Selasa | 18 Februari 2020 |
×

Pencarian

RAGAM

Upaya Mencegah Penyebaran Virus Corona, Singapura Semprot Sejumlah Ruang Publik

Kamis | 06 Februari 2020 | 13:08

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pemerintah Singapura melakukan upaya pembersihan untuk mencegah penyebaran virus corona di negaranya. Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Singapura, Masagos Zulkifli mengatakan, pembersihan untuk wilayah lalu lintas yang sering di lewati manusia akan ditingkatkan.

Ia menyampaikan hal itu sehari setelah Singapura melaporkan empat kasus pertama penularan virus corona di negaranya, Rabu, 5 Februari 2020.

Dikutip dari laman Channel News Asia, setelah mengamati pembersih disinfektan dan membersihkan satu blok di area Tampines, Zulkifli mengatakan kepada wartawan semua dewan kota telah diperintahkan untuk lebih sering membersihkan daerah dengan tingkat lalu lintas tinggi.

“Ini termasuk tempat-tempat seperti pagar, tombol lift dan taman bermain,” kata Zulkifli.

NEA (Badan Lingkungan Nasional di Singapura) juga memanggil para pengawas kebersihan untuk mengingatkan mereka tentang cara pembersihan yang tepat, jenis solusi yang harus mereka gunakan, dan jenis konsentrasi yang harus mereka masukkan dalam larutan pembersih mereka.

Zulkifli menambahkan, dewan kota akan terus meningkatkan pembersihan sampai Departemen Kesehatan memberikan informasi jelas jika tidak ada lagi penyebaran virus di Singapura.

Dia juga mengingatkan masyarakat agar tidak terpengaruh oleh desas-desus seputar virus corona, terutama panggilan untuk menghindari tempat-tempat yang diduga terjangkit virus.

“Segera setelah kami tahu ada kasus, NEA akan mengawasi pemilik tempat untuk memastikan bahwa tempat itu didesinfeksi dengan benar dan aman bagi publik untuk dikunjungi,” kata Zulkifli.

“Yang harus kita lakukan sekarang adalah meningkatkan kebiasaan hidup kita sendiri. Mari kita menjadi orang pertama di dunia yang terus melakukan ini, tidak hanya untuk tujuan krisis, tetapi juga untuk memastikan bahwa Singapura adalah tempat di mana setiap orang mempraktikkan kebiasaan kebersihan yang baik,” tambahnya.

Jaga Kebersihan Tempat Kerja

Menteri Tenaga Kerja Josephine Teo dan Sekretaris Jenderal NTUC Ng Chee Meng mengunjungi Chinatown untuk mengetahui bagaimana kondisi bisnis yang berjalan di sana, dan juga mengamati praktik pembersihan yang meningkat di toko suvenir.

Karyawan toko di Chinatown sekarang membersihkan toko mereka lebih sering daripada yang biasa dilakukan, bahkan sampai empat kali sehari. Mereka kini juga menyediakan cairan pembersih tangan.

Teo mengatakan, pemerintah memahami jika orang-orang, terutama mereka yang bekerja di garis depan, mungkin khawatir. Meski begitu, dia meyakinkan mereka semua kalau ada langkah-langkah perlindungan yang dapat diterapkan oleh pengusaha dan karyawan.

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan kebersihan,” kata Teo.

“Contohnya adalah, meja, yang mungkin menjadi bagian dari interaksi manusia dan kami ingin memastikan bahwa penjaga toko membantu menjaga tempat itu tetap bersih,” tambahnya.

Teo juga mengatakan virus dapat meluas ke semua tempat kerja yang memiliki kontak interaksi manusia yang tinggi.

“Para pemilik usaha juga dapat berperan untuk membantu karyawan mereka mengetahui apa yang harus dilakukan ketika pelanggan masuk dengan gejala seperti batuk atau bersin, Mungkin saran yang ramah dapat diberikan kepada pelanggan seperti saran untuk pergi ke dokter, dirawat, atau mungkin melayani mereka dengan cara lain misalnya melalui telepon,” katanya.

Mengulangi apa yang disampaikan oleh Teo, Chee juga mendesak agar tempat kerja harus menggunakan tisu berbasis alkohol guna membersihkan permukaan.

“Ini agar kita bisa menggunakan garis pertahanan kedua untuk mencegah penularan,” kata Chee.

Baik Teo maupun Chee juga menekankan pentingnya kebersihan pribadi.

“Tentu saja, jika Anda tidak sehat, segera cari bantuan medis,” kata Teo. (***)

sumber: liputan6.com

Editor :