Senin | 24 Februari 2020 |
×

Pencarian

KULINER

Mau Tau Bumbu dan Rempah yang Cocok untuk Seafood Bakar?

Sabtu | 11 Januari 2020 | 9:40

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Secara alami, seafood sudah mengandung rasa umami yang alami sehingga bahan makanan ini tidak perlu dibumbui dengan rempah yang bermacam-macam. Pasalnya, terlalu banyak bumbu, justru akan membuat rasa gurih alami seafood menjadi hilang.

Seperti diketahui, seafood bisa dimasak dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara grill atau bakar. Cara memasak dengan dibakar membuat rasa alami seafood semakin lezat.

Bumbu-bumbu dan rempah-rempah yang digunakan juga tidak harus digunakan sekaligus. Anda bisa mengkombinasikan bumbu dan rempah-rempah sesuai selera. Yang terpenting, bumbu dan rempah yang digunakan tidak menutupi rasa alami seafood.

Lalu, bumbu apa saja yang baiknnya digunakan untuk seafood bakar agar hasilnya maksimal? Seperti dikutip Endeustv, berikut beberapa bumbu dan rempah yang cocok untuk seafood bakar.

1.Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu rempah yang cocok digunakan untuk seafood. Aroma bawang putih yang khas membantu mengurangi rasa amis seafood. Selain itu, rasa bawang putih yang gurih membuat rasa seafood semakin kuat. Bawang putih bisa digunakan dengan cara dicincang atau dihaluskan. Campurkan bawang putih dalam bumbu marinasi seafood agar rasa dan aromanya lebih sedap.

2.Rempah Kering

Rempah-rempah daun kering seperti oregano, thyme, rosemary, tarragon, dan sejenisnya termasuk dalam kategori rempah aromatik. Rempah-rempah ini membantu mengurangi bau amis pada seafood. Selain itu, rempah kering juga memberikan tambahan aroma dan rasa gurih pada seafood. Anda bisa menggunakan rempah dedaunan dalam keadaan kering ataupun menggunakan yang segar. Rempah kering ini bisa digunakan sebagai bahan marinasi ataupun ditaburkan ketika memanggang seafood.

3.Jeruk Nipis dan Lemon

Memanggang seafood rasanya tidak lengkap tanpa jeruk nipis atau lemon. Buah dengan rasa asam ini memberikan sensasi segar pada seafood. Selain itu, jeruk nipis atau lemon juga bermanfaat untuk mengurangi bau amis pada seafood. Anda bisa menggunakan perasan jeruk nipis sebagai campuran bumbu marinasi ataupun menggunakannya sebagai campuran sambal untuk seafood.

4.Kecap Manis dan Asin

Saus yang banyak digunakan untuk seafood panggang adalah kecap manis dan kecap asin. Kecap manis memberikan rasa manis dan legit pada seafood. Tampilan seafood bakar dengan bumbu kecap juga cenderung mengkilat dan lebih menggugah selera. Sedangkan kecap asin memberikan rasa gurih yang lebih sedap daripada garam.

5.Merica

Merica adalah salah satu rempah yang juga banyak digunakan untuk membuat seafood bakar. Rempah yang satu ini memberikan sensasi pedas namun tidak sepedas cabai. Seafood panggang yang menggunakan merica sebagai bumbu marinasi iga mempunyai aroma yang lebih gurih dan rasa yang lebih lezat.

6.Madu

Madu mempunyai fungsi yang sama dengan kecap manis yaitu memberikan rasa manis dan tampilan seafood yang mengkilap. Namun berbeda dengan kecap manis, madu tidak membuat seafood berwarna gelap, sehingga tampilan seafood terlihat lebih menggugah selera. (***)

sumber: sindonews.com

Editor :