SEPAK BOLA

Fifa Tolak Tanggal Kongres PSSI

Senin | 12 Agustus 2019 | 20:20

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Refrizal menyatakan pihaknya tak mempermasalahkan tanggal kongres PSSI yang ditolak oleh FIFA. Ia menilai, FIFA memililih hak untuk mengambil langkah itu,

“Kalau kami dari Exco sebenarnya tidak ada masalah mau kongres November atau kapan juga, tidak masalah. Kita memang bagian dari FIFA dan menginduk ke FIFA,” kata Refrizal saat dihubungi . Senin 12 Agustus 2019.

Refrizal menyampaikan, komite eksekutif PSSI saat ini belum mengadakan rapat internal terhadap sikap FIFA. Meski demikian, ia membenarkan bahwa hal tersebut akan menjadi salah satu topik yang diangkat dalam rapat Exco.

“Masih suasana hari raya Idul Adha. Belum (ditentukan waktu rapatnya). Apapun keputusannya, insan sepak bola termasuk wartawan olahraga harus kondusif,” ujarnya.

Refrizal mengindikasikan bahwa Exco PSSI tidak akan mengambil sikap yang berlawanan dengan keputusan FIFA. Ia beralasan, penolakan balik terhadap federasi sepak bola tertinggi dunia itu akan berdampak buruk bagi sepak bola nasional.

“Tentu sebagai insan sepak bola, saya kira bermasalah atau tidak, kita nggak akan melawan FIFA. Nanti kasian kepada sepak bola kita, pemain dan orang-orang yang hidup dari industri sepak bola,” ucapnya.

Sebelumnya, FIFA menolak permintaan PSSI untuk memajukan waktu pelaksanaan kongres PSSI. Berdasarkan hasil Kongres Luar Biasa PSSI tanggal 27 Juli 2019 di Ancol, Jakarta, salah satu keputusannya adalah memajukan waktu kongres PSSI dari sebelumnya ditetapkan Februari 2020 menjadi 9 November 2019.

Melalui surat resmi yang ditandatangi oleh Sekjen FIFA, Fatma Samoura, tertanggal 9 Agustus 2019 menyatakan menolak permintaan PSSI. Dalam surat yang ditujukan kepada Sekjen PSSI, Ratu Tisha, FIFA keberatan memajukan waktu kongres PSSI.

“Kami merujuk pada surat Anda yang dikirim melalui e-mail pada 4 Agustus 2019 sehubungan dengan hasil dari Asosiasi Sepak Bola Indonesia. Kongres Luar Biasa Indonesia (PSSI) yang berlangsung pada 27 Juli 2019. Dalam konteks ini, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada PSSI atas sambutan hangat yang diberikan kepada para delegasi FIFA di kesempatan Kongres Luar Biasa PSSI,” demikian keterangan dalam surat tersebut.(***)

sumber: republika.co.id

Editor :