KULINER

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Jagung bisa dijadikan bahan baku lepet dari jagung. Sepertinya bahan2nya jg mudah tinggal aduk2 aja, Ini selengkapnya

Bahan-bahan

10 Biji lepet jagung

1 buah jagung manis (yg besar)
1/2 buah kelapa setengah tua parut
3 sendok makan maizena
2 sendok makan tepung terigu
4 sendok makan gula pasir
Sejumput garam

Kukus kelapanya terlebih dahulu (tdk dikukus lg jg tdk apa2, karena kalo sisa biar tdk mdah basi,bisa dimanfaatkan buat bikin urap

Kupas jagungnya, jangan dibuang kulitnya buat bungkus nti. Terus di pipil dgn pake pisau

Campur semua bahan aduk rata. Lalu ambil kulit jagung yg sudah dibersihkan, ambil satu sendok makan lalu gulung lipat ujung2nya ikat dengan kulitnya.

Kukus selama 30 menit hingga matang dan sajikan

Selamat mencoba. (***)

sumber: cookpad.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bandung – Di tempat ini ada masakan rumahan khas Priangan Timur. Nasi tutug opak yang enak disantap dengan sambal jando dan ditutup dengan es cendol. Mantap!

Menikmati masakan Sunda di Kota Bandung sudah biasa. Tetapi di tempat ini ada sajian autentik Priangan Timur yang unik dan enak menggoyang lidah. Di rumah makan Nini Anteh Warung Sangu Tasik yang ada di Jl. Citarum, Bandung Anda akan mendapatkan pengalaman berbeda. Rumah makan ini cabang dari Jl. Dewi Sartika Tasikmalaya. Punya menu andalan hidangan khas Priangan Timur.

Untuk menu ikan air tawar, ada ikan nila bakar khas masyarakat pegunungan Tasikmalaya-Ciamis. Ikan dibakar menggunakan kayu batang teh dan bumbu kuning yang meresap hingga ke dalam. Gurih dan harum!

“Rumah makan kita benar-benar Sunda, enggak ada yang improve. Kita memang lebih ke Sunda priangan timur,” ujar pemilik Nini Anteh Nico Yioe, Jumat, 15 Februari 2019.

Lezatnya Makanan Khas dari Hasil Laut, Yuk Cobain Pindang Gombyang Kepala Jambal

Makanan lain yang tak kalah menarik adalah jando atau lemak sapi. Biasanya jando diolah menjadi sate, tapi di rumah makan ini justru dibuat sambal. Gurih kenyal dan makin mantap disuap dengan nasi hangat.

Tak ketinggalan menu khas Tasikmalaya nasi tutug atau sangu tutug. Jika biasanya nasi tutug dicampur dengan oncom, di sini bisa diolah dengan opak atau rengginang. Ada tekstur renyah gurih saat dikunyah.

Jajanan Pasar Ini Sangat Menggoda, Yuk Bikin Klepon Ubi Ungu

“Ada lagi yang favorit di sini itu bakakak ayam kampung sama sate sapi. Orang juga senang sama karedok, katanya beda. Sama satu lagi gepuk suwir yang wangi karena pakai daun honje,” katanya.

Sebagai pelengkap, minuman khas Sunda seperti es cendol Mang Dapit bisa menjadi penutup santapan yang gurih pedas. “Silakan coba sendiri. Cendol ini lebih kenyal, hijau dan wangi karena asli pakai daun suji. Tidak pakai pewarna,” ucap Nico.

Ayam Panggang Bumbu Tiram? Ini Resep dan Cara Membuatnya

Suasana rumah makan yang hangat dan homey dengan sentuhan pernak-pernik antik dan klasik membuat pengunjung bakal betah. Apalagi disediakan spot khusus untuk berfoto yang menarik.

“Konsep kita memang pengunjung dibuat betah. Biar serasa makan di rumah nenek kita sendiri,” tutupnya. Bagi yang ingin makan sambil bersantai bisa menikmati sajian kopi Hawu yang juga tak kalah unik. Minuman ini disajikan ala Turkish Coffee dengan paduan biji kopi khas Priangan.

Istimewa

“Untuk sekarang kita ada promo Nyaah Ka Kolot. Setiap pengunjung yang datang membawa orang tuanya kita beri diskon 15 persen,” ujar Nico. Buat yang belum punya rencana makan bersama keluarga akhir pekan ini, bisa mampir makan sedap di sini. Rumah makan buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Indramayu – Kabupaten Indramayu memiliki garis pantai sepanjang 147 kilometer. Dengan kondisi geografisnya itu, laut menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan warganya, termasuk dalam hal makanan. Kabupaten Indramayu kaya akan makanan khas yang bersumber dari hasil laut.

Salah satunya adalah pindang gombyang. Menu makanan yang berbahan baku kepala ikan manyung itu sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Dengan racikan bumbu rempah-rempah pada kuahnya, makanan tersebut dijamin mampu menggoyang lidah para pecintanya. Siapa pun yang mencicipinya, akan dibuat ketagihan untuk kembali menikmatinya.

Diduga Alami Kelainan, Pemuda Ini Pacari Nenek 75 Tahun Lalu Dibunuhnya

Selain sangat lezat, makanan itu pun kaya akan protein yang terkandung dalam kepala ikan manyung. Karenanya, makanan tersebut sehat untuk dikonsumsi.

Namun, siapa sangka, sebelum diolah menjadi pindang gombyang, kepala ikan manyung dulunya ibarat limbah. Badan ikan manyung, selama ini diolah menjadi ikan asin jambal roti.

Okky Lukman Ajukan Pertanyaan Ke Sophia Latjuba, Kok Cut Tari Emosi! Ada Apa Ya?

Di Kabupaten Indramayu, industri pembuatan ikan asin jambal roti memang tumbuh subur. Sedangkan kepalanya, dihargai dengan sangat murah bahkan dibuang begitu saja.

“Daripada terbuang, lebih baik dimanfaatkan,” ujar Carmiah, Senin, 11 Februari 2019.

“Cilok Cilok” Pejuang Cilik Ini Berjualan Cilok Setelah Ayahnya Meninggal Dunia, Ini Kisahnya

Di tangan Carmiah (49 tahun), kepala ikan manyung akhirnya sukses disulap menjadi pindang gombyang. Bahkan, makanan tersebut menjadi makanan khas Kabupaten Indramayu. Menu itu kini dengan mudah ditemukan di berbagai warung dan rumah makan di Kabupaten Indramayu dan daerah lain di sekitarnya.

Carmiah menceritakan, pertama kali membuat pindang gombyang kepala ikan manyung bersama suaminya, Tarika, pada 2006. Masakannya dijual di RM Ananda milik mereka di pinggir pantai Desa Karangsong, Kecamatan/Kabupaten Indramayu.

Dalam dua bulan pertama, Carmiah mengaku penjualan pindang gombyangnya masih lesu. Hal ini karena tak banyak orang yang mengetahui menu makanan tersebut.

Tarika bahkan harus mengundang teman-temannya untuk mencicipi makanan tersebut. Setelah itu, pindang gombyang lantas mulai dikenal dari mulut ke mulut. Pembeli pun semakin ramai berdatangan.

Tak hanya itu, banyak pedagang masakan dan warga di Kabupaten Indramayu yang kemudian juga ikut membuatnya. Alhasil, kepala ikan manyung yang dulunya limbah kini menjadi makanan favorit asli Indramayu yang terkenal ke berbagai daerah.

Untuk mendapatkan kepala ikan manyung, Carmiah dengan mudah memperolehnya dari wilayah Karangsong, yang merupakan sentra perikanan terbesar di Kabupaten Indramayu. Namun, setelah terkenal lewat olahan pindang gombyang, harga kepala ikan manyung pun melejit, dari Rp 2.500 per Kg kini menjadi Rp 25 ribu per Kg.

Satu buah kepala ikan manyung rata-rata berbobot tiga kilogram. Untuk menjadi olahan pindang gombyang, kepala ikan manyung dibelah menjadi dua bagian untuk setiap porsinya.

“Setelah dibersihkan, kepala ikan manyung kemudian dikukus selama satu jam. Saya sengaja tidak merebusnya supaya daging yang menempel di kepala ikannya tidak remuk,” kata Carmiah.

Kepala ikan manyung yang telah dikukus itu kemudian dimasukkan ke dalam kuah bumbu. Kuah tersebut sebelumnya telah dimasak dengan bumbu-bumbu seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, kacang tanah, asem jawa, tomat dan cabe rawit. Hasilnya, tercipta makanan pindang gombyang yang sangat lezat dan menggugah selera.

Untuk setiap porsi pindang gombyang, Carmiah menjualnya dengan harga Rp 50-60 ribu. Harga itu berbeda tergantung ukuran kepala ikan manyung.

Salah seorang warga Kota Bandung, Gelar, mengaku selalu memburu pindang gombyang setiap kali berkunjung ke Indramayu. Dia bahkan sering membelinya sebagai oleh-oleh untuk keluarganya di Bandung.

“Keluarga saya sangat suka. Mereka selalu minta dibelikan pindang gombyang. Rasanya memang enak banget,” ujar Gelar saat ditemui sedang menyantap pindang gombyang di RM Ananda. (***)

sumber: republika.co.id

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Klepon merupakan kue basah khas jajanan pasar.

