Senin | 16 September 2019 |
×

Pencarian

OTOMOTIF

Hyundai Keluarkan Mobil Listrik dengan Gaya Retro Klasik

Jumat | 23 Agustus 2019 | 19:49

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Hyundai melepas gambar penggoda mobil listrik mereka. Menariknya, meski berupa siluet, terlihat mobil listrik itu punya desain ‘futuristik jadul’ seperti rilisan 1970-an. Mobil yang kabarnya masih berupa konsep itu, dipamerkan di IAA Frankfurt Motor Show bulan depan.

Inspirasinya jelas bak mobil masa depan yang dirilis 40 tahun silam. Katanya, desain itu mengacu pada produk rilisan awal manufaktur saat merintis di dunia otomotif. Disebut dengan mobil listrik konsep 45. Bisa dilihat dari gambar teaser, ada angka 45 digital yang muncul di bagian bawah. Oh ya, foto teaser itu menampilkan bagian buritan, bukan wajah dari konsep 45. Angka 45 merujuk pada tahun setelah debut model pertama Hyundai Pony di Turin Motor Show 1974.

Sedang estetika, banyak lekukan tajam pada bodi. Ketimbang hatchback 5-pintu, konsep 45 punya aura mirip sedan coupe sport yang kaku pada era 1970 – 1980-an. Ya, mirip yang ditawarkan mobil konsep Pony Coupe kala itu. Sayang Pony Coupe tak terwujud. Malah rumornya, ide bentuk dari Pony Coupe menjadi DeLorean DMC-12 yang sangat terkenal.

Dari foto, terlihat tulisan Hyundai bersanding dengan lampu sebelah kanan. Desain dan posisinya mirip dengan yang ditawarkan oleh Hyundai Pony jadul. Sedang bentuk lampu belakang juga unik. Menggunakan LED dengan banyak titik, membentuk seperti huruf W, dengan efek piksel seperti gaya retro futuristik dari video game 8-Bit. Saat baru dinyalakan, panel LED yang aslinya panjang itu menyala seluruhnya. Baru kemudian membentuk lampu belakang.

Berdasar pernyataan Hyundai yang dirilis, konsep baru itu menunjukkan arah desain masa depan, sambil tetap mengeksplorasi evolusi bahasa desain Sensuous Sportiness. Kata Sensuous diartikan sebagai peningkatan nilai emosi yang bisa dirasakan pelanggan dari segi desain. Sedang Sportiness mengimplementasikan nilai melalui solusi canggih mobilisasi.

Konsep 45 dari Hyundai bakal jadi pusat sorotan pada kampanye mobil listrik manufaktur yang disebut Style Set Free. Sambil menunggu produk mobil listrik Hyundai baru pada 2021, kampanye Style Set Free menggambarkan interaksi dengan produk elektrifikasi. Pemasarannya sudah melewati ranah industri otomotif untuk kampanye itu. Tujuannya, produk elektrifikasi bisa lebih banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat.

Mobil konsep listrik Hyundai 45 dipamerkan mulai 10 September pada Frankfurt Motor Show 2019. Belum ada informasi waktu soal perwujudan produksinya. Sebagai informasi tambahan, pabrikan otomotif Korea Selatan itu sudah punya dua mobil listrik. Ada Ioniq Electric dan yang terbaru Kona Electric. Rencananya, produk baru berjantung elektrik dari Hyundai lahir 2021. (***)

sumber : oto.com

Editor :