Jumat | 15 November 2019 |
×

Pencarian

OTOMOTIF

“Mobil Khusus Angkut Penumpang” Ini Alasan Daihatsu Belum Jual New Tanto di Indonesia

Selasa | 23 Juli 2019 | 20:28

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tangerang – Astra Daihatsu Motor selaku APM merek Daihatsu di Indonesia memajang mobil ikonik Jepang, New Tanto di pameran otomotif bergengsi Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019. Sayangnya New Tanto baru sebatas prototipe.

“Kalau di Jepang animo lumayan cukup besar. Cuman memang kalau di Indonesia, kita masih mau tahu bagaimana animo mobil 600 cc,” kata Executive Coordinator Design Engineering R&D Astra Daihatsu Motor, Sony Satriya kepada Tempo, Selasa, 23 Juli 2019.

Daihatsu Tanto sendiri diketahui sudah berapa kali mejeng di GIIAS. Namun hingga kini mobil yang sudah lama mengaspal di Jepang ini belum juga dibawa ke tanah air. Saat ditanya apakah tahun 2020 mobil ini akan dipasarkan di Indonesia, Sony belum berani memastikan. Dia berdalih Daihatsu masih mempelajari pasar.

“Pokoknya kalau udah resmi, nanti kita update deh,” ucap Sony sembari tertawa.

Sementara itu, salah seorang pengunjung GIIAS, Irawan mengaku sudah lama menanti Daihatsu Tanto. Pria berusia sekira 35 tahun ini mengatakan bahwa setiap tahun dirinya selalu datang ke Booth Daihatsu untuk mempertanyakan apakah Tanto sudah bisa SPK.

“Saya terus terang kesal, setiap tahun datang buat tanya ini tapi belum dijual. Pokoknya kalau harganya di bawah 180 juta atau 150-180 lah. Udah gak tanya lagi, langsung saya inden,”kata Irawan yang berbincang dengan Tempo di area Booth Daihatsu di GIIAS, Selasa, 23 Juli 2019.

Adapun salah satu alasan Irawan sangat mengidamkan mobil ini adalah suasana kabinnya. Dia menilai jika New Tanto punya kabin yang sangat lapang untuk sebuah mobil LCGC. Kata Irawan, mobil ini jauh lebih manusiawi dengan beberapa mobil lain di kelasnya.

“Saya suka kursinya, benar-benar buat manusia dewasa. Maksudnya jauh lebih nyaman. Kursinya juga mampu menopang paha dengan sangat baik,” ujar Irawan sambil menunjukkan beberapa fitur New Tanto berwarna ungu tersebut.

“Mobil ini benar-benar dirancang untuk mengangkut penumpang.”ucap dia.

Sekedar tambahan informasi New Tanto terbaru ini sudah menggunakan desain platform terbaru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang diklaim masih kompatibel untuk 10 tahun ke depan. (***)

sumber: tempo.co

Editor :