Karena kue ini mudah ditemui di pasar-pasar tradisional.

Umumnya kue ini dibuat dari bahan dasar tepung ketan yang diberikan pewarna makanan dan didalamnya berisi gula merah.

Nah kali ini ada cara baru dalam menikmati hidangan kue klepon.

Yakni klepon ubi ungu.

Ayam Panggang Bumbu Tiram? Ini Resep dan Cara Membuatnya

Anda Pecinta Pedas?, Yuk Kita Intip Cara Buat Sup Cumi Pedas

Mau Tau Caranya Mengolah Babat Sapi agar Empuk dan Tidak Bau, Ini Tipsnya

Kue ini dibuat dari bahan dasar ubi ungu.

Teksturnya yang kenyal dan isian gula merah di dalamnya akan membuat lidah anda bergoyang.

Berikut resep klepon ubi ungu

Bahan-bahan:

150 Gram tepung ketan putih

150 Gram ubi ungu kukus halus

Sejumput garam halus

Air secukupnya, sampai bisa dipulung

Gula merah, potong kecil untuk isian

1/2 Biji kelapa, parut, kukus bersama sedikit garam dan daun pandan

Cara membuat:

Campur tepung ketan dan garam lalu aduk rata.

Tambahkan ubi ungu, uleni hingga tercampur.

Masukkan air sedikit sedikit sampai adonan dapat dipulung.

Didihkan air dalam panci, sementara itu ambil sedikit adonan, beri isi gula merah dan bulatkan.

Langsung masukkan ke air mendidih, kalau mengapung segera diangkat, disaring dan dicelupkan ke parutan kelapa. (***)

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Siapa bisa menolak kelezatan resep masak Ayam Panggang Bumbu Tiram ini.

Rasanya enak karena bumbunya yang medok dan nikmat.

Enak banget dimakan bersama nasi putih hangat.

Resep Ayam Penyet Sambal Korek Pedas

Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar Rica-rica

Ini Loh Resep dan Cara Membuat Ikan Asam Pedas Kuah Merah dan Kental

Ini cara membuatnya

Bahan:

1 buah ayam, bagi 4 bagian
1 sendok makan air jeruk nipis
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir

Bahan Perendam:

2 siung bawang putih, dihaluskan
3 sendok makan saus tiram
1 cm jahe parut, diperas, diambil airnya
2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh minyak wijen
500 ml air

Bahan Taburan:

2 sendok teh wijen sangrai

Cara Membuat Ayam Panggang Bumbu Tiram:

  1. Lumuri ayam, air jeruk nipis, garam, dan gula pasir. Biarkan 15 menit.
  2. Perendam, campur bawang putih, saus tiram, jahe, gula pasir, garam, merica bubuk, kecap manis, dan minyak wijen. Aduk rata. Masukkan ayam. Diamkan 30 menit.
  3. Tuang air. Masak ayam hingga bumbu meresap dan ayam empuk.
  4. Panggang ayam di dalam oven dengan api bawah pada suhu 190 derajat Celsius, 15 menit hingga matang. Tabur wijen.

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Umumnya, kancing lepis alias jengkol diolah menjadi semur atau balado. Padahal, bahan makanan ini dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan lain yang tak kalah lezat dan nikmat.

Anda Pecinta Pedas?, Yuk Kita Intip Cara Buat Sup Cumi Pedas

Rupiahku Sayang, Rupiahku yang Malang

Anda yang ingin menyantap makanan pedas bisa membuat Jengkol Geprek Cabai Hijau. Membuatnya pun cukup mudah. Berikut resep Jengkol Geprek Cabai Hijau

Bahan-bahan:

500 gr Jengkol, cuci bersih lalu goreng hingga matang, angkat, geprek
Ikan asin secukupnya, goreng kering
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu cabe ijo, ulek kasar:

2 siung bawang putih
10 siung bawang merah
1 bh tomat besar
25 bh cabai hijau
5 bh cabai rawit merah

Cara membuat:

Tumis bumbu cabai ijo dengan minyak secukupnya. Aduk rata lalu beri garam dan gula. Aduk lalu masak hingga bumbu cabai ijo matang. Koreksi rasa. (***)

sumber: sindonews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Jika beli cumi, jangan sampai masaknya nggak enak. Bahan yang satu ini harus bisa diolah hingga jadi menu yang bikin keluarga ketagihan, biar nggak sayang sama mahalnya.

Nah, resep yang satu ini pasti tak akan kalah dengan menu seafood lainnya, sup cumi pedas.

Bahan-bahan:

600 gr cumi segar/ secukupnya
1 buah jeruk nipis
1 sdt garam

Bumbu kasar:

3 lembar daun jeruk
2 batang serai
1 cm lengkuas
1 sdm saus tiram
1 sdm saus cabai
1 sdm saus tomat

Bumbu halus:

4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
6 buah cabai rawit
2 buah cabai merah
1 sdt merica
1 cm jahe
1 cm kunyit
garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

Bersihkan cumi, potong-potong dan rendam dengan jeruk nipis dan garam. Setelah direndam selama 30 menit, bilas bersih.

Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, lengkuas dan serai. Masak hingga bumbu matang dan mengental. Masukkan cumi dan aduk rata dengan bumbu.

Tuang air secukupnya. Masukkan saus tiram, saus cabai, saus tomat, gula dan garam secukupnya. Masak hingga mendidih dan cumi matang.

Setelah matang, beri taburan daun bawang agar sedap. Sup cumi pedas siap sajikan hangat dengan nasi. (***)

sumber: fimela.com

KULINER

Sabtu | 02 Februari 2019

Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar Rica-rica

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Di mana pun Anda berada, pasti tidak ada yang bisa menolak masakan ikan, Apalagi kalau Anda memasak ikan bakar rica-rica Wah, belum tahu, ya. Nih resepnya

Bahan:

20 buah cabai merah keriting
2 cm jahe
6 butir bawang merah
2 ½ sdt garam
2 sdm minyak goreng
10 lembar daun jeruk
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
6 ekor (600 g) ikan kembung banjar (tude)
2 buah jeruk nipis, ambil airnya

Sambal dabu-dabu, aduk rata:

15 buah cabai rawit merah, iris ½ cm
4 buah cabai merah keriting, iris ½ cm
3 butir bawang merah, potong-potong
1 buah tomat merah ukuran sedang, potong dadu ½ cm
3 buah jeruk limau, ambil airnya
½ sdt garam

Cara Membuat:

Tumbuk kasar cabai merah keriting, jahe, bawang merah, dan garam.
Panaskan 2 sdm minyak di atas api sedang, tumis bumbu yang sudah ditumbuk, daun jeruk, dan serai hingga harum dan matang. Angkat, sisihkan.

Cuci ikan, belah perutnya, bersihkan isinya. Masukkan ½ bagian bumbu tumis ke dalam perut ikan, oleskan sisa bumbu pada badan ikan hingga rata.

Bakar ikan di atas bara api hingga matang sambil sesekali diolesi minyak agar tidak hangus.

Setelah ikan matang, kucuri dengan air jeruk nipis.
Bakar lagi sebentar hingga bumbu agak mengering. Angkat
Sajikan dengan sambal dabu-dabu di atasnya. (***)

sumber: femina.co.id

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jawa Tengah – Sebagai destinasi bersantai di akhir pekan, kawasan Bandungan punya ragam kuliner enak. Salah satunya bubur yang dijajakan sejak subuh.

Wilayah Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah terkenal dengan berbagai wisata alam dengan udara sejuk. Maka bukan hal asing lagi, jika pada akhir pekan, bangak warga di luar kota Semarang yang mengunjungi kawasan ini untuk berekreasi bersama keluarga.

Tak Patut Dicontoh, Lurah Ini Minta Uang ADM ke Warga

Sesuai dengan wujudnya yang cantik, bubur opak juga terasa nikmat sejak suapan pertama masuk ke lidah kami. Suasana Bandungan yang dingin, menjadikan bubur tak begitu panas saat kami telan.

Sembari mengobrol dengan Mbak Eko Gede, kami menikmati bubur opak yang disajikan lengkap dengan sayur sawi, mie, cap cay dan guyuran sambal kacang. Hmmm… sangat lengkap kenikmatan sarapan kami pagi itu.

Astaga, Datang ke Ruang IGD, Remaja Ini Minta Disuntik Mati, Kenapa Ya?

“Kalau sayurnya nggak selalu sayur sawi, kadang bayam, kadang kol, pokoknya setiap hari bisa saya ganti, disitu sayur apa aja ada dan pasti segar,” ujar Mbak Eko Gede sembari menunjuk Pasar Bandungan yang berada di seberang kami.

Seporsi bubur opak dijual dengan harga Rp 6.000. Jika ingin menambah gorengan hangat sebagai teman makan, cukup menambah Rp 1.000 untuk satu buah gorengan. Ada bakwan, tempe mendoan maupun tahu goreng berisi kol dan wortel.

