Senin | 21 Oktober 2019 |
×

Pencarian

KESEHATAN

Hati-hati Polusi dan Gadget Bisa Picu Penuaan Dini

Selasa | 06 Agustus 2019 | 20:10

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Tanda penuaan akan terlihat seiring bertambahnya usia. Kulit yang mengendur dan berkerut biasanya mulai tampak saat seseorang berusia 30 tahun ke atas. Namun, kini kaum millennial yang berusia 20-an juga bisa mengalami penuaan dini karena gaya hidup yang mereka jalani.

Gadget atau ponsel pintar yang sering digunakan millennial rupanya berperan sebagai salah satu hal yang memicu penuaan dini. Hal itu diungkapkan oleh apoteker yang juga merupakan Head of Product Innovation di klinik kecantikan Erha, Ajeng Setiorini. Ia menyatakan bahwa blue light atau paparan sinar dari gadget hingga laptop jadi pemicu seseorang mengalami penuaan.

“Memang ada penelitian yang menyebutkan bahwa polusi, sinar matahari, dan blue light yang bersumber dari benda-benda elektronik mulai dari smartphone, laptop itu dapat meningkatkan risiko penuaan dan munculnya garis halus atau kerutan pada wajah,” ungkap Ajeng di acara Launching Erha Rejuvenage Age Corrector Series di Platatan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 6 Agustus 2019.

Menurut Ajeng, proses penuaan dimulai di usia 20-an. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gaya hidup hingga pengaruh genetik.

“Usia 23 ke atas mobilitas tinggi dan banyak aktivitas. Terpapar polusi dan sinar matahari. Kalau tak diimbangi gaya hidup sehat dan tidak menjaga kulit penuaan akan semakin cepat terjadi,” ujarnya.

Ada juga faktor lain yang bisa mempercepat proses penuaan, salah satunya berasal dari faktor internal yakni genetik dan tipe kulit. Menurut Ajeng, seseorang dengan jenis kulit kering akan lebih cepat timbul tanda-tanda penuaan seperti kerutan.

“Kulit berminyak biasanya memiliki kelembaban yang lebih tinggi sehingga proses aging lebih lambat daripada kulit kering,” katanya.

Beberapa cara pun bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini yang terjadi pada millennial. Salah satunya adalah dengan mulai menjalani pola hidup yang sehat dan melakukan perawatan kulit yang tepat sejak dini.

“Makanan seperti buah dan sayur untuk membunuh radikal bebas yang didapat dari polusi dan sinar matahari. Skincare yang mengandung antioksidan serta pentingnya menggunakan produk yang ada anti agingnya,” tutur Ajeng. (***)

sumber: detik.com

Editor :