Senin | 23 September 2019 |
×

Pencarian

KESEHATAN

Inilah 4 Dampak Buruk dari Paparan Fluoride Bagi Kesehatan

Sabtu | 17 Agustus 2019 | 14:44

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakrta – Fluoride merupakan salah satu senyawa kimia yang biasa digunakan sebagai salah satu bahan dalam pasta gigi. Kandungan ini diketahui mampu memperkuat gigi namun berbahaya untuk dikonsumsi.

Sayangnya, walau selama ini kita sering menyangka bahwa fluoride terdapat di dalam pasta gigi namun hal ini bisa ditemui pada sejumlah hal lain. Beberapa makanan dan air minum ternyata juga memiliki kandungan fluoride di dalamnya.

Fluoride muncul secara alami pada tanah, air, dan makanan. Selama ini, kandungan fluoride ini biasa digunakan pada produk seperti pasta gigi dan mouthwash.

Kandungan fluoride ini juga bisa ditemui pada pestisida, pupuk, sejumlah obat, dan aluminium. Manfaat kesehatan dari fluoride ini juga diketahui bahwa air mineral yang memiliki senyawa ini mampu mengurangi munculnya karang gigi.

Walau begitu, fluoride sesungguhnya bukanlah hal yang seharusnya boleh dikonsumsi. Ketika seseorang mengonsumsi masalah ini, maka mungkin muncul sejumlah efek buruk pada kesehatan.

Masalah kesehatan yang mungkin terjadi ini melingkupi masalah otak hingga pada tulang. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah efek samping masalah kesehatan yang disebabkan oleh fluoride.

1 Mempengaruhi Perkembangan Otak.
Sebuah penelian mengungkap bahwa fluoride bisa jadi neurotoksin. Diketahui bahwa tingginya tingkat fluoride pada tubuh seseorang memiliki hubungan dengan menurunnya IQ.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2015 menyebut bahwa kandungan pada fluoride ini bisa mempengaruhi pertumbuhan bayi. Paparan fluoride diketahui bisa berujung pada performa kognitif yang buruk di kemudian hari.

2 Masalah Tulang
Walau memiliki manfaat untuk melindungi gigi, peneliti menyebut masalah tulang bisa terjadi karena kandungan ini. Konsumsi 6 mg fluoride tiap har dihubungkan dengan fluorosis tulang yang merupakan penyakit tulang serius yang bisa berujung pada tulang mengeras dan menebal.

3 Masalah Tiroid
Sebuah penelitian menyebut bahwa fluoride bisa mencederai fungsi tiroid. Peneliti menyebut bahwa mineral dapat memicu radang tiroid dan penyakit autoimun tiroid.

4 Masalah Kanker dan Kesuburan.
Selain masalah tulang dan otak, paparan fluoride juga bisa menimbulkan masalah lain pada diri seseorang. Diketahui bahwa mungkin terjadi peningkatan risiko mengalami kanker dan ketidaksuburan pada pria.

Untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh fluoride ini, terdapat sejumlah vitamin dan mineral yang bisa kamu konsumsi. Mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan memiliki tingkat kalsium, vitamin D, dan magnesium bisa membantu menjaga kesehatan tulang.(***)

sumber: merdeka.com

Editor :