Minggu | 17 November 2019 |
×

Pencarian

EKONOMI

Menurut Anda Daftar Keluarga Manakah yang Terkaya di Indonesia?

Senin | 05 Agustus 2019 | 18:06

MEDIAKEPRI.CO.ID, Indonesia – Terlahir dari keluarga yang kaya raya tentu menjadi impian bagi setiap orang. Bagaimana tidak, mereka beranggapan hidup sebagai orang yang kaya raya akan dengan mudah mendapatkan apa yang dibutuhkan, semuanya serba berkecukupan.

Di Indonesia, ada sederet keluarga terkaya yang memiliki harta triliunan. Kehidupan kelima keluarga itu selalu bergelimang harta. Melansir data dari Forbes tahun 2018, berikut ini lima keluarga paling kaya di Tanah Air:

1.Keluarga Hartono

Keluarga dari Grup Djarum ini memiliki kekayaan sebesar 35 miliar dolar AS atau sekitar Rp 508 triliun. Sosok paling terkenal dalam keluarga ini adalah R Budi Hartono dan Michael Hartono. Mereka berdua merupakan kakak-beradik yang menduduki posisi pertama sebagai orang terkaya di Indonesia.

2.Keluarga Wonowidjojo

Selanjutnya adalah pemilik Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo. Keluarganya tercatat memiliki kekayaan sebesar 9,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 133 triliun. Ia menempati urutan kedua sebagai orang terkaya se-Indonesia.

Keluarga Wonowidjojo tidak hanya menguasai pasar rokok, keluarga ini juga mengelola perkebunan kelapa sawit melalui Grup Makin. Selain itu, istrinya, Melinda Setyo, yang merupakan pebisnis aktif pernah memiliki 50 persen saham PT Hair Star Indonesia, yaitu perusahaan pabrik rambut palsu.

3.Keluarga Widjaja

Keluarga dari pendiri Sinar Mas Group, yaitu Eka Tjipta Widjaja, memiliki kekayaan sebesar 8,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 124 trilun yang menempatkan dirinya ke urutan ketiga sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Sinar Mas merupakan salah satu perusahaan raksasa di Indonesia yang memiliki enam operasi bisnis di sektor kertas, agribisnis dan pangan, layanan keuangan, pengembang dan real estate, telekomunikasi, serta energi dan infrastruktur.

4.Keluarga Lohia

Di urutan keempat ada keluarga Lohia sebagai keluarga paling kaya di Indoensia. Sri Prakash Lohia yang merupakan salah satu anggota keluarga Lohia merupaka pemilik Indorama Corporation. Ia tercatat memiliki kekayaan sebesar 7,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 108 triliun.

5.Keluarga Salim

Keluarga ini memiliki kekayaan sebesar 5,3 miliar dolar AS atau sebesar Rp 76,9 triliun. Anthoni Salim memiliki lebih dari 50 persen saham Indofood. Anthoni Salim juga merupakan kepala dari Salim Group. Perusahaan ini didirikan oleh Sudono Salim pada tahun 1972.(***)

sumber:republika.co.id

Editor :