PARIWISATA

Pergelaran Seni dan Budaya Oleh Sarinah

Minggu | 04 Agustus 2019 | 18:09

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Di halaman parkir barat gedung Sarinah bertepatan dengan car free day diselenggarakan acara parade seni & budaya dengan tajuk Aku Kamu Cinta Seni Indonesia. Kegiatan ini terselenggara dalam rangka HUT Sarinah ke-57 tahun dan HUT Mitra Seni Indonesia (MSI) ke-12 tahun.

Acara diawali dengan jalan sehat pada pukul 06.00 WIB yang diikuti oleh seribuan lebih peserta yang terdiri dari karyawan Sarinah dan angota MSI bererta keluarga yang ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Menteri Pendidikan & Kebudayaan Muhadjir Effendi, Ketua DPRD DKI Jakarta, Direksi Sarinah, dan Ketua Umum MSI Sari Ramdani.

Di tengah jalan antara Sarinah-HI-Sarinah, peserta parade dan jalan sehat melakukan atraksi di depan kedutaan Jepang, berupa ajakan flashmob, ondel-ondel, tari-tarian dari anggota MSI, dan lain-lain.

Peserta jalan sehat dihibur dengan musik kolintang, Arumba, dan angklung yang semuanya dimainkan oleh anggota MSI yang mengiringi paduan suara dan tari line dance, tidak ketinggalan penampilan angklung dari mang Ujo. Acara dipandu oleh MC Iwet Ramadhan dan Novita Angie.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero), Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa, menyatakan acara ini bertujuan untuk mengajak generasi milenial meningkatkan rasa cinta terhadap seni Indonesia yang sangat beraneka ragam. Rasa cinta kepada seni dan budaya membuat mereka lebih peduli dan menghargai yang akhirnya timbul rasa ingin belajar dan bergabung untuk ikut melestarikan dan mengembangan seni dan budaya Indonesia.

“Sarinah sebagai jendela Indonesia merupakan wadah bagi segenap penggiat indutri kreatif Tanah Air dalam menawarkan karya terbaiknya kepada konsumen, untuk mempromosikan produk kerajinan dan talenta lokal terbaik. Kegiatan ini sejalan dengan kegiatan rutin Sarinah yang selalu mendukung acara yang menampilkan talenta terbaik di Tanah Air dalam bidang seni, baik seni musik, seni kriya dan seni lainnya,” kata dia belum lama ini.

Sekitar 500 peserta berpakaian unik dengan mengenakan kain bernuansa etnik Indonesia mulai dari batik, tenun, hingga sarung dan juga busana nasional yang dirancang dengan berbagai model mewarnai parade ini. Berbagai kalangan masyarakat mulai dari pencinta dan penggiat seni, dan kalangan milenial pun berbaur dalam parade seni dan budaya ini, start dari Sarinah-Bundaran Hotel Indonesia dan kembali ke Sarinah menempuh jarak sekitar lima kilometer.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, yang diwakili oleh Edi Irawan, Plh Direktur Kesenian, menyambut baik prakarsa Mitra Seni Indonesia menyelenggarakan Parade Seni dan Budaya 2019.

Dalam pesannya disampaikan kegiatan ini selain mengutamakan gaya hidup sehat juga mengangkat seni dan budaya Indonesia yang harus dilestarikan dan dikembangkan. Menteri berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara periodik agar nilai-nilai budaya dan kesenian Indonesia tetap lestari.

Sementara itu, Ketua Umum Mitra Seni Indonesia Sari Ramdani berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini masyarakat akan lebih mencintai seni dan budaya Indonesia. “Akhirnya, mau bergabung dengan Mitra Seni Indonesia untuk bersama-sama melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya Indonesia,” tambah Sari Ramdani.

Dalam parade ini juga dilombakan kostum peserta terbaik sehingga diperlukan kreativitas peserta untuk berpakaian sebaik dan semenarik mungkin, dengan tidak melepaskan wastra & nuansa Indonesia. Kepada para pemenang akan diberikan trophy, sertifikat, dan berbagai hadiah menarik lainnya. (***)

sumber:wartaekonomi

Editor :