Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

SERBA SERBI

Wushu Bakalan Dipertandingkan di PON XX/2020 Papua

Selasa | 03 September 2019 | 17:43

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jawa Barat – PENGURUS Provinsi (Pengprov) Wushu Indonesia Jawa Barat memastikan jika cabang olahraga (cabor) wushu akan tetap dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 Papua.

Seperti diketahui pada Senin (26 Agustus 2019) lalu, Gubernur Papua, Lukas Enembe bersama Presiden RI, Joko Widodo serta Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi telah melakukan rapat terbatas (Ratas) dengan pembahasan “Persiapan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional dan Peparnas Tahun 2020 di Provinsi Papua”.

Pada hari selanjutnya, Menpora RI telah meengumumkan bahwa ajang PON XX/2020 Papua akan mempertandingkan sebanyak 37 cabor dari sebelumnya 47 cabor. Keputusan tersebut dihasilkan setelah pihaknya melakukan rasionalisasi cabor dan jumlah pertandingan.

“Wushu saya kira tidak mungkin dicoret, apa lagikan sekarang cabang olahraga wushu dipertandingkan sampai level Asian Games. Saya baru dengar malah dan yang saya tau dari 10 yang diputuskan, wushu tidak di dalamnya,” Kata Ketua Umum Pengprov Whusu Indonesia Jawa Barat, Edwin Sanjaya saat dijumpai di Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Selasa (3 September 2019)

Selain itu, ia menilai, bahwa Papua telah mempersiapkan para atlet yang konsen di cabang-cabang olahraga bela diri, termasuk wushu. “Yang saya tau Papua itu memiliki atlet-atlet yang mempersiapkan diri di cabang olahraga beladiri, karena kan di wushu ada nomor sanda. Saya tahu persis bahwa mereka sudah mempersiapkan itu,” tegasnya.

Membahas mengenai atlet yang sudah dipastikan masuk kedalam tim Pelatda di antaranya Yudhi Cahyadi, Iman Lesmana, Selviah Pertiwi, dan Gugum Gusman. Ditambah beberapa atlet junior lainnya.

“Yang sudah masuk itu seperti Yudhi, Iman, Gugum, Selvi mereka tim wushu. Lalu ada Bayu, Reksa meskipun mereka atlet junior, tapi kita harus memberikan kesempatan bagi mereka untuk tampil. Sehingga kita persiapkan sejak jauh-jauh hari,” jelasnya.

Untuk mempersiapkan para atlet wushu Jawa Barat, Edwin telah mengikutsertakan mereka ke ajang Duel-6/2019 yang baru saja selesai digelar beberapa hari kemarin. Di Duel-6/2019, para atlet ini berhasil memenangkan pertandingan saat menghadapi lawan dari Taiwan dan Malaysia. Bahkan 4 dari atlet andalan Jabar ini mampu menang ‘KO’, yakni Iman Lesmana.

“Event Duel kemarin adalah salah satu ajang pemanasan bagi atlet wushu, dan Duel-6 saya nilai sangat membantu meningkatkan mental bertanding serta endurance. Meskipun akan sangat berbeda nanti saat tampil di wushu,” pungkasnya. (***)

sumber : galamedianews.com

Editor :