Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

RAGAM

Surat Jokowi untuk DPR Mengenai Revisi Batas Minimal Menikah Anak

Senin | 09 September 2019 | 14:29

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyurati DPR untuk segera merevisi UU Perkawinan terkait batas minimal menikah jadi 19 tahun. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yambise berharap DPR periode sekarang segera merevisi sebelum habis periode pada 30 September 2019.

“Pemerintah merasa gembira sekali karena akhirnya kami sudah mendapatkan surat Presiden tanggal 6 September 2019 tentang Rancangan UU tentang Perubahan atas UU Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan.

Dengan adanya surat presiden ini, maka mendorong kami, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk menyampaikan kepada para media, termasuk kepada masyarakat, juga kepada pihak DPR sehingga mendorong DPR secepatnya mensahkan revisi Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974,” kata Yohanna kepada wartawan di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 15, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2019.

Saat ini, batas minimal menikah yaitu 19 tahun untuk laki-laki dan 16 tahun untuk perempuan. Dalam draft revisi itu, batas usia minimal akan disamakan yaitu sama-sama 19 tahun.

“Adapun dasar daria pada acuan yang kita pakai adalah bahwa negara harus menjamin hak anak, termasuk perlindungan anak dari praktik perkawinan anak. Perkawinan anak merupakan pelanggaran hak anak,” ujar Yohana. (***)

sumber: detik.com

Editor :