Minggu | 20 Oktober 2019 |
×

Pencarian

UMUM

Mau Bangun Rumah? Nih Tips untuk Menghemat Biayanya

Minggu | 14 Juli 2019 | 11:03

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Biaya untuk membangun rumah minimalis mencapai lebih dari Rp100 juta. Biaya yang tidak mudah dikumpulkan dalam waktu singkat.

Karena itu, saat memutuskan membangun rumah, cobalah untuk menerapkan beberapa tips berikut agar dari segi pembiayaan dapat menekan beberapa pos anggaran dan bisa dilakukan penghematan.

1.Tenaga Kerja Profesional yang Dapat Diajak Negosiasi

Salah satu pos anggaran terbesar dalam membangun sebuah rumah adalah biaya tenaga kerja.

Kalau ada teman atau kerabat yang terbiasa bekerja membangun rumah, seperti mandor dan punya beberapa kenek, Anda dapat menggunakan jasanya. Lobi-lobi siapa tahu bisa dapat harga teman.

2.Pertimbangkan Pilihan Bahan Baku

Hal yang kedua adalah pilihan bahan baku atau material. Dengan mempertimbangkan pemilihan bahan baku, kemungkinan melakukan penghematan bisa saja terjadi. Saat ini semakin banyak material atau bahan baku yang berkualitas dengan harga pantas untuk dipilih dalam membangun sebuah rumah.

3.Lokasi Lahan Pembangunan Rumah

Harga tanah sangat berpengaruh juga pada total keseluruhan biaya. Semakin strategis lokasinya, kemungkinan biaya yang harus disiapkan untuk membeli tanah juga makin besar.

Pilih dengan saksama agar tak menyesal nantinya.

4.Selalu Perhatikan Informasi Terbaru

Membangun rumah dengan konsep minimalis adalah solusi untuk menekan besaran biaya yang harus dikeluarkan.

Namun, tetap saja harus cermat agar tak ada faktor pemborosan sehingga menyebabkan pembengkakan anggaran. Untuk itu, selalu perhatikan informasi terbaru yang ada, baik harga tanah, material, maupun tarif pekerja. Jika kekurangan dana saat membangun rumah, Anda dapat memanfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA).(***)

sumber: republika.co.id

Editor :