Air Susu Dibalas Air Tuba, Alfin Tega Dorong dan Tusuk Ibu Kandungnya

Dalam sehari Mbak Gede menyajikan puluhan porsi bubur opak. Pelanggan yang datang dari berbagai kalangan. Namun yang menjadi pelanggan tetap para pedagang sayur di Pasar Bandungan.

“Pokoknya kalau ke sini sebelum jam 8 pagi. Saya nggak ada liburnya, kalau kesiangan pasti nggak dapat jatah bubur,” tandas Mbak Eko Gede. (***)

sumber: detik.com

KULINER

Kamis | 31 Januari 2019

Resep Ayam Penyet Sambal Korek Pedas

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Ingin menyantap makanan pedas untuk makan siang hari ini? Buat saja menu spesial Ayam Penyet Sambal Korek. Rasa pedasnya terasa nikmat begitu disantap.

Pernah Rasakan Olahan Ayam Pedas Pekat Jahe? Nih Admin Bisikin Resepnya

Ini Loh Resep dan Cara Membuat Ikan Asam Pedas Kuah Merah dan Kental

Yuk Masak Ayam Goreng Khas Korea yang Menggoyang Lidah, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Apalagi olahan ayam tak pernah gagal menggoyang lidah. Tertarik membuatnya? Berikut resep membuat Ayam Penyet Sambal Korek

Bahan Bumbu ungkep:

1 ekor ayam kampung muda.
7 siung bawang putih, haluskan.
2 ruas kunyit, haluskan.
1 sdt ketumbar bubuk.
3 lembar daun jeruk.
2 lembar daun salam.
1 ruas lengkuas, geprek.
1 sdm garam.
1 sdt gula.
500 ml air atau secukupnya.

Bahan sambal korek:

10 buah cabe rawit caplak atau besar
3 siung bawang putih
1/2 sdt terasi
1/2 sdt gula
1/2 sdt garam

3 sdm minyak panas sisa menggoreng ayam

Cara membuat:

Bersihkan ayam. Sisihkan. Panaskan sedikit minyak. Tumis semua bumbu ungkep. Masukan ayam dan air. Rebus dengan api kecil hingga air asat. Goreng ayam. Ulek semua bahan sambal. Siram sambal dengan minyak panas secukupnya.

Penyet ayam dan tata dengan sambal diatasnya. Ayam Penyet Sambal Korek siap dihidangkan. (***)

sumber: sindonews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Surabaya – Bakso menjadi salah satu alternatif makanan utama saat berpergian. Jadi nggak heran, kalau makanan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Istimewa

Berbentuk seperti bola daging yang disajikan dengan kuah yang panas dengan rasa yang gurih dan nikmat. Menjadikan bakso menjadi makanan favorit dari berbagai usia.

Kalau kamu sedang berkunjung ke masjid Cheng Hoo, Jalan Raya Kasri, Pasar Wisata Blok B.13, Pandaan, Pasuruan, sempatkan mencicipi Bakso Tewel. Tewel adalah nangka muda. Unik, bukan?

Admin Penyuka Cabe, Benarkah Makan Pedas Sebelum Tidur Bisa Sebabkan Mimpi Buruk?

Periksa Toilet Sebelum Duduk, Diduga Karna Kepanasan Ular Muncul di Toilet Warga

Pengunjung wajib mencoba makanan inovasi baru itu. Jangan lupa, tempatnya di stand Teratai B13. Jadi jangan sampai salah tempat, soalnya sudah banyak yang meniru membuat bakso itu. Meskipun lokasinya sangat sederhana, namun rasa dari baksonya terbukti menyedot para pelanggan untuk datang.

Rara dan suaminya membuat suatu inovasi yang cukup menarik dari makan yang sudah ada. Salah satunya adalah Bakso Tewel (nangka muda) yang terinspirasi dari ide anaknya. Ide itu berhasil membuat pangan dari olahan nangka muda. Tewel memiliki banyak manfaat termasuk mengatur suhu tubuh, rendah kalori, dan rendah kolestrol.

Bahan yang digunakan untuk membuat bakso, mengandung daging yang fresh dari tukang penyembelihannya langsung dan kualitas tewel (nangka muda) yang dipakai pun nangka muda pilihan. Bakso yang mereka buat terdiri atas 50 persen daging sapi dan 50 persen tewel.

Pengunjung yang ingin menyantap seporsi Bakso Tewel harus mencatat jam bukanya. Bakso Tewel buka mulai pukul 16.00. Biasanya banyak pelanggan yang datang sebelum jam buka. Bakso Tewel yang berdiri sejak dua tahun lalu itu setiap Jumat libur.

Meski pelanggan sudah berjejal, jangan khawatir kehabisan. Bakso Tewel punya banyak stock di freezer.

Rasa baksonya lebih mantap dari bakso biasa. Setelah dicampur dengan tewel, rasanya lebih mantap dan menggoyang lidah pecinta bakso. Teksturnya yang kenyal sekaligus lembut saat digigit. Harganya pun murah banget, mulai Rp 10.000 per porsi bergantung pilihan.

Selain Bakso Tewel, pilihan lainnya mie pangsit, bakso solo, dan jangan lupa minuman favorit pengunjung yaitu Wedang Kelor. Itu minuman yang unik dan banyak khasiatnya karena dari daun kelor. (***)

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pernah merasakan olahan Ayam Pedas Pekat Jahe? Menu yang satu ini bisa dibilang kaya rasa. Hadirnya rempah khas Nusantara membuat makanan ini begitu nikmat, terlebih disantap dengan nasi putih hangat.

Mau Tau Caranya Mengolah Babat Sapi agar Empuk dan Tidak Bau

Tips Memilih Timun Suri

Perpaduan Rasa Manis, Asam dan Gurihnya Ayam Goreng Bacem Menggugah Selera,

Bagi mereka yang bosan dengan olah ayam yang itu-itu saja, maka kini saatnya membuat menu special.

Bahan 1:

250 g fillet paha ayam, potong seruas ibu jari
½ sdt garam
½ sdt Ladaku Merica Bubuk
1 butir putih telur
1 sdm kecap asin

Bahan 2:

75 g tepung terigu
50 g tepung maizena
¼ sdt garam
1 sdt Desaku ketumbar bubuk
500 ml minyak goreng

Bahan 3:

2 sdm minyak goreng
5 siung bawang putih, cincang
5 cm jahe, rajang memanjang
6 lembar kucai, rajang
1 sdm kecap ikan
50 ml air
75 g saus cabe
50 g saus tomat
½ sdt Desaku Kunyit Bubuk
¼ sdt garam
100 g gula pasir
½ sdm cuka

Cara membuat:

Campur fillet paha ayam dengan semua bahan 1 hingga rata benar. Campur semua bahan 2, kecuali minyak goreng. Gulingkan fillet paha ayam ke campuran bahan 2 ini hingga seluruh permukaannya terbalut tepung.

Panaskan 500 ml minyak goreng. Goreng ayam hingga garing kekuningan, angkat dan tiriskan. Tumis bawang putih hingga kekuningan, masukkan jahe dan lanjutkan menumis hingga tumisan harum.

Masukkan kucai, kemudian masukkan sisa bahan 3 berurutan, aduk rata. Masukkan gorengan ayam, aduk-aduk hingga terlumuri dengan bumbu. Angkat dan sajikan. (***)

sumber: sindonews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Memasak makanan sehat perlu memperhatikan penggunaan gula dan garam. Lebih baik hindari penggunaan kedua bahan tersebut, atau menggantinya dengan produk yang sedikit kandungannya.

Menggunakan daging sukiyaki, Healthy Cook Chef, Reza Mahani Muhammad mendemonstrasikan cara memasak yang sehat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan yakni 400 gram daging sapi khas dalam dipotong tipis, 200 gram bawang bombay iris tipis, tiga buah bawang putih, dan lima batang kucai dipotong empat sentimeter.

Bahan lainnya, seperempat buah apel, empat sendok makan kecap manis bebas gula dan rendah sodium, satu sendok makan biji wijen, seperempat sendok teh merica, satu sendok makan minyak jagung, dan dua cangkir kaldu sapi.

“Daging khas dalam dipilih karena sudah empuk dan juicy, jadi proses memasaknya tidak lama. Setelah ditaburi bawang puting cincang, kecap dan wijen diamkan kurang lebih selama 30 menit,” kata Reza di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Langkah selanjutnya yakni menumis dengan menggunakan minyak jagung, karena rendah kalori. Atau alternatif minyak lainnya yakni, minyak zaitun dan canola. Namun memang yang harganya lebih terjangkau yakni minyak jagung.

Bawang bombay yang sudah diiris dengan tipis kemudian ditumis hingga harum, lalu ditambahkan potongan kucai. Sebagai pengganti garam, menurut Reza, kucai dapat memberikan sedikit rasa asin.

Kemudian, tambahkan daging yang sudah dibumbui bersama dengan bawang bombay. “Daging yang sudah matang terlihat dari warnanya yang pucat. Kemudian dari aromanya juga sudah tercium,” ujar Reza.

Lalu tambahkan kaldu sapi, potongan apel dan rebus hingga mendidih. Potongan apel dipilih sebagai pengganti dari kentang, yang lebih rendah karbohidrat. Setelah matang, sajikan daging sukiyaki dengan hiasan tomat dan daun selada.

