis, bumbu kacang, dan kaldu ayam, sisihkan. Gunakan sebagai bahan olesan sate. Tusuk-tusuk daging menjadi sate lalu bakar sambil diolesi bumbu hingga matang. Sisihkan.

Sajikan sate bersama lontong, bumbu kacang, taburan bawang merah goreng, irisan daun bawang, siraman kuah kaldu, perasan air jeruk nipis, dan sambal rebus. (***)

sumber: sindonews.com

Editor :