Rabu | 20 November 2019 |
×

Pencarian

RAGAM

Clean Up Jakarta Day: Gotong Royong Mengatasi Masalah Sampah Jakarta

Senin | 09 September 2019 | 21:23

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Indonesia Expat menyelenggarakan Clean Up Jakarta Day di sejumlah lokasi di kota Jakarta pada Minggu, 25 Agustus.

Clean Up Jakarta Day merupakan aksi peduli lingkungan dengan mengajak seluruh masyarakat di ibukota untuk melakukan gotong royong dengan semangat Jakarta yang lebih bersih.

Clean Up Jakarta Day merupakan aksi peduli lingkungan dengan mengajak seluruh masyarakat di ibukota untuk melakukan gotong royong dengan semangat Jakarta yang lebih bersih.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran bahwa sudah menjadi kewajban kita bersama untuk menjaga kebersihan kota yang kita tinggali, tempat dimana kita melakukan aktivitas sehari-hari.

Clean Up Jakarta Day secara serentak dilaksanakan di 55 clean up sites atau lokasi aksi bersih-bersih yang tersebar di berbagai daerah di Jakarta.

“Ada 10.000 orang yang telah mendaftar langsung ke kami. Ini belum termasuk mereka yang mendaftarkan diri lewat pemerintah Kota,” ungkap Destania Ika Putri, kordinator Clean Up Jakarta Day 2019.

Mereka yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari berbagai latar belakang, dimulai dari sekolah, komunitas, organisasi, perusahaan, kedutaan besar negara sahabat, hingga individu.

Berbagai kampanye peduli lingkungan telah dilakukan melalui media sosial untuk mengajak berbagai kalangan untuk andil dalam kegiatan aksi bersih-bersih kota Jakarta ini.

Tahun ini adalah ketujuh kalinya Indonesia Expat menyelenggarakan Clean Up Jakarta Day. Destania mengatakan bahwa yang membedakan penyelenggaraan CUJD kali ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya adalah adanya kerja sama dengan recycling company untuk mengelola sampah-sampah yang nantinya terkumpul.

Destania juga mengaku tantangan yang dihadapi dalam mempersiapkan CUJD adalah upaya untuk menyentuh masyarakat level rumah tangga untuk memilah sampah langsung dari sumbernya.

Harapannya, di masa yang akan datang, aksi ini bisa langsung bersentuhan dengan ibu rumah tangga dalam sosialisasi pengelolaan sampah.

Setelah pelaksanaan Clean Up Jakarta Day 2019, langkah selanjutnya adalah mendidik dan menanamkan rasa optimis terhadap masyarakat.

Mereka harus dapat menerapkan keterampilan yang mereka peroleh saat CUJD pada aktivitas sehari-hari.

Tidak ada cara untuk mengurangi volume sampah di kota tanpa dimulai dari diri sendiri.

Indonesia Expat juga ingin menyampaikan apresiasi kepada sponsor utama CUJD 2019 yakni Marque dan Aqua.

Kegiatan ini juga didukung oleh Pemerintah Kota DKI Jakarta, Dinas Liingkungan Hidup, Grand Whiz, VERY, Santa Fe, dan Abu&Co.

Selain itu, acara ini juga dapat dipublikasikan dengan baik berkat dukungan Kumparan, MEDIAKEPRI.CO.ID, Intisari, National Geographic, Saya Pilih Bumi, CNN, Media Informasi, Nawala Karsa, Hai, and What’s New Jakarta

sumber bisnis.com

Editor :