Rabu | 29 Januari 2020 |
×

Pencarian

MEDIS

Jangan Anggap Remeh, Gondongan Bisa Membuat Pria Jadi Mandul

Jumat | 06 Desember 2019 | 10:52

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Penyakit gondongan yang menyebabkan pembengkakan kelenjar sering dianggap remeh. Padahal menurut dokter penyakit oleh infeksi virus harus diwaspadai, terutama pada anak laki-laki, karena bisa berpengaruh pada kesuburannya di masa mendatang.

Infeksi yang terjadi akibat gondongan dapat menimbulkan komplikasi pada berbagai organ dan dalam dunia kedokteran dikenal sebagai parotitis atau mumps, yaitu adanya radang di kelenjar ludah. Hanya saja yang perlu diketahui kadang gondongan tak hanya bisa membuat radang di kelenjar ludah melainkan juga testis.

“Jadi gondongan itu berasal dari virus. Virus itu bisa menginfeksi ke testis (tempat produksi sperma) juga, sehingga merusak fungsi testisnya,” kata dokter ahli kandungan dr Irham Suheimi, SpOG, saat ditemui detikcom dan ditulis pada Jumat, 6 Desember 2019.

dr Irham mengatakan bahwa umumnya penyakit gondongan kerap menginfeksi pada anak-anak, dan perlu ditangani dengan cepat. Bila tak ditangani dengan baik dampak penyakit gondongan bisa tetap terasa sampai dewasa.

“Emang rata-rata gondongan itu pas kecil (anak-anak), jadi diusahakan infeksinya jangan sampai terlalu berat. Kalaupun kena, cepat ke dokter,” ucap dr Irham.

“Infeksi di testisnya sehingga rusak (sperma) dia. Sperma itu diproduksi di testis. Jadi, kalau testisnya rusak, pabriknya rusak, maka kualitas sperma yang dihasilkan juga akan menurun,” pungkasnya. (***)

sumber: detik.com

Editor :