Jumat | 15 November 2019 |
×

Pencarian

HEADLINE

Konsumen di China Menjadi Sasaran Kosmetik Indonesia

Kamis | 05 September 2019 | 22:18

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Industri kosmetik terus berkembang seiring dengan banyaknya pengguna kosmetik. Tak hanya berhasil di Tanah Air, produk kosmetik Indonesia Mustika Ratu akan menyasar pasar China.

“Kalau China berbeda dengan Korea ada merek lokal yang sangat kuat. China kosmetik belum punya merek lokal yang kuat. Sementara orang China sangat ingin dapat produk berkualitas. Karena daya beli meningkat, tapi ada semacam kekhawatiran. Mereka berbeda, mereka tidak selalu mengganggap produk lokal terbaik. Mereka sangat terbuka produk dari luar,” ujar Chief Executive Officer of Mustika Ratu, Bingar Egidius Situmorang, di sela konferensi pers Peluncuran Kolaborasi Lazada x Tmall x Mustika Ratu di Jakarta.

Menurutnya, Indonesia memiliki nilai lebih di mata orang China. Mereka sangat percaya kalau produk Indonesia terjamin.

“Jadi itu salah satu selling point kita Indonesia jaga kualitas ketat. Itu yang mau digarap. Itu yang mau kita bawa,” ujarnya.

Saat ini, ia mengungkapkan Indonesia telah membawa produk makanan terutama permen ke Cina. Bahkan permen rasa kopi dari Indonesia ini menjadi pemimpin pasar di sana. Sementara produk kosmetik belum ada.

“Banyak produk Tmall (toko daring di China) dari Jepang. Indonesia hanya makanan khususnya permen. Mustika Ratu, kosmetik yang pertama masuk Tmall dari Indoensia,” ungkapnya.

Konsumen China, lanjutnya, sangat peduli terhadap keamanan produk. Segmen pasar di sana terutama yang menengah ke atas daya belinya tinggi, lebih tinggi dari Indonesia. “Buat mereka kualitas dan kesehatan sangat penting,” ujarnya.

Karena itulah, Mustika Ratu memasuki pasar China melalui flagship store di Tmall Global pada akhir 2019. Mustika Ratu pun didukung oleh Lazada Indonesia dan Tmall Global, platform belanja daring lintas batas terbesar di China milik Alibaba Group.

Dalam kerja sama percontohan ini, Lazada dan Tmall Global akan mendukung Mustika Ratu dengan proses yang ringkas, bantuan untuk membangun flagship store daring di Tmall Global, dukungan dalam proses on-boarding, akses ke berbagai solusi perdagangan di ekosistem Alibaba dan berbagai panduan lain untuk mengoptimalisasi operasional mereka setelah flagship store daring di Tmall Global terbentuk. Tujuan adalah agar para konsumen Tmall Global bisa mengakses beragam produk kesehatan dan kecantikan alami Mustika Ratu.

Chun Li, Co-President Lazada Group dan CEO Lazada Indonesia, mengatakan mereka sangat senang bisa bekerja sama dengan Mustika Ratu, perusahaan kesehatan dan kecantikan terkemuka di Indonesia, untuk mendukung upaya memperluas jangkauan pasar mereka.

“Kerja sama ini menunjukkan komitmen kami untuk memberdayakan dan mengakselerasi kemajuan pelaku usaha dan banyak bjenama asli Indonesia dalam upaya mereka memanfaatkan meningkatnya permintaan konsumen China akan produk-produk impor berkualitas,” ujarnya di sela konferensi pers di Jakarta belum lama ini.

Lazada adalah platform bagi banyak jenama asli lokal melalui LazMall platform. Ke depannya, dengan model kerja sama ini, Lazada sebagai mitra resmi Tmall Global di Indonesia akan membantu mengkurasi banyak jenama di platform LazMall yang ingin memperluas jangkauannya ke China melalui flagship store di Tmall Global.

Deputy General Manager of Tmall Global, Qian Yi, mengatakan mal daring memudahkan cara berbisnis bagi semua pelaku usaha. Kemitraan ini bertujuan memberikan Mustika Ratu kesempatan mempromosikan dan menghubungkan penawaran-penawaran terbaiknya ke konsumen China.

Tmall Global juga memungkinkan pemilik produk mendapatan masukan tentang apa yang dibutuhkan konsumen di China. Semua bisa dilakukan tanpa harus memiliki kantor operasional fisik di China.

“Kami ingin bisa bekerja sama dan mendukung lebih banyak jenama Indonesia untuk mendapatkan manfaat dari perdagangan lintas batas di era digital dan secara jangka panjang membangun kedekatan jenama dengan konsumen China,” tambah Qian Yi.

Selain Cina, prodik Mustika Ratu sudas ada di berbagai negara. Seperti Malaysia, Arab, Irak dan Kanada. (***)

sumber : republika.co.id

Editor :