Senin | 24 Februari 2020 |
×

Pencarian

UMUM

Manulife Aset Manajemen Indonesia

Kamis | 24 Oktober 2019 | 22:59

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pelantikan presiden dan pengumuman kabinet pada pekan ini diharapkan dapat menarik kembali minat investor asing untuk masuk ke Indonesia.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, investor asing masih mencatatkan aksi jual bersih (net sell) sebesar Rp231,73 miliar di sepanjang perdagangan Rabu 23 Oktober 2019.

“Kalau kami melihat stabilitas internal dalam negeri membaik, new line up kabinet harusnya membuat lebih confident. Sell off lebih banyak karena banyak investor yang yakin bahwa 2020 itu ekonomi slow down, resesi, dsb. Bahwa itu kekhawatiran terhadap Indonesia, sepertinya tidak,” tutur Legowo, Rabu 23 Oktober 2019.

Legowo menunjukkan bahwa bursa AS dan Eropa telah naik lebih kencang ketimbang bursa Asia dan negara berkembang (emerging market) sejauh ini. Hal itu memperlihatkan bahwa bursa yang dimotori oleh AS semakin kuat sementara bursa negara berkembang, termasuk Indonesia, jauh tertinggal.

Adapun, kepastian terjadinya perlambatan ekonomi dunia maupun resesi pada tahun depan dinilai Legowo akan tergantung dengan kesepakatan-kesepakatan kecil yang dapat dicapai oleh AS dan China mengenai hubungan dagang kedua negara. Namun, dirinya pesimistis dua ekonomi terbesar di dunia itu bakal dapat mencapai kesepakatan apapun.

Sementara itu, Legowo memperkirakan pemangkasan suku bunga dari Bank Indonesia akan menjadi katalis positif bagi pergerakan indeks. Investor yang khawatir dengan volatilitas pasar pun disarankan untuk masuk ke aset pendapatan tetap, baik di reksa dana maupun langsung mengakumulasikan obligasi.

Sementara itu, untuk investor dengan profil investasi jangka panjang tetap disarankan masuk ke saham karena posisi saat ini dinilai sangat menarik. “Kami setiap kali mengubah proyeksi, kami sudah sesuaikan [IHSG] dari 6.700 ke 6.600, sekarang sulit memperkirakannya,” imbuh Legowo. Ke 6.600, sekarang sulit memperkirakannya,” imbuh Legowo. (***)

sumber : bisnis.com

Editor :