Rabu | 13 November 2019 |
×

Pencarian

SELULER

Xiaomi, Oppo, dan Vivo Kolaborasi Kembangkan Aplikasi ala Air Drop

Senin | 19 Agustus 2019 | 18:23

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Tiga vendor smartphone besar asal Tiongkok, Xiaomi, Oppo, dan Vivo, kini sedang mengembangkan platform tranfer file nirkabel yang bisa digunakan antar perangkat.

Melansir Tjhe Verge, ketiga OS mereka, yakni MIUI, ColorOS, dan FuntouchOS, semua akan terintegrasi secara peer-to-peer untuk sama-sama bisa melakukan transfer file secara langsung.

Protokol ini, serupa dengan Air Drop di deretan gadget Apple, akan berbasis Bluetooth dan Wifi dengan kecepatan transfer hingga 20MB per detiknya.

Disebut pula, ketiga trio ini akan mempersilakan jika vendor lain ingin bergabung.

Aplikasi ini sendiri diprediksi akan berhasil mengingat ketiganya jika digabung memiliki 49 persen pangsa pasar di Tiongkok. Belum menghitung di negara-negara lain seperti India, Indonesia, Vietnam, dan banyak negara berkembang lainnya.

Google Pernah Mencoba

Sebelumnya, Google pernah mencoba untuk memperkenalkan aplikasi semacam Air Drop ini untuk digunakan di Android.

Dulu, layanan yang bernama Android Beam ini diluncurkan bersamaan dengan Android 4.0. Beam dapat melakukan transfer berbasis NFC dan mengandalkan pairing perangkat.

Aplikasi ini dihapus di Android Q. Sebagai gantinya, Google menyematkan kemampuan transfer nirkabel di salah satu aplikasinya yakni Files by Google, dan Fast Share. (***)

sumber: merdeka.com

Editor :