“Di sini tidak menggunakan saus tiram, karena kadar garamnya tinggi. Kembali lagi, kita memasak makanan sehat, jadi percuma saja kita sudah memilih kecap yang rendah sodium dan bebas gula, serta tanpa garam,” ungkap Reza. (***)

sumber: republika.co.id

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Selain yang manis, juga ada yang pedas-pedas seperti cumi tepung saus blackpepper.

Bagi yang tak suka pedas cabai, tak perlu khawatir karena yang ini hanya menggunakan merica.

Tiduran di Bawah Fly Over, Tak Disangka Segini Penghasilan Gelandangan Ini Selama Seminggu

Ditambahkan oleh chef lainnya hotel ini, Najri, saus blackpeppernya diolah sendiri alias homemade.

“Rempahnya bawang merah, tomat yang dihaluskan, bawang putih yang ditumis dengan mentega, lalu diberi merica, saus tiram, gula dan garam,” jelas dia.

Duh Artis cantik Ini Ditangkap Polisi Terkait Kasus Prostitusi Online, Siapakah Dia?

Sementara cuminya sebelum digoreng dibumbui dulu dengan bawang merah, bawang putih, garam dan penyedap rasa.

Setelah itu dibaluri tepung lalu digoreng.

Disajikan dengan nasi dan semangkuk kecil saus blackpepper.

“Ini cocok bagi yang suka pedas. Pedasnya cuma pedas merica, ditambah dengan kriuk-kriuknya cumi goreng tepungnya, pas untuk bersantap,” katanya lagi. (***)

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Olahan ikan asam pedas sudah sangat populer di wilayah Melayu termasuk di Kepri dan Batam khususnya. Rasa perpaduan asam dan pedas pada olahan ini membuat makanan ini lezat saat dipadukan nasi hangat.

Untuk bisa mendapatkan olahan ikan asam pedas yang lezat ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama dalam hal pemilihan ikan yang akan dimasak.

“Agar olahan ikan asam pedas enak, harus menggunakan ikan yang segar. Sebab, saat proses pengolahan, ikan tidak digoreng dulu tapi diolah langsung dengan bumbu asam pedas, jadi terasa asam pedas hingga ke bagian dalam ikannya,” kata Viska, manager operational di Restoran Harbour Bay Seafood.

Dikatakan oleh Viska bahwa ikan asam pedas yang berkuah merah ini adalah khas dari Tanjungpinang. Asam pedas khas Tanjungpinang selain berkuah merah, tetapi juga kental.

Agar rasanya semakin gurih, maka ditambahkan dengan nanas. Dan penambah rasa lainnya adalah terong ungu. Jadi tidak monoton merasa ikan saja, tetapi bisa merasakan nanas dan terong juga.

“Ikan yang enak untuk asam pedas itu ikan kakap atau ikan ungar. Ikan yang mudah ditemukan di Kepri, dan rasanya juga nikmat dan manis. Terutama ikan kakap, dagingnya juga lembut dan cocok untuk asam pedas,” katanya.

Ikan asam pedas khas Tanjungpinang kental dengan citarasa Melayu. Jadi tidak terlalu manis dan pedas. Tetapi lebih ke gurih, yang mana seimbang antara rasa asam dan pedasnya.

“Kalau mau berwarna merah. Cabe yang digunakan adalah cabe kering merah. Karena akan memberikan kesan warna merah menyala sehingga akan semangat untuk memakannnya,” jelasnya.

Nah, bagi yang ingin mengolah sendiri ikan asam pedas, berikut resep yang diberikan oleh chef Restoran Harbour Bay Seafood.

Resep Ikan Asam Pedas

Bahan:

1 kg ikan kakap atau ikan ungar
100 gram nanas
100 gram terong ungu
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 batang serai
2 sdt air asam jawa
30 buah cabai kering
1 cm kunyit
1 cm jahe
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:

  1. Rendam cabai merah kering hingga lembut
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai kering, jahe, serai dan kunyit
  3. Rebus air secukupnya. Masukan bumbu aduk hingga rata.
  4. Setelah mendidih, masukan ikan ke dalamnya. Masak hingga daging ikan matang
  5. Masukan terong dan nenas. Aduk hingga rata
  6. Setelah semua matang, masukan garam dan penyedap rasa sesuai selera. (***)

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID – Telur menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi di dalamnya juga baik sebagai sumber tenaga.

Hal ini menjadikan telur sebagai menu sarapan yang komplit dan baik.

Bosan dengan telur yang diceplok mata sapi ataupun di dadar, kali ini kita akan bagikan resep telur dadar gulung.

Kamu hanya memerlukan waktu 45 menit untuk membuat 7 porsi telur ini.

Berikut ini adalah resep dan cara pembuatannya.

Bahan Dadar:

  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok makan air
  • 3 sendok makan minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:

  • 50 gram buncis, iris halus
  • 50 gram jagung pipil
  • 150 gram tahu putih, hancurkan
  • 25 gram tepung kanji
  • 1 butir telur
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica hitam bubuk
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 100 gram ayam cincang

Cara Membuat Dadar Gulung Telur Sayur:

  1. Dadar, aduk bahan dadar. Buat dadar tipis-tipis. Sisihkan.
  2. Aduk rata bahan isi. Ambil selembar dadar. Beri isi di salah satu sisinya. Gulung.
  3. Kukus 30 menit sampai matang. Goreng sampai kuning kecokelatan. Potong-potong. (***)

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Selain KPop, Korea Selatan juga punya segudang kuliner yang lezat dan menggugah selera. Korea juga merupakan negara yang senang mengkonsumsi ayam. Rasa sajian ayam pada Negeri Ginseng ini kebanyakan didominasi rasa pedas dengan aroma jahe dan bawang yang harum.

Kalau kamu ingin makan sajian ayam khas Korea tapi malas keluar rumah, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho! Penasaran gimana cara buatnya? Yuk kita intip resepnya!

Yangnyeom Chicken

Ayam goreng yang satu ini pasti familiar bagi K-Lovers. Ayam yang memiliki rasa pedas manis ini paling terkenal di antara semua ayam goreng asal Korea. Untuk membuatnya kamu membutuhkan:

1 kg ayam
250 gr tepung maizena
3 buah bawang putih
1 ruas jahe
1 sdm kecap asin
1 sdm cuka apel
2 sdm saus sambal
2 sdm gochujang
1 sdm gula pasir
1 sdm madu
1 sdt garam
1/2 sdt lada
Sedikit biji wijen
Minyak untuk menggoreng

Pertama-tama kamu harus membersihkan ayam kemudian marinasi selama 15 menit dengan garam dan lada kemudian sisihkan.

Cincang halus bawang putih dan jahe kemudian sisihkan. Setelah dimarinasi, siapkan tepung tepung maizena kemudian balur ayam dengan tepung sambil sedikit diremas kemudian goreng hingga kuning kecokelatan.

Untuk membuat sausnya, kamu harus menumis bawang dan jahe dengan sedikit minyak hingga harum kemudian masukkan kecap asin, saus sambal, cuka apel, gochujang, gula dan madu kemudian aduk hingga saus larut merata. Setelah rata, masukkan ayam yang telah digoreng lalu aduk hingga semua saus merata. angkat lalu beri sedikit biji ijen diatasnya, Yangnyeom chicken siap disajikan. (***)

sumber: idntimes.com

MEDIAKEPRI.CO.ID – Siapa yang bisa menolak makanan pedas, gurih dan renyah yang menggelitik lidah? Tak hanya menciptakan rasa pedas yang menambah nafsu makan, cabai juga mengandung beta karoten yang bisa menjadi antioksidan.

Dipadukan dengan daging ayam berbalut Sajiku® Golden Crispy yang digoreng renyah, hidangan ini tentunya terasa makin mantap dan bikin Mama & keluarga ketagihan!

Bahan Bahan

3 ptg Ayam
1 bks Sajiku® Golden Crispy 80gr
700 ml Minyak Goreng
4 sdm Air

Bahan Sambal :

2 siung Bawang Putih
5 siung Bawang Merah
2 bh Cabai Merah Keriting
3 bh Cabai Rawit
1 bh Tomat Kecil
1 bh Jeruk Nipis
½ sdt AJI-NO-MOTO®
3 sdm Minyak Panas

Langkah 1

Adonan basah : larutkan 1 sdm Sajiku® Tepung Bumbu Golden Crispy dengan 4 sdm air. Sisanya digunakan sebagai adonan kering. Gulingkan potongan ayam kedalam adonan kering, lalu celupkan ke adonan basah hingga rata, Gulingkan kembali ke adonan kering sambil diremas-remas hingga terbentuk kulit yang keriting, ketuk-ketuk.

Langkah 2

Goreng ayam terendam dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan, angkat.

Langkah 3

Istimewa

Geprek ayam goreng di atas cobek.

Langkah 4

Istimewa

Buat sambal : Ulek bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan tomat, tambahkan perasan jeruk nipis dan AJI‑NO‑MOTO®, lalu siram dengan 3 sdm minyak panas. Sajikan sambal di atas ayam geprek. (***)

sumber: dapurumami.com

MEDIAKEPRI.CO.ID – Memasak nasi goreng terlihat seperti sesuatu yang sederhana. Namun rahasia kelezatan nasi goreng ternyata lebih dari sekadar komposisi nasi dan bumbu-bumbunya. Demi menciptakan nasi goreng yang nikmat, ada campur tangan ilmu fisika di dalamnya.

