Selasa | 22 Oktober 2019 |
×

Pencarian

PANORAMA

Dulu Kena Tsunami Aceh Sekarang Jadi Tempat Nikmati Senja & Kopi

Jumat | 04 Oktober 2019 | 15:59

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lhoknga – Terletak di ujung Pulau Sumatera, Aceh memiliki garis pantai yang sangat panjang. Hampir setiap pantai di Aceh ini memiliki pesona yang menawan. Salah satu yang sedang hangat dibicarakan adalah, Pantai Babah Kuala, Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar.

Meski menjadi daerah dampak tsunami terparah 15 tahun lalu, Pantai Babah Kuala kini kembali bangkit menjadi objek wisata bagi para pecinta senja maupun penikmat kopi di pesisir pantai.

Potensi inilah yang menjadi dasar bagi kami bangkit mengelola kembali pantai ini menjadi tempat wisata. Itu untuk meningkatkan kembali perekonomian warga,” ujarnya beberapa hari yang lalu.

“Pada awal 2015 hingga 2016 kita mulai pengelolaan wisata pantai ini. Pertama yang kita buat adalah dari sisi parkir, BUMG (Badan Usaha Milik Gampong) ini hadir dalam mengelola parkir untuk kepentingan warga di pesisir pantai,” sebutnya.

Muchsin selaku Bendahara Desa Mon Ikeun juga menuturkan di tahun 2020 desanya akan memfokuskan kembali dengan menghadirkan sejumlah inovasi untuk meningkatkan potensi wisata ini.

“Kita rencanakan ke depan di tahun 2020 ini BUMG atau BUMDes akan menghadirkan toko serba ada. Nantinya toko ini akan hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pegiat wisata, atau pemilik kafe-safe yang ada di sekitar pantai,” jelasnya.

Apalagi tepat di pesisir pantai itu juga terdapat penyedia kuliner hingga coffeshop. Sehingga keindahan senja sore hari dengan wangi khas kopi aceh akan terpadu sangat baik. Tak hanya itu, untuk menikmati kehidupan khas Aceh tersedia juga penginapan sejenis homestay yang di kelola oleh masyarakat dengan berkonsep wisata sosial dan budaya. (***)

sumber : detik.com

Editor :