Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

TIPS SEHAT

Bersepeda Merupakan Salah Satu Bentuk Latihan Aerobik

Minggu | 08 September 2019 | 21:07

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Bersepeda bukan hanya kegiatan rekreasi, tetapi merupakan bentuk latihan aerobik yang sangat baik, utamanya bagi mereka yang ingin tetap sehat. Bersepeda juga jadi pilihan tepat untuk menurunkan berat badan atau mengencangkan otot.

Bahkan, mengendarai sepeda bisa meningkatkan suasana hati dan memberi energi. Tentu saja, ketika Anda mengendarai sepeda untuk menjadi bugar, Anda harus konsisten dan harus menempuh jarak yang cukup. Lalu, berapa jarak yang harus dilakukan untuk tetap bugar? Berikut ulasannya :

1.Tujuan
Hal pertama yang harus dilakukan saat bersepada adalah tujuan. Ini akan membantu Anda untuk tetap fokus dan energik. Tetapkan tujuan kecil dan realistis. Jika tujuan Anda hanya tetap bugar, maka Anda tidak perlu banyak mengayuh setiap hari.

Aturan dasarnya adalah bersepeda untuk jarak pendek, tetapi teratur. Para ahli menyarankan bahwa sesi pelatihan singkat yang sering lebih efektif daripada sesi panjang yang jarang.

2.Waktu
Orang dewasa berusia antara 18 hingga 64 tahun harus melakukan aktivitas fisik dalam intensitas sedang selama dua setengah tahun atau setiap minggu agar tetap bugar. Tetapi jika Anda bersepeda, maka Anda harus melakukannya setidaknya 30 hingga 45 menit setiap hari.

3.Pilihan sesi latihan bersepeda
Jika tujuan Anda adalah tetap fit, maka lakukan bersepeda selama 60 menit dan lebih banyak lagi. Ini akan membantu meningkatkan daya tahan. Naik dengan kecepatan lambat sehingga pernapasan Anda dalam, ritmis, dan teratur. Untuk sesi ini, selalu pertahankan medan yang rata.

Berfokuslah pada mengendarai dan beristirahat selama beberapa menit di antara minum air dan makan sesuatu. Perjalanan ini akan melatih tubuh Anda untuk membakar bahan bakar secara efisien dan akan membantu mempertahankan postur tubuh yang baik.

Hilly Ride selama 30 hingga 60 menit

Naik di medan berbukit bisa jadi sulit, jadi jalan lambat. Mengayuh dengan kecepatan normal selama sepuluh menit (untuk pemanasan) dan kemudian naik dengan kecepatan cepat selama lima menit. Saat melakukan sesi ini, Anda harus bernapas dalam-dalam dan hanya bisa mengucapkan satu atau dua kata.

Waktu pemulihan Anda harus satu menit dan kemudian ulangi lagi. Cobalah mengendarai sepeda dengan langkah cepat setidaknya selama 20 menit. Wahana semacam itu akan membantu meningkatkan efisiensi otot Anda.

Hard Ride selama 30-60 menit
Bersepeda dengan langkah cepat dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan bahkan baik untuk jantung. Selama sesi ini Anda harus mengayuh pedal keras, tetapi untuk interval waktu singkat. Mulailah dengan sesi pemanasan sepuluh menit dan kemudian naik sepeda dengan langkah cepat selama lima menit, diikuti oleh 30 detik waktu pemulihan. Mengayuh pedal dengan mudah selama lima menit dan kemudian ulangi. (***)

sumber : sindonews.com

Editor :