BACA: Tips Buat Keripik Pisang Lelehan Keju dengan Rasa Pedas Gurih yang Lezat

BACA: Ini loh Tips Atasi Konsumsi Kafein Berlebih

BACA: Kombinasi yang Pas untuk Lauk, Ini Resep Sambal Udang Pete yang Lezat

Inilah yang diungkapkan oleh dua ilmuwan bernama David Hu dan Hungtang Ko. Mereka berdua adalah peneliti dari Georgia Institute of Technology. Pada gelaran The 71st Meeting of the American Physical Society (APS) Division of Fluid Dynamic belum lama ini. Hu dan Ko mempresentasikan temuannya.

Keduanya melakukan studi mengenai bagaimana gerakan mengaduk dan menggoyang wajan nasi goreng dapat memengaruhi rasa. Menurut Hu dan Ko, cara mengaduk nasi dan menggoyangkan wajan berperan penting dalam menentukan kelezatan nasi goreng.

BACA: Resep dan Cara Mengolah Gulai Nangka Khas Padang

BACA: Ini Nih Resep Rendang Ayam Kampung Basah Atau Kering yang Lezat

BACA: Bu Ibu Ini Loh Resep Botok Daun Beluntas yang Sehat dan Enak Banget

Laman Geek yang mengutip laporan dari Earth menjabarkan hasil studi kedua ilmuwan tersebut. Hu dan Ko mendemonstrasikan bagaimana nasi goreng dimasak dengan goyangan wajan. Jika digoyang dengan cepat, nasi goreng dapat diolah dalam wajan yang mencapai suhu 1.200 derajat Celsius.

Untuk penelitian ini, dua restoran Taiwan diambil sebagai sampel. Hu dan Ko mengamati bagaimana juru masak di masing-masing restoran memasak nasi goreng. Pertama, Hu dan Ko merekam para koki memasak nasi goreng menggunakan wajan.

BACA: Resep Kari Daging Ala Chef Rudy Choirudin yang Lezat, Begini Cara Membuatnya

Dalam rekaman video, mereka mengamati pergerakan khusus sang koki ketika menggoyang wajan. Membuat nasi goreng hanya butuh waktu dua menit, namun Hu dan Ko memecah tiap proses memasak sehingga menjadi sebuah siklus dan tahapan berulang.

Setiap siklus terdiri atas sepertiga detik. Selain itu ada empat tahapan yang berisi konten bagaimana juru masak menggoyang wajannya ke depan, belakang, dan ke samping.

Menurut Hu dan Ko, bagian penting memasak nasi goreng melibatkan gerakan akrobat berkesinambungan sehingga, tidak terjadi kontak yang tidak terlalu lama antara nasi dan permukaan wajan. Dengan menggerakkan wajan ke depan, belakang, dan samping maka koki bisa memastikan semua bumbu tercampur merata. Gerakan wajan juga mencegah nasi menjadi gosong.

Dengan membuat model matematika untuk memasak nasi goreng, para peneliti bisa merancang mesin otomatis yang bisa bergoyang sendiri untuk memasak nasi goreng di masa depan. Walau demikian, menurut Hu, robot harus terlebih dulu menguasai bagaimana cara melempar-lempar nasi sebelum bisa menggorengnya. (***)

sumber: republika.co.id

MEDIAKEPRI.CO.ID – Sambal udang pete cocok banget untuk makan siang.

Pedasnya sambal bisa mengusir rasa kantuk.

Terutama buat yang sedang bekerja pas banget sambal udang pete ini untuk bekal.

BACA: Resep Bubur Asyura dan Cara Membuatnya, Sajian Khusus Setiap 10 Muharram

BACA: Resep Kari Daging Ala Chef Rudy Choirudin yang Lezat, Begini Cara Membuatnya

BACA: Ini Nih Resep Rendang Ayam Kampung Basah Atau Kering yang Lezat

Berikut resep sambal udang pete

Bahan:

– 500 gr Udang (boleh lebih, sesuaikan dgn selera)

– Pete (banyaknya sesuai selera lalu kupas bersih dan belah menjadi 2)

– Garam dan Gula secukupnya

– Minyak goreng secukupnya

– Bumbu yg dihaluskan (boleh blender/ulek):

– 2 siung bawang putih

– 4 siung bawang merah

– 20 bh cabe merah keriting

– 1 bh tomat

BACA: Lewat Ngobras Cantik, “Pariwisata Harus Didukung Oleh Berbagai Sektor, Seperti Budaya, Ekonomi, Sosial, dan Pendidikan

BACA: Mana Polisinya? Saya Akan Jelaskan dengan Polisi! Teriak Angel Lelga saat Digrebek Vicky Prasetyo

BACA: Siswa Sekolah Gunakan Helm saat Berangkat Sekolah

Cara Memasaknya:

1. Bersihkan udang di bawah air mengalir dgn mengupas bagian kulit dan membuang bagian kepalanya. Setelah bersih lalu sisihkan.

2. Tumis bumbu yg dihaluskan dgn minyak secukupnya hingga wangi, lalu beri garam+gula secukupnya.

3. Setelah itu masukkan pete dan udang. Masak lagi hingga sambal udang petenya matang, jangan lupa icip dan koreksi rasa sebelum diangkat. (***)

sumber: tribunews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID – Bagaimana Cara membuat sayur nangka khas Padang? Apa saja Resep & Bumbunya?- Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sayur nangka khas masakan Padang, kalau orang padang bilang Gulai Cubadak. Jika anda pernah makan di Warung Padang sayur nangka yang dimasak Gulai ini pasti nggak pernah ketinggalan.

Karena memang tanpa gulai nangka ini santapan anda pasti kurang lengkap.

Ada yang unik dari gulai nangka ini, yaitu bentuk irisan-nya dibiarkan besar besar tidak seperti gudek Jogya yang irisan-nya kecil kecil dan lembut. Coba anda bayangkan bagaimana jika sayur nangka Padang ini diiris lembut pasti akan terlihat aneh dan bahkan akan mengurangi nafsu makan kita, itulah Indonesia tiap daerah memiliki kekhas-an masing masing.

Lalu bagaiman cara membuat gulai Cubadak atau sayur nangka khas Padang ini? dan apa saja bumbu bumbunya? tenag dibawah ini sudah saya tulis semua, anda tinggal baca dan siapkan bahan bahan-nya..

Bahan-bahan:

1/4 buah nangka muda potong sedang sebesar ibu jari
200 gr daging tetelan
550 ml santan

Bumbu Yang dihaluskan :

8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
2 butir kemiri
1 sdt ketumbar
10 buah cabe merah keriting (jika ingin pedas bisa ditambah)
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang sereh digeprek
secukupnya garam

Cara Membuat:

Mula mula tumis bumbu yang di haluskan tadi sampai benar kering dan matang. Lalu Masukkan daun kunyit, jeruk, sereh daun salam, Aduk2 sampai harum.
Kemudianmasukkan daging tetelan dan Masaklah sampai berubah warna lalu Masukkan nangka dan Aduk aduk sampai nangka mulai layu.

Tuangkan santan dan Tambahkan garam, Silahkan Cicipi rasanya. Masaklah dengan api sedang sampai nangka matang dan empuk. Santan mengental dan berminyak, Jika terlalu kental bisa ditambah kan air panas.

Begitulah sahabat semua, resep dan cara membuat Gulai Cubadak atau gulai nangka khas masakan padang yang lezat itu. (***)

sumber: resepcaramasakan.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Setelah tren makanan hitam, kini hadir tren makanan biru yang tak kalah cantik dan menarik. Bukan hanya teh saja tetapi juga saus salad biru.

Semakin cerah dan cantiknya warna dari makanan, maka semakin banyak orang yang mengunggah ke media sosial. Semenjak hadirnya media sosial seperti Instagram, tren makanan unik dan cantik terus hadir.

Hal inilah yang mendorong perusahaan makanan Kenko di Jepang, untuk menciptakan produk makanan terbaru mereka yang berwarna biru.

Dilansir SoraNews24 Selasa, 17 Juli 2018, produk ‘Ocean Blue’ merupakan salad dressing atau saud salad, berwarna biru cerah sehingga restoran bisa menciptakan salad yang cantik, menarik, dan penuh warna sekaligus Instagrammable untuk pelanggan.

Meski berwarna biru cerah, Kenko memastikan bahwa bahan yang mereka gunakan semuanya aman untuk kesehatan. Untuk warna biru, dressing salad ini menggunakan Spirulina, tanaman ganggang yang dikemas dengan protein, antikoksidan, dan vitamin.

Selain itu salad dressing ini mengandung kolagen, yang membantu menjaga kesehatan kulit, persendian, dan mengurangi kadar minyak dari kulit serta rendah lemak.

Menurut perusahaan Kenko, salad dressing ini termasuk makanan sehat karena bisa digunakan dalam beberapa makanan. Seperti salad, mie, saus, hingga untuk pelengkap di hidangan manis. Rasanya diambil dari buah anggur, yang memberikan rasa segar di setiap makanan.

