Senin | 23 September 2019 |
×

Pencarian

RAGAM

Listrik Mati Massal Bulan Depan, Apakah Penghuni Apartemen Juga Dapat?

Jumat | 30 Agustus 2019 | 21:43

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – PT PLN (Persero) akan memberikan kompensasi atas insiden listrik padam massal Minggu 4 Agustus 2019. Kompensasi diberikan pada September. Lantas bagaimana dengan pelanggan PLN yang tinggal di apartemen? Apakah mereka juga mendapat kompensasi?

Penghuni apartemen ini biasanya bukan pelanggan langsung dari PLN, di mana mereka membayar kebutuhan listrik ke pihak pengelola apartemen. Jadi masalah kompensasi ke mereka tergantung perjanjian antar penghuni apartemen dan pengelolanya.

“Nah nanti gimana penghuninya, tentunya selama ini adakah perjanjian antara penghuni apartemen dengan pengelola apartemen,” kata Vice President Public Relation PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Dwi Suryo Abdullah dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (30 Agustus 2019).

Dwi menjelaskan, untuk sebuah apartemen biasanya PLN hanya bertransaksi dengan satu ID pelanggan, dalam hal ini adalah pengelola apartemen. Jadi entah apartemen itu punya 100 kamar sekalipun, yang terhitung sebagai pelanggan PLN hanya satu.

“Jadi tentunya PLN hanya mengkompensasi kepada satu pelanggan dengan ID pelanggan apartemen tersebut,” jelasnya.

Sebagai informasi, kompensasi yang akan diberikan PLN sebesar 35% dari rekening minimum atau biaya beban untuk konsumen golongan tariff adjustment, dan sebesar 20% dari rekening minimum atau biaya beban untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik (non adjustment). Nilai total kompensasi yang akan diberikan sejumlah 865 miliar.

Kompensasi tersebut akan diberlakukan pada pemakaian energi listrik Agustus yang akan dibayar di bulan September. Untuk pelanggan pasca bayar, kompensasi akan diberikan dalam bentuk pengurangan tagihan. Sedangkan untuk pelanggan prabayar, kompensasi akan diberikan dalam bentuk tambahan token saat pembelian. (***)

sumber : detik.com

Editor :