Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

APLIKASI

Aplikasi Pesan Instan Apa Saja yang Diklaim Paling Aman?

Jumat | 30 Agustus 2019 | 20:14

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Banyak media yang bisa digunakan untuk mengirim pesan berbasis teks kepada orang lain. Opsinya tidak terbatas, seperti iMessage, Slack, Instagram, WhatsApp, Skype, Snapchat.

Namun, sulit menjamin bahwa tidak ada orang lain yang akan menguping saat kita membisikkan pesan pada orang lain. Pasalnya, enkripsi end-to-end diperlukan. Kemanan itu bekerja dengan memberikan setiap pengguna aplikasi kunci publik dan kunci pribadi.

Dilansir di Engadget.com, aplikasi olah pesan mungkin memiliki fitur keamanan, seperti kemampuan mengatur pesan untuk dihancurkan sendiri. Bahkan, fitur lain memungkinkan Anda mengirim pesan secara anonim. Berikut adalah aplikasi yang diklaim memiliki enkripsi paling aman.

Facebook Messenger

Facebook Messenger memiliki 1,3 miliar pengguna pada hitungan terakhir. Namun percakapan tidak dienkripsi end-to-end secara default. Untuk itu, Anda harus masuk ke percakapan rahasia, opsi yang hanya ada di aplikasi iOS dan Android bukan di browser. Obrolan itu tidak hanya dienkripsi dengan protokol standar industri Signal, tetapi juga dapat diatur untuk dihancurkan sendiri.

WhatsApp

WhatsApp memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna. WhatsApp juga menggunakan metode Signal untuk enkripsi ujung ke ujung, artinya Facebook tidak dapat mengakses konten pesan Anda, terlepas dari bagaimana perjanjian penggunanya mungkin direvisi di masa depan. WhatsApp juga mengatakan tidak menyimpan pesan pengguna di servernya. Namun, jika pengguna memilih untuk mencadangkan riwayat obrolan mereka dari dalam aplikasi ke iCloud atau Google Drive, maka bisa rentan jika platform tersebut dilanggar.

Telegram

Aplikasi olah pesan yang berfokus pada keamanan ini, ada sejak 2013, dengan sekitar 200 juta pengguna aktif hingga 2018. Aplikasi itu berisi opsi untuk menghancurkan sendiri pesan, membatalkan pengirimannya, atau bahkan secara surut menghapus seluruh obrolan (baik di sisi Anda dan penerima). Namun, enkripsi ujung ke ujung tidak diaktifkan secara default. Untuk mendapatkannya, Anda harus menggunakan obrolan rahasia.

Signal

Selain mengembangkan tolok ukur protokol enkripsi ujung ke ujung, Signal pada umumnya adalah pilihan privasi untuk aplikasi perpesanan yang paling aman. Obrolan sepenuhnya terenkripsi secara default, seperti halnya metadata seperti yang Anda ajak bicara. Pesan dapat diatur ke penghancuran diri dan dapat dikirim secara anonim. Pendiri Signal menyebutkan, layanan Signal dirancang untuk meminimalkan data yang kami simpan. (***)

sumber : republika.co.id

Editor :