Sayangnya produk Ocean Blue tidak dijual secara bebas di toko atau supermarket. Kenko hanya menyediakan produk ini untuk restoran dan kafe saja. Kisaran harga perbotolnya dimulai dari 502 Yen (Rp. 65.300,-).

Ini bukan pertama kalinya Jepang mengeluarkan makanan biru. Sebelumnya sebuah restoran di Kyoto, memeriahkan perayaan piala dunia dengan menghadirkan daging yakiniku berwarna biru lengkap dengan minumannya. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Ayam kampung juga enak dibuat rendang. Masak perlahan hingga bumbu mengental dan daging ayam empuk. Bisa dibuat setengah basah atau kering.

Bahan:

1 kg ayam kampung, potong 8-12 bagian
500 ml santan kental
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun jeruk purut
1 lembar daun kunyit
2 cm lengkuas, memarkan
3 sdm air asam dari 50 gr asam Jawa

Haluskan:

5 butir kemiri
50 gr cabe merah keriting
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdt ketumbar
1/2 butir pala
1/2 sdt jinten
2 sdt garam

Cara membuat:

Cuci potongan ayam hingga bersih lalu tiriskan.
Rebus bumbu halus, lengkuas, serai, daun jeruk, daun kunyit, air asam dan santan sampai mendidih.
Masukkan potongan ayam kampung, aduk-aduk sesekali agar santan tidak pecah.
Masak dengan api kecil hingga daging ayam empuk dan santan agak kering.
Angkat, sajikan hangat.
Untuk 6 porsi
Waktu : 90 menit

(***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID – Masak ayam memang selalu menggugah selera. Sumber protein dengan harga relatif terjangkau ini mudah diolah menjadi beragam hidangan lezat dan nikmat. Apalagi jika bumbunya pas dilidah, kenikmatannya pun tak tertandingi.

Seperti membuat olahan Ayam Bakar Kalasan. Selain lezat, cara membuatnya juga mudah sehingga cocok disantap sebagai menu makan siang. Berikut resep Ayam Bakar Kalasan

Bahan-bahan:

1/2 ekor ayam
1/2 buah jeruk nipis
2 lembar daun salam, sobek
3 lembar daun jeruk, sobek
1 sdt merica bubuk
4 sdm kecap manis
1/2 buah jeruk limau
200 ml air atau air kelapa
Garam secukupnya

Bumbu halus:

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sdm gula merah
3 cm jah

Cara membuat:

Bumbui ayam dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit lalu cuci bersih. Tumis bumbu halus sampai matang lalu bumbui garam, merica bubuk, kecap manis. Masukkan ayam sambil diaduk.

Tambahkan daun jeruk dan daun salam. Beri air secukupnya. Ungkep ayam hingga air menyusut dengan api kecil dan tutup wajan. Jika air telah menyusut, perasi ayam dengan air jeruk limau.

Olesi teflon dengan sedikit margarin. Panggang dengan teflon atau oven dengan suhu 200 celcius selama 15 menit sambil diolesi bumbu yang tersisa. Panggang kedua sisinya. Angkat. Ayam bakar kalasan siap disajikan. (***)

sumber: sindonews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Ke Bangka, jangan lupa cicip mie yang satu ini. Memiliki nama ‘Mie Koba’ mienya disajikan dengan siraman kuah ikan tenggiri yang gurih dan enak. Kayak apa ya rasanya?

Nama Koba diambil dari salah satu nama Kabupaten di Bangka Tengah. Berbeda dengan mie dari daerah lain, mie khas Bangka ini diolah dengan paduan kuah ikan tenggiri yang sangat khas.

Tekstur mienya lembut dan direbus sebentar sebelum dicampur dengan racikan bumbu yang lainnya. Kuah ikan tenggirinya juga dibuat dengan campuran rempah yakni bawang putih, jahe, cengkeh, pala dan ketumbar. Agar tak amis, pilihan ikan tenggirinya harus yang segar.

Mie yang sudah di rebus kemudian dicampurkan dengan beberapa racikan bumbu. Mulai dari bawang putih, bawang bombah, potongan ikan, saus tiram, merica bubuk hingga kecap manis.

Seporsi mie Koba terdiri dari mie, telur dan tauge. Kemudian disiram dengan kuah ikan tenggiri berwarna kecokelatan makin enak ditaburi seledri dan bawang goreng plus tambahan telur rebus. Sluurp!

Untuk menambah rasa segar dan mengurangi aroma ikannya, Anda juga bisa menambahkannya perasan jeruk kunci. Ini merupakan jeruk khas Bangka yang memberikan aroma segar.

Mie Koba bisa ditemui di beberapa daerah di Kota Bangka. Akan tetapi salah satu penjual mie yang terkenal di Bangka adalah Warung ‘Mie Koba’ Iskandar yang terletak di Kabupaten Bangka Tengah Cabang Pangkalpinang. Konon kelezatan Mie Koba di sini sudah ada sejak tahun 80-an. Harga seporsi Mie Koba dibandrol dengan harga Rp 12.000 hingga Rp 15.000. Bagaimana tertarik untuk mencicipnya? (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Croissant tak cuma rasa keju dan cokelat. Bakery ini hadirkan croissant geprek dan diberi topping 3 jenis keju dan cabe rawit. Kayak apa rasanya?

Tren makanan pedas makin tinggi peminat. Setelah kepopuleran seblak, kini saatnya makanan serba geprek yang unjuk gigi.

Istimewa

Mulai dari ayam, tahu tempe hingga iga geprek. Semua bahan tersebut sengaja dipipihkan dengan cara ‘digeprek’. Hingga bentuknya menjadi hancur dan sedikit pipih.

Hingga ia mulai mencoba membuat resep yang pas. Saat percobaan kedua, ia berhasil membuat beberapa kreasi croissant geprek yang kini sudah dijadikan menu tetap di ISCAKETORY.

Lebih lanjut, William mengungkap alasan dibalik penggabungan sajian Indonesia dan Prancis ini. “Saya pilihlah geprek, karena geprek itu sangat Indonesia sekali. Gurih, garing, dan pedas. Semua orang suka. Saya pikir ini bisa dikawinkan dengan produk saya, crioissant. Jadi saya bikinlah si geprek croissant itu,” ungkapnya.

Awalnya, croissant dipukul dengan bagian bawah gelas ukur hingga hancur. Kemudian diberi topping cream cheese plus heavy cream, tumisan jamur Taiwan, jamur shitake, dan jamur portobello Selain tiga jenis jamur, ada tiga jenis cabe yang digunakan untuk pembuatan croissant geprek ini. Mulai dari cabe rawit, habanero rosa, dan chili flake jelapeno. Serta keju cheddar hingga mozarella.

Tersedia lima pilihan croissant geprek. Ada Big Bang Croissant, Bae Bang Croissant, A Bang Croissant, Parisien Bang Croissant, dan Indo Bang Croissant. Hanya varian Indo Bang yang menggunakan sambal terasi. Sama seperti ayam geprekyang punya banyak level, kelimanya juga tersedia dalam tiga pilihan level kepedasan.

Di sini pengunjung juga bisa ‘menggeprek’ croissantnya sendiri, lho. Jadi kalau ingin mencoba croissant geprek yang gurih pedas nonjok, datang saja ke ISCAKETORY. Cukup sediakan uang sebesar Rp 50.000, Anda bisa mencicip seporsi croissant geprek. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Yogyakarta – Wisata kuliner Jogja, jangan berburu nasi Gudeg atau sate khlatak saja. Ada kuliner unik di Jogja yang bisa kita icip-icip lho! Es Kribo dan Aly Nyet namanya.

Seperti yang saya temukan, seusai pulang dari Candi Prambanan dimana hari begitu panas, dan membuat saya mencari minuman dingin yang menyegarkan.

Saya yang menginap di hotel di dekat Bandara Adisucipto, sepulang dari Candi Prambanan dalam rangka sebuah event lari, kembali ke hotel. Sesampai di hotel dan menaruh tas di dalam kamar, saya kemudian melihat ada sebuah tempat makan di sebelah hotel.

Tempat makan ini berada di area galeri seniman Jogja, Sapto Hoedojo. Setelah duduk, pelayan lebih menyarankan saya untuk memesan makanan di kasir. Entah kenapa. Sampai di kasir, saya bertanya, es dan makanan apa yang unik.

Petugas yang ada di kasir pun menyarankan saya untuk memesan es kribo. Saya pun panasaran dengan es kribo ini. Untuk makanan, saya ditawari Alay Nyet. Ya sebenarnya ini ayam penyet tapi dibikin unik.

Setelah menunggu, pesanan saya pun sampai di meja. Yang pertama datang adalah es kribo. Okei, sebenarnya apa sih es kribo ini?

Setelah saya mulai meminumnya, es kribo ini adalah es buah atau yang biasa disebut dengan sop buah, tapi ditambahkan es krim. Wah lain daripada yang lain. Manisnya es krim ditambahkan dengan segarnya sop buah, mampu membuat saya menghilangkan dahaga dan terasa segar di tengah cuaca panas.

Es buahnya sendiri ada buah naga, semangka, pepaya dan melon. Standard es buah sebenarnya. Tapi yang bikin spesial adalah es krimnya yang menambah kesegaran dan enak es kribo ini.

Nah ini ketika makanan disajikan, saya kaget. Kalau biasanya makanan disajikan di piring, dan penyetnya di tempat cobek atau ulekan, kali ini disajikan di ulekan atau cobek batu. Berbeda memang.

Ayamnya juga saya lihat digoreng tepung. Dan disajikan di atas sambal penyet. Selain daging ayam, beragam sayur lalapan juga disediakan. Nasinya juga disajikan berbentuk kerucut. Mantap bener! Sambal memang pedas. Ayam tepungnya juga terasa bumbunya. Memang membuat lidah bergoyang dan menari karena pedasnya mantap.

Tak terasa, saya menghabiskan seporsi besar alay nyet ini. Sembari makan, menyeruput es kribo memang sensasinya mantap benar. Soal harga, murah kok. Es Kribo Rp 25 ribu dan Alay Nyet Rp 35 ribu. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID – Soto babat, nasi goreng babat, dan babat gongso adalah beberapa jenis olahan babat sapi yang banyak digemari. Tapi mungkin tak banyak yang tahu bahwa ada proses panjang untuk membuat bahan makanan yang sebelumnya dianggap menjijikkan tersebut menjadi sajian yang menggoyang lidah.

Mengolah jeroan sapi, termasuk babat, memang gampang-gampang susah. Harus diperhatikan benar proses pembersihannya agar babat sapi lebih menarik dipandang mata dan baunya tidak menyengat.

Tantangan lainnya adalah bagaimana mengempukkan babat yang teksturnya cenderung alot dan membuat bumbu lebih meresap ke dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengolah babat sapi.

Pemilihan jenis babat.

Babat yang bermotif seperti sarang lebah konon bisa lebih mudah menyerap bumbu karena polanya seperti spons. Sementara yang bisa cepat empuk adalah babat omasum yang berlapis-lapis seperti lembaran buku dan permukaannya mirip handuk.

Membersihkan babat.

Babat yang belum dibersihkan biasanya berwarna hijau kusam, abu-abu, atau hitam. Untuk itu anda perlu membuang isi perutnya dan membilasnya sampai benar-benar bersih. Rebus babat dalam air mendidih, kemudian sikat/kerik babat sampai bersih di air mengalir. Buang pula lapisan bagian dalamnya.

Rendam babat yang sudah dikerik di dalam air kapur sirih sambil diremas-remas sampai baunya hilang, kemudian bilas lagi dengan air. Bila baunya masih tajam, bisa direndam lagi dalam air jeruk nipis, lalu bilas.

Agar tidak terlalu repot, carilah babat yang warnanya lebih cerah karena biasanya sudah dibersihkan dari isi perutnya. Babat yang berwarna putih bersih kemungkinan direndam dalam klorin untuk membunuh kuman. Karena itu, perlu pembilasan beberapa kali supaya bau klorinnya hilang.

Agar babat empuk dan tidak bau. Rebus babat dalam air mendidih bersama daun salam, lengkuas, serai, jahe, atau daun jeruk hingga empuk.

Rempah daun tersebut juga berfungsi mengurangi aroma tidak sedap dari babat. Jenis babat, seperti dijelaskan sebelumnya, bisa turut mempengaruhi lama perebusan dan tingkat keempukan. Bila ingin menyingkat waktu, babat bisa direbus di dalam panci bertekanan selama ± 30 menit.

Buang air rebusan babat, jangan gunakan untuk memasak karena baunya tidak sedap. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID – Membuat sajian berkuah kadang terasa sulit. Terlebih jika memasak makanan berbahan daging ayam, semur misalnya.

Seringkali semur berbau amis saat disantap, mungkin ada yang salah dengan teknik memasaknya.

Sisca Soewitomo, pakar kuliner Indonesia mengatakan, saat membuat semur agar terasa lezat dan tidak berbau amis, kuncinya adalah dalam teknik memasaknya.

“Tekniknya harus benar. Misalnya semur ayam agar tidak bau amis. Saat memasaknya ayam ditumis dulu sampai air yang ada di dalam daging bisa kering,” jelas Sisca

Setelah daging ditumis sampai airnya mengering, bumbu semur bisa dimasukkan ke dalam dan tinggal diolah seperti biasa.

“Setelah dimasukkan bumbu akan meresap ke daging dan mencampur sempurna,” tambahnya.

Yang sering kita lakukan adalah ayam yang masih basah atau masih mentah langsung dicemplungkan ke dalam air dan juga bumbu-bumbu semurnya. Justru ini adalah cara yang kurang tepat karena bisa membuat semur menjadi amis setelah matang.

“Jangan ayam dicemplungin ke bumbu dan air. Nanti airnya akan jadi pencuci dan rasa semurnya akan amis,” pungkas dia. (***)

sumber: lifestyle

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Bakwan goreng yang Anda buat tidak kriuk renyah saat dimakan? Atau lembek tengahnya? Beberapa hal bisa jadi penyebabnya.

Bikin gorengan memang gampang. Sayuran, seafood, tempe dan tahu bisa jadi pilihan. Meski hanya mencampur dengan adonan tepung nyatanya banyak yang mengalami kegagalan.

Gorengan pinggirannya gosong, bagian tengahnya lembek atau sama sekali tidak kering. Beberapa hal yang terlihat sepele ini bisa jadi penyebabnya.

1.Pelit minyak

Kesalahan ini paling sering terjadi. Alih-alih berhemat hasil gorengan tidak rata dan tidak kering. Hanya kering satu sisinya saja, bagian tengahnya lembek.Karena minyak kurang.

Minyak panas berfungsi untuk mengeringkan dan mematangkan bahan makanan yang digoreng. Mengoreng atau deep frying harus memakai minyak banyak. Minimal 1 liter untuk porsi sedang. Pastikan bahan makanan yang digoreng benar-benar terendam minyak seluruhnya bukan hanya satu sisi saja.

2. Ukuran wajan tak sesuai

Wajan yang terlalu kecil dengan jumlah gorengan banyak akan membuat gorengan lebih lama kering dan matang. Yang paling sering terjadi gorengan matang tak merata.

Ini karena ruang untuk minyak panas kurang luas. Tidak harus pakai wajan, Anda
bisa memakai panci untuk menggoreng. Tuangkan saja minyak dalam panci. Panci yang cekung akan membuat minyak cepat panas dan merata mematangkan gorengan.

3. Api terlalu besar

Menggoreng memang harus memakai minyak panas tetapi jika terlalu besar apinya maka minyak jadi terlalu panas. Bahan yang digoreng akan cepat gosong sementara bagian dalamnya masih lembek.

Selalu gunakan api sedang dan tak perlu membalik-balik gorengan. Jika terendam minyak dengan baik dan suhu minyak stabil, gorengan akan matang merata hingga ke bagian dalamnya.

4. Adonan terlalu banyak mengandung air

Adonan tepung terigu diperlukan untuk mengikat bahan makanan yang digoreng agar menjadi renyah. Tetapi jika adonan terlalu banyak air maka gorengan akan lebih lama kering.

Perlu waktu lama untuk menguapkan air dalam adonan. Perlu diingat juga jika memakai sayuran, sayuran juga mengandung air. Karenanya perlu waktu lama menguapkan air dalam sayuran dan adonan agar jadi kering dan renyah. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Hari ini Pilkada serentak digelar di Indonesia. Dengan bermodal jari bertinta, Anda bisa makan enak dengan diskon spesial di beberapa tempat makan di Bogor.

Jari bertinta ungu jadi syarat untuk bisa mendapatkan diskon makan, mudah ya? Kalau hari ini sudah menyalurkan hak pilih, saatnya memanjakan perut. Buat foodies di Bogor, coba sambangi 5 tempat makan ini.

1. J.Co

Bisa memanfaatkan jari bertinta buat ngopi seru bareng teman di J.Co. Hanya dengan menunjukkan bukti telah menggunakan hak suara, Anda bisa mendapatkan dua gelas J.Coffee seharga Rp 50.000 saja.

Promo ini berlaku hanya tanggal 27 Juni 2018 di semua cabang outlet di area yang menyelenggarakan Pilkada. Salah satunya Bogor.

2. Bebek Dower

Makan siang di resto Bebek Dower usai nyoblos bisa jadi pilihan tepat. Selain bisa makan bebek gurih enak, Anda juga bisa dapat promonya.

Beli satu Taro Cincau Ice Blended bisa langsung dapat satu gratis. Promo ini khusus di 27 Juni 2018 di cabang Cibinong City Mall dan Transmart Yasmin Bogor.

3. Chicken Day

Mau dapat minuman dingin gratis? Datang ke Chicken Day. Promo pilkada yang diberikan adalah bisa dapat satu minuman gratis hanya dengan menunjukkan jari bertinta.

4. Coffee Toffee

Bersantai di Coffee Toffee usai nyoblos bisa dapat banyak bonus nih. Cukup beli makanan, Anda otomatis bisa mendapat segelas kopi gratis.

Syaratnya mudah, tunjukkan kartu member serta jari bertinta saat melakukan pembayaran. Oiya tak hanya di Bogor, promo ini berlaku juga di cabang Jakarta, Depok, Surabaya dan Malang.

5. Roppan

Dua gelas minuman dibanderol hanya Rp 30.000 saja di Roppan. Pilihan minumannya juga banyak, mulai Hot Cinnamon Coffee, Iced White Coffee, Java Tea, Iced Cinnamon Coffee, Iced Coffee Jelly dan Black Coffee.

Syaratnya tentu saja hanya dengan menunjukkan jari bertinta. Di Bogor, Roppan ada di Metmall Cileungsi Bogor. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Cirebon – Beragam jenis es campur dikenal di berbagai daerah. Di Desa Bakung, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon ada es tapai yang legit wangi.

Es tapai Cirebon memiliki aroma yang khas. Warnanya hijau muda, tampak segar. Tapai khas Cirebon ini dibungkus daun jambu. tapai ketan ini merupakan hasil fermentasi dari ketan putih.

Di bulan ramadan ini, pedagang Es tapai mudah ditemukan di Cirebon, salah satunya di Jalan KS Tubun, Kota Cirebon. Salah seorang pedagang es tapai Cirebon Suratman mengatakan sekitar tahun 1982 penjual es tapai Cirebon mulai ramai.

Pria yang akrab disapa Maman ini mengaku sudah puluhan tahun berjualan es tapai. Resep membuat es tapai diakuinya didapat dari ayahnya.

“Turun temurun. Ayah saya, namanya Murani, dulu itu berjualan es tapai juga. Rumahnya kan di Kabupaten Cirebon, tapi jualannya sampai ke Kota Cirebon. Saya meneruskannya,” kata Maman saat ditemui di Jalan KS Tubun Kota Cirebon, Sabtu, 2 Juni 2018.

Maman mengatakan es tapai Cirebon asal Bakung memilili rasa asam, manis, dan legit. Rasa manis tapai, menurutnya bukan berasal dari pemanis buatan. Karena proses fermentasi beras ketan menjadi lembek mengeluarkan gula yang legit.

“Manisnya itu, manis dari hasil fermentasi ketan dan ragi. Waktu fermentasinya sekitar dua sampai tiga hari,” kata Maman.

Es tapai ini berupa tapai ketan diberi air dan es batu saja. Lebih lanjut, Maman mengatakan penikmat es tapai Cirebon selalu membludak saat bulan ramadan. Maman hanya membandrol Rp 2.000 untuk per gelas es tapai bakung.

“Kalau puasa cepat habisnya, jualan mulai dari jam 15.00 WIB sampai 17.00 WIB juga habis. Kalau puasa kan banyak yang beli, buat menu berbuka puasa jadi cepat habisnya,” kata Maman. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID – Bulan puasa Ramadhan 2018 masih berlangsung.

Hari ini, Selasa, 29 mei 2018 memasuki hari ke 13 bulan puasa Ramadhan 1439 H

Momen buka puasa biasanya yang paling ditunggu.

Sebab di bulan puasa Ramadhan ini yang berpuasa wajib menahan haus dan lapar seharian, jadi ketika waktu berbuka tentu akan menjadi saat yang dinantikan.

Islam menganjurkan kita untuk berbuka dengan yang manis, namun setelahnya untuk menu makan malam kita bebas menyantap makanan apa saja yang tidak manis.

Di antaranya adalah kari daging ala Chef Rudy Choirudin ini.

Chef yang kerap tampil di acara masak di televisi ini membagikan resepnya itu di Instagramnya, @resepku_rudychoirudin.

Ini dia resep dan cara membuatnya:

Bahan 1:
750 g has luar dan 250 g tetelan sapi rebus dg 11/2 adt garam, 1/2 sdt Desaku kunyit bubuk, 1 sdt Desaku ketumbar bubuk dan 1500 ml air, rebushg hg butut empuk tiriskan

Bahan 2:
2 batang daun bawang potong 1 cm
2 sdm bawang goreng

Bahan 3: (haluskan)
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri

Bahan 4:
6 sdm minyak goreng
50 ml air
500 ml santan encer
1 saset Desaku bubuk kari Nusantara
1 sdt garam
1 sdt gula
250 ml santan kental

Cara membuat:

– Tumis bumbu halus bahan 6 dg minyak goreng hg harum dan matang (minyak bening kembali)
– Masukan air masak hg redius dan tanak
– Masukan garam, gula dan has luar dan tetelan yg sudah di rebus, masak hg meresap dg bumbunya
– Masukan santan encer dan Desaku Bubuk Kari Nusantara aduk berlahan hingga larut dan mengembang
– Kecilkan api masukan daun bawang masak hg semua matang
– Masukan santan kental aduk aduk hg mendidih, matikan api
– sajikan panas panas taburi bawang goreng.

Nah, itu dia resep dan cara membuatnya.

Kuliner ini, selain cocok untuk menu makan malam setelah buka puasa, juga bisa dihidangkan di hari spesial lainnya seperti Idul Fitri 1439 H nanti. (***)

sumber: tribunnews.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Ketika berpuasa tubuh lebih gampang haus dibandingkan lapar. Rasa haus bisa timbul dari jenis minuman yang kita minum ketika sahur.

Tubuh manusia terdiri dari 60-70% kandungan air, sehingga ketika berpuasa tubuh akan kekurangan pasokan cairan. Karene itu perlu lebih cermat memilih minuman ketika sahur.

Agar tak gampang haus, sebaiknya hindari minuman-minuman di bawah ini.

1. Kopi

Bagi penggemar kopi, mungkin banyak yang menikmati kopinya ketika sahur. Padahal kopi justru membuat Anda merasa lebih cepat haus. Ini karena kandungan kafein menyebabkan hilangnya cairan air, sehingga meningkatkan rasa haus di tenggorokan. Selain itu kopi juga membuat Anda lebih sering buang air kecil.

2. Teh

Teh manis hangat memang jadi minuman yang selalu ada ketika sahur maupun berbuka puasa. Padahal teh juga mengandung kafein, apalagi ditambah dengan kandungan gula yang turut menyerap pasokan air dalam tubuh dan membuat Anda merasa lebih haus dan lapar ketika berpuasa.

3. Minuman bersoda

Ketika sahur selalu hindari minuman bersoda. Karena mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering dapat menyebabkan masalah pencernaan, serta menimbulkan rasa kenyang yang tidak enak. Tentunya hal ini membuat perut Anda kembung, dan menurunnya kesehatan sistem pencernaan.

4. Jangan terlalu banyak minum

Meski mengonsumsi banyak air putih sangat dianjurkan ketika berpuasa, untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Namun, mengonsumsi terlalu banyak air putih ketika sahur juga tidak baik. Hal ini justru memicu asam lambung, menyebabkan kembung, hingga gangguan pencernaan.

5. Jus buah

Jus buah memang menyehatkan juga menyegarkan. Namun mengonsumsi jus buah ketika sahur, akan memancing rasa haus lebih hebat. Ini karena kebanyakan jus buah dibuat dengan tambahan gula serta susu kental manis. Terutama jus buah kemasan yang memiliki kadar gula tinggi. Lebih baik menyantap buah dalam bentuk utuh, seperti pisang, strawberry, atau kurma yang dapat memberi merasa kenyang lebih lama. (***)

sumber: detik.com

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Hari pertama berpuasa, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kepri kunjungi Bazar Ramadhan kawasan Plaza Botania II, Kamis, 17 Mei 2018 sore.

Kunjungan yang merupakan rutinitas lembaga ini untuk memastikan produk yang diperjualbelikan merupakan produk yang aman untuk dikonsumsi. Mereka memantau dan memastikan semua jenis makanan yang dijual di stand bazar tersebut tidak mengandung bahan berbahaya.

Sebanyak 120 stand yang ada di Bazar Ramadhan Kepri Media Group (mediakepri.co.id, WartaKepri.co.id, BatamClick.com, Lendoot.com, Keprinews.co.id) bersama Fanindo ini disinggahi. Sedikitnya ada 25 jenis makanan yang diambil sebagai sample uji pemeriksaan tim BPOM Kepri.

“Sample yang diambil itu langsung kita cek disini,” ujar Pengawas Farmasi dan Makanan BPOM Kepri, Ahmad Rafqi.

Kata Ahmad, makanan yang diambil untuk diuji tersebut merupakan jenis makanan yang mengandung penyalahgunaan barang-barang berbahaya seperti borak, formalin dan zat pewarna.

“Barang berbahaya itu yang kita cek disini apakah ada atau tidak. Proses pengecekannya kita lakukan kurang lebih selama 30 menit,” ungkapnya.

Dari 25 sample jenis makanan yang diuji itu, sambung Ahmad, semuanya dinyatakan aman. Tidak ada terdeteksi barang-barang berhaya di dalam makanan yang dijual di stand Bazar Ramadhan Botania II.

Ahmad juga mengimbau masyarakat untuk selalu melakukan Ceklik agar terhindar dari produk makanan yang berbahaya. Yakni dengan cek kemasan, label, ijin edarnya dan cek juga kadaluarsanya.

“Pokoknya tetap lakukan Ceklik,” tegas dia. (kmg)